Bagaimana Cara Merawat Komputer Agar Awet?

Bagaimana cara merawat komputer agar awet? Memiliki komputer dengan segala kegunaannya harus diimbangi juga dengan perawatan yang baik. Merawat komputer bertujuan untuk membuat komputer tersebut awet dan tidak sampai mengalami masalah yang hanya akan merugikan pengguna. Di bawah ini langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk merawat komputer agar awet.


1.      Menggunakan tegangan listrik stabil
Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan tegangan listrik yang stabil. Kita tahu bahwa komputer merupakan barang elektronik yang penggunaannya tidak akan bisa lepas dari listrik. Di dalam komputer terdapat berbagai macam data digital yang kinreja atau performanya bergantung terhadap kestabilan tegangan listrik.
Maka dari itu, sebagai pengguna Anda harus memastikan bahwa koneksi lisrik yang mengalir ke komputer selalu dalam kondisi stabil. Salah satu cara yang dilakukan adalah menggunakan UPS atau yang juga dikenal dengan stabilizer. Tujuan penggunaan alat ini yaitu pada saat tegangan tiba-tiba turun, perangkat komputer tidak sampai mengalami masalah.

2.      Matikan komputer dengan benar
Mematikan komputer dengan benar merupakan cara yang sangat sederhana dan bermanfaat besar bagi keberlangsungan komputer yang Anda miliki. Tidak sedikit orang yang mencari cara cepat ketika mematikan komputer dimana mereka langsung menekan tombol power pada komputer.
Terkadang mereka juga langsung mematikan komputer tanpa terlebih dahulu menutup aplikasi yang masih digunakan atau masih terbuka. Meskipun cara mematikannya sudah sesuai dengan prosedur, namun tetap saja kebiasaan seperti ini lama kelamaan dapat menyebabkan gangguan pada komputer.
Memiliki kebiasaan mematikan komputer secara sembarangan hanya akan membuat komputer mengalami kerusakan, terutama bagian hardware. Hardisk merupakan bagian yang kerap mengalami permasalahan akibat kebiasaan seperti ini.

3.      Maksimalkan pendingin pada komputer
Cara merawat komputer yang ketiga adalah dengan memaksimalkan fungsi pendingin pada komputer. Namanya saja pendingin yang memang fungsinya untuk mendinginkan suhu pada komputer. Pendingin di sini ada dua, yang pertama pendingin yang memang dipasang di prosesor atau yang namanya heatsink.
Namun kamu sebenarnya bisa mengupgrade pendingin pada komputer dimana sudah tersedia banyak pendingin yang lebih efektf yang tentunya akan tetap menjaga suhu komputer tetap dingin meskipun kamu gunakan dalam waktu lama. Meskipun harganya cukup mahal, namun sesuai dengan kualitas yang dimilikinya.

4.      Lindungi sistem pada komputer dari serangan virus
Virus merupakan software atau lebih tepatnya dinamakan penyakit yang bisa menyerang komputer kamu kapan saja. Terutama ketika kamu setiap hari selalu terkoneksi ke internet yang terkadang membuka website yang malah di sanalah terdapat virus yang menyebabkan komputermu terinfeksi.
Tidak ada seorang pun yang menginginkan hal tersebut karena akan mengakibatkan lama kelamaan sistem komputer bermasalah. Di awal mungkin permasalahan tidak terlalu parah. Akan tetapi, jika virus tersebut tidak segera dihilangkan, maka bisa mengakibatkan file-filemu terinfeksi dan bahkan tidak bisa dibuka. Jika sudah sangat parah, bahkan kamu tidak bisa masuk ke sistem komputer dimana komputermu hanya berwarna hitam saja.

Lalu apa yang harus kamu lakukan? Kamu harus selalu mengupdate antivirus dan harus waspada terhadap situs yang kamu buka. Selain itu, setiap perangkat eksternal yang menancap, seperti flashdisk atau hardisk eksternal juga harus kamu seleksi agar supaya tidak sampai ada virus yang masuk.

Demikian informasi seputar bagaimana cara merawat komputer. Semoga informasi ini bermanfaat. Terimakasih.

Tag : Komputer
0 Komentar untuk "Bagaimana Cara Merawat Komputer Agar Awet?"

Back To Top