Mengetahui Pengertian dan Fungsi Processor Pada Komputer

Apa pengertian dan fungsi prosesor? Kami yakin kamu tidak asing dengan yang namanya prosesor, khususnya kamu yang setiap hari memang berkecimpung di dunia IT. Prosesor merupakan salah satu bagian terpenting yang ada pada komputer. Jika komputer masih bisa berjalan tanpa adanya hardisk, namun komputer sudah pasti tidak bisa berjalan tanpa adanya prosesor.
A.      Pengertian Prosesor
Seperti namanya, prosesor merupakan bagian atau komponen komputer yang digunakan untuk memproses berbagai macam informasi atau perintah dari user.  Prosesor adalah sebuah IC yang memiliki peran penting dalam mengendalikan semua jalannya komputer.
Di bawah ini akan kami berikan informasi mengenai pengeritan prosesor yang dikemukakan oleh para ahli.
1.       Juharis and Abdul Hamid
Mereka berpendapat bahwa prosesor merupakan sebuah pusat komputer yang digunakan untuk mengeksekusi berbagai perintah. Perintah tersebut bisa berupa instruksi atau berbagai data yang ada di dalam komputer.
2.       Lia Kuswayatno
Beliau menerangkan bahwa prosesor merupakan sebuah chip yang digunakan sebagai pusat atau pengolah yang paling utama untuk semua komponen yang ada di dalam komputer.
3.       Rahmat Putra
Prosesor merupakan bagian penting yang terdapat di dalam komputer yang memiliki fungsi sebagai pengendali dari seluruh komponen yang terdapat dalam komputer. Prosesor juga dimanfaatkan untuk mengolah data dan juga mengeksekusinya sesuai dengan apa yang pengguna inginkan.
Lalu apakah kamu tahu dimana letak prosesor? Komponen yang satu ini berada di motherboard yang amna ia posisinya menancap pada soket yang biasanya dinamakan sebagai socket prosesor. Prosesor juga dinamakan sebagai mikroprosesor karena ukurannya yang semakin lama semakin kecil. Di dalam prosesor terdapat ribuan IC yang merupakan sebuah transistor seperti halnya saraf yang ada pada otak.
B.      Fungsi Prosesor
Lalu apa saja fungsi prosesor itu? Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa secara umum prosesor merupakan komponen komputer yang digunakan sebagai pemroses dan pengendali terhadap semua instruksi dan informasi yang diperoleh. Prosesor kemudian memprosesnya dan lalu akan menampilkannya sebagai data output sehingga bisa dimunculkan oleh perangkat komputer yang memang berperan sebagai komponen output.
Dalam menjalankan tugasnya, prosesor tentu harus meminta bantuan RAM. Kedua perangkat ini akan saling berhubungan antara yang satu dengan yang lainnya ketika hendak memproses atau mengendalikan sistem komputer. Kemudian akan ditampilkan sebagai data output yang bisa disimpan pada hardisk atau HDD.
Dalam memproses suatu perintah atau data prosesor memiliki kinerja yang tidak sama antara yang satu dengan yang lainnya. Hal ini karena kecepatan yang dimiliki oleh prosesor cenderung tidak sama. Adapun untuk satuan yang digunakan mengukur kecepatan prosesor adalah Mhz atau Mega Heartz dan Ghz atau Giga Hertz. Semakin besar kecepatan yang dimiliki prosesor, maka semakin cepat pula ia dalam menyelesaikan tugasnya.
C.      Bagian-bagian Prosesor
Di bawah ini akan kami jelaskan perihal apa saja bagian yang ada di dalam prosesor yang juga tidak kalah penting untuk kamu ketahui.
1.       ALU
ALU atau Aritcmatics Logial Unit merupakan bagian yang bertugas melakukan penghitungan matematika atau aritmatika dengan berdasarkan instruksi yang diberikan. Jadi, jika perintah tersebut berkaitan dengan logika maupun perhitungan, maka ALU memiliki peran penting dalam menjalankan perintah tersebut.
2.       CU
CU atau Control Unit merupakan bagian yang bertugas untuk mengatur seperti apa jalannya input maupun juga output. Semua perangkat yang ada di komputer diatur dan dikendalikan oleh CU.
3.       MU
MU atau Memory Unit merupakan salah satu komponen yang menjalankan fungsi prosesor sebagai media penyimpanan. Namun media penyimpanan tersebut berukuran kecil. Meskipun begitu, ia memiliki akses yang tinggi.
Tag : Komputer
0 Komentar untuk "Mengetahui Pengertian dan Fungsi Processor Pada Komputer"

Back To Top