Cara Mengatasi/Memperbaiki Laptop tidak bisa mendeteksi WiFi Windows 7/8/8.1/10

Posted by Rifal on

Cara mengatasi tidak bisa deteksi wifi pada laptop - Jika anda masih seorang pemula dalam hal wifi, maka hal ini mungkin menjadi salah satu kejadian yang kadang anda alami. Laptop yang tidak dapat mendeteksi wifi tersebut memiliki banyak sekali penyebab sehingga untuk cara mengatasi hal tersebut tidak bisa hanya mengandalkan satu cara juga. Jika artikel yang saya bagikan ini tidak dapat mengatasi hal yang anda alami, maka berarti anda harus mencari artikel yang memberikan tutorial memperbaiki laptop tidak mendeteksi wifi.  Saya disini akan memberikan anda beberapa tips mengatasi hal itu yang disesuaikan dengan penyebab dari masalah ini.

Laptop tidak bisa deteksi jaringan wifi untuk windows 8/8.1 dan windows 10 biasanya anda sementara menggunakan Airplane Mode atau yang biasa anda sebut dengan Mode Penerbangan sehingga segala hal yang berkaitan dengan jaringan baik itu wifi atau pun bluetooth tidak bisa berfungsi. Untuk itu, anda haruslah menonaktifkan mode penerbangan tersebut agar nantinya semua network dapat dideteksi dengan baik. Untuk masuk ke pengaturan Mode penerbangan sangatlah mudah! Cukup klik icon wifi yang berada disudut kanan bawah layar laptop anda sehingga akan muncul bagian Network laptop anda. Nah, silahkan geser slider yang ada disamping kanan tulisan Airplane Mode hingga berketerangan Off dari yang tadinya On. Jika telah selesai, silahkan anda coba deteksi wifi tersebut.

Memperbaiki laptop yang tidak dapat mengakses wifi yang kedua adalah dengan mengupdate, mendownload dan menginstall kembali Driver WiFi terbaru yang compatible dengan laptop sobat. Biasanya anda pun selalu mengotak ngatik komponen yang ada pada laptop sobat dan tidak sengaja menghapus atau melakukan otak atik pada driver bluetooth sehingga tidak sengaja berakibat fatal namun anda belum menyadarinya. Ketika sudah sadar, anda tidak tau mengembalikan pengaturan semula dari otak atik yang anda lakukan. Atau bisa saja versi dari driver yang anda gunakan sudah tidak sesuai lagi dengan jenis wifi saat ini. Saran saya adalah dengan menginstall kembali driver bluetooth terbaru yang compatible.

Nah, cara memperbaiki laptop yang tidak dapat menangkap jaringan wifi yang ketiga ini adalah dengan melakukan Restore melalui System Restore. Kasus ini terjadi misalkan pada tanggal tanggal sebelumnya, wifi laptop anda bisa menangkap signal/sinyal, kemudian setelah anda tidak sengaja mengotak ngatik, maka wifi tersebut sudah tidak berfungsi lagi. Anda ingin kembali pengaturan wifi tersebut ke tanggal dimana wifi laptop masih dapat digunakan. Maka cara yang ampuh adalah dengan melakukan system restore dengan mengembalikan pengaturan system dan komponen laptop pada tanggal tertentu sehingga tanggal tanggal sesudahnya akan hilang.

Jika laptop anda tetap tidak bisa mengakses wifi dan tetap menunjukan tanda silang pada ikon atau simbol dari wifi, maka besar kemungkinan disekitaran anda tidak ada jaringan wifi. Atau bisa saja wifi ada, namun anda harus lebih mendekat terlebih dahulu untuk dapat mendeteksi wifi tersebut. Atau laptop anda hanya bisa menggunakan kabel LAN untuk dapat menikmati layanan wifi yang ada, itu pun jika laptop anda mempunyai port untuk colokkan kabel LAN. Jika tetap tidak bisa juga, maka jalan satu satunya adalah membawanya langsung ke gerai resmi laptop tersebut untuk memperbaikinya.

Ingat! Cara memperbaiki laptop yang tidak dapat deteksi wifi ini dapat anda lakukan di laptop atau komputer yang bersistem operasi windows milik anda. Baik itu windows 7, Windows 8 dan 8.1 serta Windows 10. Seperti yang saya katakan diatas tadi jika cara cara yang saya berikan ini tetap tidak berfungsi, maka silahkan cari cara dan metode lainnya di internet. Banyak sekali kok. Atau biar lebih aman bawa ke service resminya saja. Untuk itu, sampai disini dulu pembahasan saya mengenai tips memperbaiki laptop yang tidak dapat deteksi signal wifi, semoga artikel yang ringkas ini dapat bermanfaat bagi anda. Sekian...
Previous
« Prev Post

Related Posts

Juni 07, 2018

0 komentar:

Posting Komentar