Mengenal Beberapa Komponen Dari CPU Komputer

Setiap komputer sudah dilengkapi dengan komponen yang bernama CPU atau Central Processing Unit. Dikarenakan namanya saja merupakan ‘unit pusat’, maka komputer yang tidak memiliki CPU tidak akan pernah bisa berjalan. Ada beberapa komponen dari CPU Komputer yang terhubung antara yang satu dengan yang lainnya.
Komponen CPU Komputer Beserta Fungsinya
Di bawah ini akan kami berikan informasi seputar apa saja komponen yang termasuk ke dalam CPU pada komputer:
1.       Casing CPU
Casing CPU merupakan komponen pertama dari CPU yang akan kami bahas untuk kamu semua. Bahan pembuatan casing biasanya dari plastik namun juga ada yang terbuat dari stainless atau bahkan besi. Lalu apa fungsi casing? Sama halnya dengan casing pada smartphone, casing CPU digunakan untuk melindungi seluruh perangkat yang ada di dalam casing tersebut.
Casing akan melindungi dari panas, debu, kotoran, air, dan lain sebagainya. Bukan hanya sampai tisu, fungsi lain dari casing adalah sebagai tempat untuk kita meletakkan perangkat komputer lainnya seperti motherboard, optical disc, hardisk, power supply, dan lain sebagainya.
2.       Motherboard
Motherboard atau yang juga disebut papan ibu merupakan salah satu komponen CPU Komputer yang merupakan tempat seluruh perangkat komputer terpasang atau tertancap. Dengan memasang di motherboard, maka semua komponen tersebut bisa saling terhubung dan saling menjalankan tugasnya. Beberapa komponen komputer yang terpasang pada motherboard seperti prosesor, ethernet card, VGA card, sound card, RAM, hardisk, dan lain sebagainya.
Setiap motherboard yang dijual hadir dengan spesifikasinya masing-masing. Misalnya seperti apa spesifikasi yang dicari yang sekiranya support dengan berbagai komponen pada komputer. Selain itu, kita bisa tahu kira-kira batas maksimal RAM yang bisa terkoneksi pada motherboard berjumlah berapa.
3.       Prosesor
Seperti namanya fungsi yang dimiliki oleh prosesor adalah untuk memproses input yang diterima untuk kemudian dialihkan ke komponen komputer lainnya. Komputer yang tidak memiliki prosesor dipastikan komputer tersebut tidak akan bisa digunakan karena komponen yang satu ini merupakan komponen inti.
Seluruh proses yang berasal dari pengguna akan masuk ke prosesor untuk kemudian diproses sebagaimana mestinya. Tentunya ia tidak bisa bekerja sendirian sehingga harus membutuhkan bantuan perangkat lain. Semakin cepat kecepatan yang ada di prosesor maka semakin cepat pula data tersebut diproses sehingga kemudian ditampilkan di layar monitor sesuai dengan apa yang kamu butuhkan.
4.       Kipas Prosesor
Kipas prosesor atau yang lebih dikenal dengan sebutan heatsink merupakan salah satu komponen CPU komputer yang juga tidak kalah penting. Kipas pada prosesor inilah yang akan terus menjaga agar prosesor selalu dalam kondisi yang dingin. Heatsink dan prosesor dilengkapi dengan gel yang posisinya ada di tengah-tengah kedua komponen ini.
Gel tersebut akan terus membantu prosesor agar terus dingin meskipun digunakan dalam waktu yang lama. Namun yang perlu diperhatikan adalah gel tersebut harus diganti secara rutin karena jika dibiarkan akan membuat prosesor cepat panas. Akibatnya, komputer atau laptop akan mudah restart.
5.       RAM
Sesuai namanya, RAM digunakan sebagai media penyimpanan sementara sebelum diteruskan ke komponen yang lainnya. RAM memiliki satuan tersendiri berupa byte yang mana masing-masing RAM tersebut hadir dengan kapasitas yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Selain itu, RAM juga memiliki beberapa jenis, diantaranya: DDR-1, DDR-2, dan DDR-3 bahkan sekarang ada yang sampai DDR-5.
6.       Hardisk
Hardisk atau HDD juga termasuk ke dalam komponen CPU komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan data permanen. Kamu bisa menyimpan berbagai file di sini. Sama halnya dengan RAM, HDD juga hadir dengan berbagai ukuran atau kapasistas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
Tag : Komputer
0 Komentar untuk "Mengenal Beberapa Komponen Dari CPU Komputer"

Back To Top