Bagaimana Sejarah Komputer Terbentuk?

Kemajuan teknologi sudah berkembang pesat dan memberikan banyak manfaat untuk manusia. Salah satunya adalah komputer yang sekarang telah memberikan kemudahan untuk manusia dalam segala kegiatannya. Meskipun begitu, tidak sedikit dari mereka yang masih awam tentang sejarah komputer dan karena itulah kami akan menjelaskan sejarah komputer tersebut.
A.    Pengertian Komputer
Komputer merupakan sebuah perangkat elektronik yang digunakan mengolah data dengan berdasarkan rumus atau aturan baku yang telah ditentukan. Dengan begitu, komputer bisa menjalankan program-programnya seperti sekarang ini.
Adapun menurut ahli, komputer merupakan perangkat elektronik yang digunakan untuk memasukkan, menerima, memproses, maupun juga menyajikan input tersebut ke dalam sebuah output yang sesuai dengan keinginan pengguna atau user.
B.     Fungsi Komputer
Jika kamu mendapatkan pertanyaan tentang fungsi komputer, mungkin kebanyakan akan menjawab bahwa fungsi komputer adalah bermain game, kebutuhan internet, mengetik, dan lain sebagainya. Namun, secara teori komputer mempunyai 4 fungsi dasar diantaranya: menerima, memproses, menyimpan, maupun juga menyajikan file.
Input adalah adalah fungsi komputer yang berfungsi menerima data atau juga informasi yang berasal dari luar. Proses adalah fungsi yang digunakan untuk memproses input tersebut dan kemudian akan menyimpannya ke dalam memori internal. Sementara output adalah bagian yang berfungsi menyajikan atau menghasilkan data yang diproses dan kemudian ditampilkan ke layar komputer.
C.     Penemu Komputer
Apakah kamu tahu siapa yang menemukan komputer? Sejarah komputer tentunya tidak akan lepas dari siapa orang yang berjasa menemukan perangkat ini sampai berkembang hingga sekarang. Untuk orang yang berhasil menciptakan komputer adalah Charles Babbage. Hal ini membuatnya mendapat gelar sebagai Bapak Komputer.
D.    Perkembangan Komputer
 1.      Komputer Generasi Pertama
Komputer pertama kali adalah digital elektronik atau yang juga dinamakan sebagai ENIAC atau  Electronic Numerical Integrator and Calculator. Program ini telah dirancang sejak tahun 1942 dan mulai dikerjakan satu tahun kemudian yakni 1943 yang dipelopori oleh John Presper Eckert dan juga Dr. John W. Mauchly. Pekerjaan mereka kemudian berhasil diselesaikan pada tahun 1946.
Bentuknya sangat besar yang bahkan membutuhkan ruang 500 m2 . ENIAC juga memanfaatkan tabung sebanyak 18.000 tabung hampa udara dan setidaknya terdapat 75.000 relay saklar. Ditambah lagi daya yang dibutuhkan sebesar 140 kilowatt dan berat yang mencapai 30 ton.
2.      Komputer Generasi Kedua
Sejarah komputer generasi kedua mulai berkembang di tahun 1959 sampai dengan 1960an. Komputer ini telah dinikmati oleh instansi, universitas, perusahaan, dan juga pemerintah. Adapun ciri-ciri komputer generasi kedua adalah seperti di bawah ini:
·         Telah memanfaatkan bahasa pemograman yakni FORTRAN dan COBOl yang merupakan bahasa pemograman tingkat tinggi.
·         Memiliki kemampuan di dalam memproses secara real time dan juga real sharing.
·         Membutuhkan daya listrik yang lebih kecil
 3.      Komputer Generasi Ketiga
Komputer generasi ketiga mulai dikerjakan pada kurun waktu 1964 sampai dengan 1970. Adapun ciri-ciri yang dimilikinya sebagai berikut:
·         Lebih hemat listrik
·         Dijual dengan harga yang lebih murah
·         Mengalami peningkatan dari sektor software
·         Memiliki kecepatan hingga 10.000 dibandingkan generasi pertama
·         Multiprosesing dan multitasking
4.      Komputer Generasi Keempat
Komputer generasi keempat diketahui lebih kompleks dan telah menggunakan chip IC. Komputer ini mulai dikerjakan di tahun 1970 dan sudah jauh mengalami kemajuan dengan ciri-ciri sebagai berikut:
·         Telah menggunakan Large Scale Information atau LSI
·         Beberapa komputer yang masuk generasi keempat seperti IBM PS/2, IBM PC/XT, IBM Pentium II, IBM PC/386, Apple II, dan lain sebagainya.
5.      Komputer Generasi Kelima
Untuk komputer yang masuk generasi kelima adalah seperti yang kita gunakan sekarang ini. Namun hal ini juga seiring dengan perkembangan di dunia software dan juga hardware. Terbukti dengan adanya tablet, smartphone, netbook, ultrabook, dan lain sebagainya.
Beberapa ciri komputer generasi kelima yaitu:
·         Memiliki fitur yang banyak dan menarik
·         Hardware yang semakin canggih
·         Informasi yang diproses jauh lebih cepat
Itulah penjelasan tentang pengertian dan sejarah komputer. Semoga bermanfaat.
Tag : Komputer
0 Komentar untuk "Bagaimana Sejarah Komputer Terbentuk?"

Back To Top