Cara mengatur lebar CMD | Menambah Lebar Command Prompt

Posted by Rifal on

Cara mengatur lebar CMD | Menambah Lebar Command Prompt - Pada artikel sebelum sebelumnya, saya telah membahas mengenai apa itu cmd atau pengertian dari cmd serta bagaimana cara kita membuka aplikasi cmd tersebut. Jika belum paham, anda dapat membaca artikelnya pada Cara membuka CMD. Setelah itu, saya pun telah mempublikasikan mengenai cara merubah warna dari background serta warna teksnya sehingga terkesan tidak menoton dan menarik untuk dipandang. Apalagi jika melihat cmdnya sudah berwarna seperti tampilan hacker hacker sebelumnya. Jika anda penasaran bagaimana cara merubahnya, anda pun dapat membaca di artikel sebelumnya yang telah saya publikasikan. Artikelnya adalah Cara merubah warna CMD.

Secara umum, ketika kita membuka cmd langsung, akan muncul task baru buat cmd dengan ukuran minimize yang standar atau kecil lebarnya pun demikian. Namun ketika anda Maximize, yang berubah adalah panjangnya saja. Maksudnya, panjang dari jendela task cmd tersebut bertambah sedangkan untuk bagian lebarnya tidak. Kemudian jika anda akan menarik atau menambah lebar jendela cmd tersebut tidak bisa. Padahal saat ini anda perlu untuk menampilkan teks yang panjang pada cmd tersebut agar terlihat secara jelas. Jika anda sudah penasaran bagaimana caranya agar ukuran lebar cmd dapat bertambah, silahkan baca dengan seksama artikel yang akan saya tuliskan dibawah ini.

Hal yang pertama kali anda lakukan adalah tentu saja dengan menghidupkan laptop atau komputer sobat. Setelah itu, anda cukup dengan merefresh seadanya laptop anda agar tidak akan terjadi loading proses. Jika sudah, silahkan anda buka cmdnya langsung. Jika sudah terbuka, terserah dalam keadaan minimize ata maximize tidak berpengaruh kemudian anda lakukan langkah yang berikutnya lagi yaitu dengan mengarahkan kursor laptop sobat ke tulisan Command Prompt (judul jendela) dari aplikasi yang terbuka lalu klik kanan dan pilih properties sehingga akan muncul jendela baru yang berjudul "Command Prompt" Properties. Jika belum sampai tahap ini, silahkan lakukan kembali dari langkah pertama.

Pada jendela baru yang muncul tersebut, akan diperlihatkan empat tab yaitu Options, Font, Layout serta Colors. Karena kita akan mengatur lebar dari cmd, maka tab yang kita masuki adalah Layout. Nah, anda akan diperlihatkan Window Preview dari pengaturan layout cmd yang akan anda atur. Terdapat pengaturan pada Screen Buffer Size, Windows Size serta Window Position. Yang anda atur disini adalah Window Sizenya saja. Katrena lebar yang akan kita tambahkan, maka kolom nilai dari Width yang kita tambahkan nilainya. Lihat pada Window Previewnya penyesuaiannya. Secara otomatis Screen Buffer Size juga akan mengikuti aturan yang kita buat tadi. Jika sudah sesuai dengan keinginan anda, maka silahkan klik Button OK. Secara otomatis, pengaturan anda tersebut akan terlihat. Jika belum, silahkan anda minimize kembali CMDnya lalu maximize balik. Jadi bukan?
Trik atau tips untuk menambah ukuran lebar dari CMD ini dapat berlaku disemua jenis sistem operasi Windows sepert windows XP, Windows 7, 8/8.1 serta Windows 10 dan pada semua merek laptop baik itu ASUS, Dell, Acer, Lenovo dan sebagainya serta semua type dari laptop tersebut. Untuk itu, sampai disini dulu pembahasan saya mengenai trik agar lebar dari cmd dapat bertambah, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. Jika masih belum berhasil, silahkan berkomentar. Sekian...
Previous
« Prev Post

Related Posts

Mei 08, 2018

0 komentar:

Posting Komentar