Cara Memasang, Menambahkan dan Menginstall Bluetooth di Laptop yang tidak ada Bluetooth

Posted by Mr Dunggio on

Cara Memasang, Menambahkan dan Menginstall Bluetooth di Laptop yang tidak ada Bluetooth - Bluetooth (Gigi Biru) adalah salah satu fitur yang paling penting bagi suatu perangkat. Bluetooth ini merupakan koneksi nirkabel atau wireless yaitu dalam pengkoneksian atau penghubung suatu perangkat dengan perangkat lainnya tanpa sambungan kabel. Bluetooth biasa digunakan untuk dapat saling bertukar data yaitu mengirim dan menerima data. Bluetooth tersebut memiliki cara penggunaan yang sangat mudah dan bahkan bisa dilakukan oleh semua orang walaupun penggunanya adalah pemula. Semua jenis perangkat yang keluaran terbaru untuk smartphone dan handphone memiliki fitur bluetooth ini.

Pada perangkat laptop, tidak semua memiliki fitur bluetooth. Hal ini dikarenakan dari pabriknya tidak menginstall driver bluetooth ke merek laptopnya. Berarti, untuk menambahkan komponen bluetooth, anda harus menginstall terlebih dahulu driver bluetooth yang didapatkan dengan mendownloadnya. Cara menginstall bluetooth di pc ini sangat mudah dan berlaku untuk semua jenis laptop yang memiliki sistem operasi windows seperti windows XP, Windows 7, Windows 8/8.1 dan Windows 10. Untuk itu, silahkan pelajari cara menambahkan bluetooth pada laptop yang tidak memiliki bluetooth.

1. Hal yang pertama anda lakukan adalah denga mengetahui spesifikasi dari laptop milik anda tersebut. Spesifikasi yang penting disini adalah sistem operasinya apa dan berapa arsitekturnya (berapa bit). Untuk sekarang ini, sudah banya laptop yang menggunakan 32-bit, juga terdapat laptop yang memiliki 64-bit. Perbedaan bit ini sangat berpengaruh dalam mengistall bluetooth, karena jika salah memilih, maka bluetooth yang akan anda install tidak akan berfungsi.

2. Setelah mengetahui sistem operasi windows dan berapa bit laptop anda, maka sekarang kita mencari bluetooh yang akan kita pakai pada laptopmu. Namun sebelumnya silahkan masuk ke bagian device manager laptop dengan mengetikan "device manager" dipencarian. Masuk disana lalu cari jika ada Bluetooth, biasanya akan ada tulisan Qualcomm Atheros Bluetooth 4.0, maka tipe bluetooth itu yang akan kita install. Jika tidak ada, maka hiraukan saja. Silahkan download jenis bluetooth atheros tadi. Silahkan masuk saja ke url : https://www.ath-drivers.eu/atheros-bluetooth-drivers.html

3. Jika sudah ada pada website resminya, anda pilih jenis bluetooth driver yang sesuai dengan spesifikasi laptop anda. Coba untuk tipe ARxxx dan pilih jenis sistem operasi serta arsitekturnya, misalkan Win7 32 bit hingga Win10 64 bit. Untuk mendownloadnya, silahkan klik icon (simbol) download yang ada di dalam tabel tersebut.

4. Jika berhasil di download, kini anda akan menginstall driver tersebut. Cara installnya sama saja dengan menginstall software lainnya yaitu dengan cara mengklik driver yang di download tersebut serta mengikuti alur install tersebut. Jika sudah berhasil di install, silahkan restart laptop anda lalu cari di pencarian "Bluetooth", klik icon yang ada. Jika sudah ada bluetooth, maka sekarang anda sudah berhasil menambahkan bluetooth ke laptopmu.

Saya rasa sampai disini dulu pembahasan saya mengenai cara menginstall bluetooth di laptop, cara memasang bluetooth dilaptop yang tidak punya bluetooth dan cara menambahkan fitur bluetooth di laptop. semoga artikel ringkas ini dapat bermanfaat bagi anda. Jika masih bingung, anda dapat bertanya melalui kolom komentar. Sekian....

Previous
« Prev Post

Related Posts

Saturday, April 14, 2018

3 komentar:

  1. Kalau Untuk Laptop yang Memang tidak mempunyai fitur Bluetooth apakah cara ini dapat membuat laptop tersebut memiliki Bluetooth??

    ditunggu balasannya min..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa. ini sama saja dengan menambahkan fitur shareit di laptop.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete