Home » » Cara Menyembunyikan/Mengunci Control Panel Laptop dengan Password

Cara Menyembunyikan/Mengunci Control Panel Laptop dengan Password

Cara memberikan password pada kontrol panel PC atau Komputer - Melalui control panel, kita dapat melakukan pengaturan apa saja pada komponen software laptop. Banyak akses fitur yang bisa kita kelola dan atur sesuka hati. Jika ada masalah di laptop, kebanyakan pengaturan di control panel yang pertama kali akan kita lakukan. Hal ini mengindikasikan bahwa control panel sangat penting peranannya bagi kehidupan laptop, komputer atau pc yang sementara anda pegang. Karena control panel sangat penting, kita harus menjaga agar tidak sembarang orang melakukan otak atik tanpa sepengetahuan kita di control panel tersebut. Untuk mengamankan contol panel, anda bisa melindunginya dengan memberikan batasan kepada pengguna atau orang lain dan hanya anda yang tau bagaimana cara mengakses kembali control panel.

Sebenarnya, dijudul artikel tersebut tidak cocok jika saya mengatakan mengunci Control Panel dengan Password. Sampai saat ini, KomputerWindows.ORG belum dapat memberikan password ke control panel. Namun, jika anda ingin menghilangkan atau menyembunyikan control panel, anda bisa mengikuti langkah langkah yang akan saya berikan dibawah ini. Baik anda pengguna laptop asus, acer, axio, lenovo, hp dan laptop lainnya yang bersistem operasi windows XP, 7, 8/8.1 dan 10 dapat mengikuti langkah langkah yang saya berikan nanti. Anda hanya perlu melakukan pengaturan melalui sebuah komponen pada Group Policy Editor dengan sangat mudah, asalkan anda mengikuti langkah langkah ini dengan tepat dan teliti. Baiklah, jika anda saat ini sudah sangat penasaran mengenai cara menyembunyikan control panel di pc, silahkan baca artikel dibawah ini.

Untuk anda pengguna windows 10, 8/8.1, 7 atau windows XP, silahkan masuk ke Group Policy Editor terlebih dahulu yang ada di pc anda. Jika anda pengguna win 7 dan XP, silahkan klik start kemudian pilih menu. Selanjutnya ketik msc dan ok. Jika anda pengguna windows 8/8.1 dan Windows 10, anda dapat membaca artikel singkat yang telah saya publikasikan di blog ini dengan judul Group Policy Editor di Windows 8/8.1 dan 10. Jika semuanya sudah masuk ke Group Policy Editor, sekarang pilih User Configuration [2]. Kemudian anda masuk ke Administrative Settings (untuk win XP dan 7) atau Administrative Templates (win 8/8.1 dan 10)[3]. Pada urutan pertama akan ada tulisan Control Panel, silahkan klik dan masuk [4]. Cari tulisan Prohibit access to Control Panel and PC settings yang masih keterangan Not Configurated [5]. klik dua kali secara cepat ditulisan tersebut sehingga akan muncul kotak pengaturan.

Ubah bulatan yang tadinya di Not Configured ke bulatan Enable lalu klik tombol OK [6]. Sekarang keterangan Not Configurated tadi telah berubah menjadi Enable[7] yang artinya Control Panel anda telah terkunci. Jika anda menemukan control panel masih muncul, coba masuk, maka akan ada larangan This operation has been cancelled due to restrictions in effect on this computer. Please contact your system administrator[8]. Itu artinya control panel anda telah terkunci. Jika anda restart laptop atau perangkat, maka Control panel tadi akan hilang! Selamat, kini anda telah berhasil menyembunyikan dengan baik control panel tersebut sehingga tidak ada orang yang bisa mengotak ngatik pc anda!

Jika anda ingin memunculkan kembali Control Panel, maka silahkan ikuti langkah langkah Menampilkan Control Panel yang Hilang. Disana akan saya jelaskan kepada anda cara cara mudah yang dapat anda mengerti. Untuk itu, sampai disini dulu artikel singkat mengenai Cara Menyembunyikan Control Panel di Laptop, semoga artikel yang singkat ini dapat bermanfaat dan membantu anda. Jika masih belum mengerti, silahkan bertanya langsung di kolom komentar blog ini. Saya akan segera menjawab pertanyaan anda sesuai kemampuan. Sekian dan sampai berjumpa di artikel yang akan datang.

0 komentar:

Post a Comment