Cara Mengatasi Blue Screen/Tampilan Layar Biru di PC/Laptop Windows

Posted by RflTekno on

Cara Memperbaiki Tampilan Layar yang Berwarna Biru di Laptop - Kadang kala anda pernah menemukan laptop atau komputer anda terjadi hal hal yang tidak di inginkan baik itu dari segi tampilan ataupun segi perangkat lainnya dan membuat anda kerepotan untuk memperbaikinya, bahkan anda bisa membawanya ke service laptopnya untuk menyelesaikan kerusakan yang terjadi pada laptop. tentunya ini sangat merugikan bagi kita apalagi di dalamnya banyaka data data penting.

Salah satu permasalahan yang anda alami saat ini di windows kalian baik itu windows xp, windows 7, 8/8.1, 10 adalah tampilan layar laptop atau komputer kita yang berubah menjadi warna biru atau istilahnya adalah blue screen. blue screen itu bersamaan dengan error dan penyebabnya sudah pasti dari kerusakan yang berada didalamnya. Permasalahan tampilan pc yang berwarna biru ini biasa disebut dengan Blues Screen of Death (BSOD) yang memberitahukan bahwa ada kerusakan di software ataupun hardware sehingga permasalah ini selalu muncul di laptop anda.

Mengapa hal ini dapat terjadi? Karena bisa saja anda menginstall game ps yang didalamnya terjadi kerusakan driver (software) atau yang game berat yang menyebabkan kerusakan juga pada hardware laptop. Dan sebenarnya juga laptop windows anda telah mengantisipasinya dengan merestart secara otomatis laptop yang sementara terjadi error itu. kalian bisa menyebutnya dengan windows crash. Jika terjadi hal demikian, maka apapun hal yang anda lakukan, misalkan mengetik dan belum di save, maka data tersebut akan hilang.

Untuk mengatasi hal demikian, kami menyediakan artikel yang akan mengatasi permasalahan error blue screen pada laptop anda dengan sebaik mungkin. Anda dapat mengikuti trik ini untuk memperbaikinya. Dibawah ini saya menyediakan berbagai jalan untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada laptop anda tersebut. Jika trik satu tidak berhasil, silahkan coba trik selanjutnya, demikian seterusnya.

Trik pertama adalah silahkan anda mematikan laptop anda dengan menekan tombol power selama beberapa detik hingga laptop anda mati mengeluarkan bunyi, minimal dua puluh detik anda menahannya. Jika sudah, silahkan aktifkan kembali laptop anda tersebut Lalu anda akan melihat beberapa pilihan masuk seperti Safe Mode, Safe Mode with Networking, Safe Mode with Command Prompt dan Start Windows Normally. Pilih aja Start Windows Normally dengan memindahkan pilihan bantuan tombol up/down lalu enter.

Biasanya Windows anda akan berjalan dengan normal. Namun jika anda menginginkan windows anda seperti sedia kala, tekan saja Cancel seperti yang tampak pada gambar dibawah ini. Di kotak itu akan ada muncul pemberitahuan Windows has recovered from a unexpected shutdown. klik Cancel Di kotak itu akan diperlihatkan Problem Signature seperti Problem Event Name yaitu Bluescreen, OS Version, Local ID, dan lain lain.



Trik Kedua untuk mengatasi Blue Screen adalah dengan menggunakan Boot ke Safe Mode. Seperti pada cara pertama, namun sekarang kita masuk melalui Safe Mode, bukan Start Windows Normally. pada Safe Mode, windows akan mengambil data driver yang penting saja. Dan jika anda salah dalam menginstall driver sehingga menyebabkan terjadinya BSOD, maka anda bisa meng-uninstallnya melalui safe mode ini.

Trik ketiga adalah dengan mengscan malware. Program yang jahat juga dapat menyebabkan kerusakan yang fatal pada laptop anda. Apalagi virus yang telah tembus ke sistem kernel anda sehingga menjadikan sistem operasi anda menjadi tidak stabil, nah untuk mengatasinya adalah dengan membasmi virus atau malware tersebut dengan mengunakan antivirsu yang powerfull.

Trik keempat ini adalah dengan menggunakan System Restore. System restore ini biasa digunakan untuk mengembalikan keadaan sebuah laptop/pc atau komputer pada keadaan suatu waktu sebelum sebuah program tertentu dijalankan. Jadi misalkan Blue screen ini mulai terjadi pada tanggal 4 oktober, lalu ada system restore yang ada pada tanggal 30 september, maka windows anda akan seperti pada keadaan tanggal 30 september itu. apapun yang kita install dan atur pada tanggal sesudah 30/09 itu akan terhapus dan hilang. jika masih terjadi blue screen berarti kesalahannya terjadi pada hardware.

Trik kelima ini adalah trik yang sangat ampuh. cara ini adalah dengan menginstall ulang windows anda menggunakan driver windows anda sehingga semuanya akan kembali seperti pada semula. Jika anda tahu cara menginstall, silahkan install saja. Namun jika masih ragu ragu atau bahkan tidak tahu sama sekali, silahkan minta tolong sama teman untuk menginstall kembali windows anda. Atau pun pergi sama servicenya.

Jika semua langkah yang anda lakukan diatas sana tidak berfungsi sama sekali, maka hal itu sudah dapat dipastikan bahwasanya yang terjadi kerusakan bukanlah pada driver software anda melainkan pada komponen hardware di laptop atau komputer anda. silahkan anda ganti atau service sama yang ahlinya. Dan sampai disini dulu perjumpaan saya mengenai Tips Memperbaiki blue screen pada laptop. Jika anda bingung, silahkan bertanya atau cari referensi lain. sekian.

Previous
« Prev Post

Related Posts

Saturday, October 07, 2017

0 komentar:

Post a Comment