Bagaimana Interaksi Manusia dan Komputer Pada Praktiknya?

A.    Pengertian Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi manusia dan komputer merupakan salah satu disiplin ilmu yang didalamnya mempelejari mengenai interaksi antara manusia dengan komputer. Interaksi tersebut berupa perencanaan, implementasi, dan juga evaluasi yang berkaitan dengan interface agar supaya komputer tersebut bisa dioperasikan dengan mudah oleh manusia. Ilmu ini bertujuan untuk menemukan cara terbaik dan palin efisien dalam merancang sebuah pesan elektronik.


Artinya, interaksi yang dilakukan antara manusia dan komputer merupakan sekumpulan proses, dialog, maupun juga aktivitas yang dilakukan manusia agar dapat berkomunikasi dan berinteraksi serta keduanya dapat saling memberikan timbal balik maupun masukan sehingga dapat memberikan hasil sesuai dengan apa yang diharapkan.

Salah satu interaksi yang terjadi tersebut bisa berupa ergonomic dan juga faktor manusia. Ergonomic lebih berfokus pada seperti apa karakter fisik mesin maupun juga sistem serta melibatkan performa yang berasal dari pengguna atau user. User di ini adalah seseorang yang berperan dalam menyelesaikan sebuah tugas. Dengan kata lain, ergonomic ini terjadi pada saat interaksi yang dilakukan antara manusia dan juga komputer berhubungan dengan  bentuk fisik yang berasal dari mesin.

Sementara itu faktor manusia merupakan sebuah bidang studi yang di dalamnya mempelajari antara manusia beserta tingkah lakunya. Di bawah ini merupakan beberapa bidang yang berkaitan dengan interaksi antara manusia dan juga komputer.
1.      Psikologis, meliputi kemampuan di dalam memecahkan masalah dan juga pandangan user.
2.      Ergonomic, meliputi kemampuan fisik pengguna.
3.      Sosiologi, kemampuan di dalam memahami konsep pada interaksi yang terjadi.
4.      Ilmu komptuer dan teknik, berkaitan dengan membuat teknologi.
5.      Bisnis, berkaitan dengan pemasaran.
6.      Desain grafis, berkaitan dengan presentasi grafis.

B.     Tujuan Interaksi Manusia dan Komputer
Lalu apa sebenarnya tujuan dari interaksi manusia dan komputer? Salah satu tujuannya adalah untuk memudahkan manusia ketika hendak mengoperasikan komputer serta agar bisa memperoleh timbal balik atau feedback yang sesuai dengan apa yang diinginkan selama bekerja di dalam sistem komputer.
Salah satu contohnya adalah komputer yang diletakkan pada tempat yang membuat user tidak nyaman mengoperasikannya. Atau bisa juga keyboard yang digunakan sudah rusak atau tombolnya keras ketika digunakan untuk mengetik sesuatu.

C.     Media Interface Antara Manusia dan Komputer
1.      Media Tekstual
Bentuk sederhana yang didalamnya merupakan dialog maupun komunikasi yang berkaitan dengan manusia dan komputer. Interaksi yang terjadi hanya berupa teks dan tentunya kurang begitu menarik. Salah satu contoh dari interkasi media tekstual ini adalah bahasa pemgoraman PASCAL yang berupa writeln dan readln.
2.      Media GUI
GUI atau Graphic User Interface merupakan dialog yang terjadi antara manusia dengan komputer dalam bentuk grafis yang menarik. Salah satu contoh bahasa pemograman yang sudah menggunakan media GUI adalah Visual Basic, Delphi, Visual Foxpro, dan lain sebagainya.

D.    Atribut Daya Guna
Beberapa yang termasuk ke dalam atribut daya guna antara lain:
1.      Efisien
2.      Efektif
3.      Learnabilitas atau mudah dipelajari
4.      Tingkat eror yang kecil
5.      Memorabilitas atau mudah diingat
6.      Kepuasaan

E.     Prinsip Pendayagunaan
Interaksi manusia dan komputer memiliki beberapa prinsip paradigma, diantaranya:
1.      Learnability, kemudahan yang dapat membantu user dalam melakukan interaksi dengan efektif dan efisien sehingga menghasilkan performa secara maksimal.
2.      Flexibility, kemudahan di dalam menyediakan berbagai cara yang bisa digunakan oleh user maupun sistem untuk bisa saling bertukar informasi.
3.      Robustness, tingkatan dukungan yang diberikan kepada user agar supaya ia bisa mencapai keberhasilan atau goal sesuai dengan yang diinginkan.
Tag : Komputer
0 Komentar untuk "Bagaimana Interaksi Manusia dan Komputer Pada Praktiknya?"

Back To Top