Cara Tethering/Hotspot/sharing atau membagi jaringan Wifi dari Laptop ke Hp

Posted by Rifal on

Cara membagi koneksi wifi dari laptop, pc atau komputer ke Ponsel Android - How to tethering wifi connection from pc to other devices - Adalah hal yang sangat biasa ketika anda membuka tethering di android anda yang ingin disambungkan ke ponsel atau laptop orang lain. Saya telah mempublikasikan artikelnya yang berjudul Cara Tethering dari Ponsel yang dapat anda baca dan pelajari dari artikel tersebut.

Namun untuk kasus kali ini, saya akan membagikan bagaimana cara tetring wifi laptop ke hp. Maksud disini adalah jaringan wifi yang ada di laptop sobat akan dibagikan agar dapat dipakai oleh ponsel atau laptop yang lain. Cara tethering hotspot ini befungsi pada laptop, pc atau komputer windows sobat. baik itu Windows 7, Windows 8/8.1, Windows 10 dan windows 11. Asalkan ada fitur Wifi.

Membagi jaringan wifi laptop ini sangat berguna bagi anda. Misalkan saja ketika anda pergi membeli voucher wifi hanya untuk satu perangkat, Anda ingin memakai voucher tersebut ke perangkat lain namun tidak dapat login karena user voucher tersebut masih terpakai. Contoh kasus seperti ini ada pada WiFi ID.

Nah, untuk mengatasinya adalah anda membuka tethering di dari laptop apabila voucher tersebut sudah login dari laptop. Cara ini sangat praktis dan cukup mudah untuk anda lakukan. Disini akan saya pandu dengan memberikan cara bagaimana membuat hotspot melalui laptop.

Cara tethering jaringan Wifi dari Laptop ke Hp

Hal yang harus anda persiapkan pertama kali adalah pastikan bahwa laptop anda sudah terkoneksi dengan internet yang cukup lancar. Untuk tethering dari laptop ke ponsel, anda juga harus membutuhkan aplikasi atau software pembantu. Aplikasi ini nantinya akan anda pakai buat membagikan jaringan wifi dari laptop tersebut. Adapun salah satu aplikasi yang paling saya rekomendasikan adalah My WIFI Router yang dapat anda download di Internet. Disini telah saya sediakan kepada anda link download untuk mendownload My WIFI Router tersebut. Aplikasi tersebut sangat ringan dengan ukuran hanya 16.5MB. Silahkan Download dan Install seperti biasa aplikasi tersebut dilaptop kalian. ini dia Link downloadnya : https://filehippo.com/download_my_wifi_router/

Oke, disini saya sudah menganggap anda bahwa telah mengistall My WIFI Router tersebut. Silahkan anda buka dan jalankan aplikasinya. Ketika aplikasi tersebut terbuka, lihat dikolom Name yang menandakan bahwa itu adalah Nama dari jaringan wifi anda. Sedangkan kolom Password adalah kata sandi yang nantinya akan anda pakai buat login ke jaringan wifi sobat. Silahkan lihat kotak dibawahnya yang bertuliskan "Activate Free WiFi", klik kotak biru tersebut hingga berganti dengan kotak berwarna hijau dengan keterangan Deactivate Free WiFi dan tulisan dibawahnya Free WiFi Hotspot is activated successfully. Tandanya bahwa anda telah berhasil membuka tethering di laptop tersebut.

Untuk dapat membuktikannya, silahkan buka ponsel anda dan lihat jaringan wifi hotspot atas nama yang anda buat tadi. Pada kasus saya adalah bernama Mrdunggio dan password adalah 1234567890. Silahkan login, maka anda akan berhasil masuk ke hotspot tersebut. Untuk dapat berinternet, buka browser internet sobat lalu berinternet ria saja. Kecepatan jaringan hotspot tersebut tergantung kecepatan wifi yang terkoneksi di laptop anda. Untuk mematikan tethering tersebut, cukup kembali klik tulisan Deactivate Free WiFi hingga menjadi keterangan Activated Free Wifi, seperti keterangan sebelumnya.

Nah, saya rasa sampai disini pembahasan saya mengenai cara membagi jaringan wifi dari laptop disambungkan ke hp atau laptop lain, semoga dapat bermanfaat bagi anda. Jika anda mengalami masalah dalam mendownload aplikasi atau problem yang membingungkan mengenai cara tethering laptop ke hp, silahkan bertanya langsung melalui kolom komentar pada blog ini. Sekian...

Newest
You are reading the newest post

Related Posts

Juli 16, 2023

0 komentar:

Posting Komentar