Bagaimana Cara Screenshoot di Komputer?

Bagaimana cara screenshoot di komputer? Screenshoot juga dinamakan screen capture adalah kegiatan untuk mengambil gambar dari sebuah perangkat, seperti PC, laptop, maupun smartphone. Tujuannya adalah untuk mendapatkan gambar tersebut yang mungkin merupakan informasi yang memang sangat diperlukan. Bagaimana cara melakukan screenshoot di komputer?


Berikut ini jawabannya:

1.      Gunakan ‘Prnt Scrn’
Cara pertama yang bisa kamu lakukan yaitu menggunakan tombol ‘prnt scrn’ yang merupakan kepanjangan dari print screen. Cara ini termasuk cara yang paling umum digunakan untuk mendapatkan gambar yang diinginkan tanpa harus mendownload gambar tersebut. Untuk bisa melakukannya, kamu tinggal menekan tombol ini di keyboardmu yang sudah disediakan di pojok kanan atas.
Selanjutnya, kamu harus mengeditnya di Paint yang mana nanti kamu paste hasil screenshoot kamu di sana. Tapi kamu juga bisa langsung mempastenya di Ms. Word untuk kemudian bisa kamu lakukan pengeditan sedikit sesuai dengan keinginanmu.

2.      Memanfaatkan Snipping Tool
Apakah kamu tahu bahwa PC maupun laptop yang menggunakan sistem operasi Windows sudah dilengkapi dengan snipping tool? Aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan yang juga bisa kamu manfaatkan untuk melakukan screen capture terhadap gambar mana pun yang kamu ingin dapatkan. Bahkan dengan alat ini kamu bisa dengan mudah memilih bagian mana yang gambarnya hendak kamu ambil.

Berbeda dengan print screen yang mana kamu tidak bisa dengan leluasa menentukan gambarnya. Tapi dengan snipping itu kamu bahkan bisa memilih satu bagian dari gambar tersebut untuk kemudian kamu simpan. Kamu tidak harus membuka Paint atau Ms. Word untuk menyimpan gambar tersebut karena nanti snipping tool akan secara otomatis memintamu menyimpan gambarnya.

Langkah-langkah menggunakan snipping tool adalah sebagai berikut:
·         Buka snipping tool. Bisa dengan langsung mengetikkan di pencarian pada menu Windows.
·         Setelah membuka dan masuk ke dalam tampilan snipping tool, kamu bisa langsung klik New’ maka otomatis kamu akan diminta menentukan bagian mana saja yang hendak kamu simpan gambar atau capturenya. Jangan lupa untuk menyimpan gambar tersebut. Simpanlah di lokasi yang sekiranya kamu sudah tahu dant idak perlu bingung mencarinya kembali.

3.      Menggunakan kombinasi Alt + PrintSc
Sebenarnya cara screenshoot komputer yang ketiga ini tidak jauh berbeda dengan cara pertama yang telah kami jelaskan. Hanya saja, cara ketiga ini menggunakan tombol kombinasi Alt + PrintSc. Namun cara ini hanya dapat digunakan untuk mengambil gambar dari program atau aplikasi yang masih aktif. Maksudnya, cara ini tidak bisa digunakan untuk mengambil gambar secara penuh.
Berikut ini akan kami jelaskan cara-cara yang bisa kamu lakukan:
·Pertama, kamu harus memilih program mana yang ingin kamu capture dan pastikan kamu menentukan posisi layarnya. Jika sudah, tinggal kamu tekan tombol kombinasi tersebut.
Kedua, kamu harus membuka Paint yang caranya sama halnya ketika kamu mencari snipping tool.
Jika sudah, kamu paste hasil gambar tersebut di sana dan tinggal kamu simpan.

4.      Memanfaatkan Lightshot
Lightshot adalah sebuah aplikasi yang juga memiliki fungsi yang sama untuk mendapatkan gambar yang kita inginkan, tanpa harus mendownload gambar tersebut. Berikut ini akan kami jelaskan langkah-langkah untuk menggunakan lightshot.
Pertama, kamu harus menentukan gambar mana yang ingin kamu ambil lalu kamu bisa langsung menekan tombol Print Screen.
Kedua, jangan lupa untuk menentukan editing ketika kamu sudah mendapatkan gambar yang kamu inginkan, misalnya ingin menambahkan warna, tulisan, petunjuk, dan lain-lain.
Ketiga, jangan lupa untuk menyimpan gambar tersebut.
Demikian informasi mengenai bagaimana cara screenshoot di komputer. Semoga bermanfaat.
Tag : Komputer
0 Komentar untuk "Bagaimana Cara Screenshoot di Komputer?"

Back To Top