Home » , » Cara menyembunyikan/mengunci Command Prompt di Laptop windows 10/8/8.1/7/XP

Cara menyembunyikan/mengunci Command Prompt di Laptop windows 10/8/8.1/7/XP

Cara mudah Disable dan menutup akses ke CMD di komputer atau laptop - Command Prompt merupakan fitur yang sangat powerfull yang sudah memang terinstall di perangkat laptop kalian yang beristem operasi windows, baik itu laptop asus, acer, axio, lenovo, hp dan pc atau komputer lainnya yang bersistem operasi windows 10, 8/8.1, 7 hingga windows XP dan Vista. Dibeberapa bulan yang lalu saya telah memberikan penjelasan kepada anda mengenai Cara Buka CMD yang dapat anda pelajari disana. Jika anda telah menguasai command prompt ini baik dari segi cara kerja hingga perintah perintahnya, maka anda sudah dapat menguasai sistem operasi windows ini. Anda pun bisa melakukan control jaringan melalui cmd layaknya seperti seorang master pakar atau bahkan h@cker. Jadi seperti yang saya katakan tadi bahwa command prompt tersebut sangat powerfull dan dapat dipakai hampir disegala kondisi.

Karena command prompt atau cmd tersebut sangat berbahaya, maka harusnya tidak sembarang orang dapat mengakses fitur tersebut. Harusnya anda dapat memproteksi penggunaan cmd tersebut, bisa dengan cara menyembunyikannya. Nah, disini saya akan membantu anda mengenai cara menyembunyikan CMD di laptop. Saya akan membantu anda dengan ulasan yang singkat, padat tapi jelas dan tentunya tidak akan membingungkan bagi anda, walau pun anda adalah seorang pemula pemakai perangkat. Disini, untuk dapat melakukan trik mengunci command prompt, anda tidak harus dan tidak perlu melakukan pengaturan yang sangat rumit atau bahkan menginstall aplikasi atau software yang aneh aneh yang mesti anda download dulu. Disini murni pengaturan dari dalam komponen perangkat komputer, pc atau laptop sobat. Untuk itu, silahkan ikuti step by step mengenai tips mengunci control panel.

Hal yang pertama kali anda lakukan adalah membuka Group Policy Editor perangkat sobat. Jika anda belum mengetahui caranya, ada baiknya anda baca dan pelajari di artikel Cara buka Group Policy Editor dengan mengklik tautan tersebut. Jika anda telah berhasil membuka Group Policy Editor, maka silahkan masuk ke bagian User Configuration - Administrative Templates - System. Lihat tulisan disebelah kanan bagian sedikit bawah yaitu Prevent access to the command prompt yang masih berstatus Not configured. Anda bisa melakukan perubahan tersebut dengan cara mengklik kanan di tulisan tersebut lalu pilih Edit. Atau dengan mengklik dua kali secara cepat ditulisan tersebut. Kotak task baru akan muncul dengan nama Prevent access to the command prompt. Silahkan perhatikan baik baik pengaturannya yang akan saya berikan kepada anda di kotak task tersebut.

Pindahkan bulatan hitam yang tadinya Not Configured ke Enable. Dibawahnya, masih pada kotak yang sama pada tulisan Disable the command prompt scripting processing also? anda ubah ke Yes saja. Jika anda memilih No, maka hanya cmd saja yang anda block sedangkat perintah scriptnya masih dapat dijalankan. Jika anda memilih Yes, maka seluruh componentnya akan di block atau dilarang untuk dijalankan baik itu Command promptnya sendiri hingga scriptnya. Jika sudah, silahkan klik tombol OK. Sekarang anda buka CMD kalian, anda akan menemukan tulisan The command prompt has been disable by your administrator. Press any key to continue... Artinya adalah command prompt tersebut terlah berhasil anda kunci dan tidak bisa diakses oleh orang lain. Ketika anda mengetika teks apa saja di cmd tersebut, maka command prompt akan langsung tertutup secara otomatis.

Nah, untuk mengembalikannya seperti sedia kala, saya telah mempublikasikan artikel mengenai Mengatasi The command prompt has been disable by your administrator yang dapat anda baca di artikel tersebut dengan mengkliknya. Bagaimana, mudah bukan cara disable cmd yang saya berikan ini? Trik ini telah berhasil saya jalankan di windows 8.1 64-bit menggunakan laptop asus x441s. Jika anda masih mengalami kebingungan, silahkan bertanya langsung di kolom komentar cara disable cmd yang telah saya sediakan tepat dibawah artikel ini. Untuk itu, sampai disini dulu pembahasan singkat saya mengenai trik dan tips mendisable command prompt secara mudah dan cepat, sampai berjumpa lagi di artikel yang akan saya publish mendatang. Sekian...

0 komentar:

Post a Comment