Mengenal Komputer Generasi Pertama

Komputer Generasi Pertama
Berkaitan dengan sejarah komputer generasi pertama, sebenarnya nama komputer itu sendiri berasal dari kata ‘to compute’ yang memiliki arti berhitung. Secara teori memang komputer dapat didefinisikan sebagai mesin hitung. Namun lebih jauh lagi komputer bisa didefinisikan sebagai sebuah alat hitung yang di dalamnya terdiri dari berbagai konstruksi elektronika yang sudah dilengkapi dengan penyimpanan internal.
Komputer bekerja dengan cara memanfaatkan sistem operasi dengan berbagai program yang ada di dalamnya. Ketika seseorang membahas hal-hal yang berkaitan dengan sejarah komputer, maka ia tidak bisa lepas dari pembahasan terkait perkembangan alat atau mesin hitung karena dua hal ini memiliki prinsip yang sama.
Adapun seseorang yang berjasa menemukan komputer generasi pertama adalah Charles Babbage. Berkat kecerdasan di bidang logika matematikanya membuatnya berhasil membuat sebuah mahakarya yakni mesin hitung yang ia sebut sebagai Analytical Engine dan diperkenalkan pada sekitar tahun 1882. Mesin tersebut digunakan untuk kebutuhan perhitungan secara umum.
Beberapa tahun setelah itu muncul seseorang yang juga tidak kalah jenius yang bernama John V. Atanasoff yang membuat sebuah komputer dengan nama ABC atau Atanasoff-Berry Computer yang diperkenalkan pada sekitar 1937. Maha karya yang dihasilkan tersebut kemudian dikenal sebagai komputer elektronik yang pertama. Kemudian beberapa tahun selanjutnya muncul lagi sebuah komputer yang diberi nama ENIAC atau Electronic Numerical Integrator and Computer. Seseorang yang telah berhasil memperkenalkan ENIAC bernama John Mauchly dan juga J. Presper Eckert.
Namun komputer-komputer yang digunakan zaman dahulu tersebut jauh berbeda dengan komputer yang kita gunakan sekarang. Semakin lama manusia akan selalu berhasil menemukan hal-hal baru yang berkaitan dunia komputer maupun hal lainnya.
Mengenal Komputer Generasi Pertama
Komputer generasi pertama mulanya diperkenalkan ketika terjadi Perang Dunia II. Negara yang terlibat dalam peperangan tersebut berlomba-lomba untuk menemukan sebuah alat yang nantinya akan digunakan untuk mengukur kemampuan secara strategis. Di tahun 1941, Konrad Zuse yang merupakan seorang insinyur yang berasal dari Jerman telah berhasil membangun sebuah komputer yang diberi nama Z3. Tujuannya adalah untuk desain dari pesawat terbang yang bisa dikendalikan jarak jauh maupun juga untuk peluru kendali. Kemudian di tahun 1943, Inggris berhasil membuat komputer yang digunakan sebagai pemecah kode rahasia. Komputer tersebut bernama Colossus yang digunakan untuk memecahkan berbagai kode rahasia yang berasal dari Jerman.
Amerika juga bertekad untuk menciptakan sebuah komputer yang melebihi negara sekutu. Seseorang yang bernama Howard H. Aiken yang merupakan insinyur dari Harvard bersama dengan IBM telah berhasil menciptakan sebuah kalkulator elektronik yang digunakan untuk US Navy. Kalkulator tersebut memiliki ukuran yang sangat besar, bahkan sampai separuh lapangan sepakbola. Belum lagi dengan kabel yang memiliki panjang kurang lebih 500 mil.
Mereka kemudian memberi nama Mark I. Setelah itu, John W. Mauchly yang bekerjasama dengan pemerintah Amerika Serikat telah berhasil menciptakan ENIAC. setelah itu, John von Neumann yang bekerjasama dengan tim dari University of Pennsylvania telah berhasil menciptakan sebuah teknik komputer yang bisa digunakan untuk jangka waktu lama bahkan mencapai 40 tahun.
Dia memberi nama maha karyanya tersebut sebagai EDVAC atau Electronic Discrete Variable Automatic Computer yang juga sudah dilengkapi dengan memori untuk digunakan sebagai penyimpanan data. Dengan begitu, maka komputer bisa berhenti kapan pun dan kemudian bisa langsung melanjutkan pekerjaannya kembali tanpa harus kembali ke awal.
Komputer generasi pertama terus berkembang hingga pada tahun 1951 UNIVAC I telah berhasil membuat komputer komersial yang memanfaatkan model dari Van Neumann. Orang yang berjasa dalam membuat komputer komersial tersebut adalah Remington Rand.
Tag : Komputer
0 Komentar untuk "Mengenal Komputer Generasi Pertama"

Back To Top