Cara Menghapus/Menghilangkan Virus GenAdware.Ground di Laptop

Cara mudah memusnahkan virus ground.exe di pc atau komputer secara permanen - Baru bau ini saya melakukan scanning antivirus menggunakan smadav antivirus. Hasilnya sangat mengejutkan! Scan baru 30%, namun virus yang telah menginveksi sebanyak 56 file! waw! saya terkejut dan segera melihat virus apa gerangan yang telah menginveksi file milik saya tersebut. Lihat ke tab virus, ternyata nama virus yang menginveksi adalah Gen.Adware.Ground atau yang biasa disebut dengan virus Ground.exe. Virus yang masih terasa cukup asing di teling saya karena baru kali ini saya berhadapan langsung dengan virus ini. Jadi saya belum tau seluk beluk tentang virus ini sehingga masih harus dipelajari bagaimana cara dia bekerja dan menyerang.

Apa kekuatan dari virus ini? Virus ground menyerang dengan menyebarkan dirinya melalui infeksi file file yang berekstensi .exe, yaitu dengan menduplikasikan dirinya pada aplikasi atau software laptop kita. Jika program telah terinfeksi, maka ukurannya yang tadi 80MB akan berubah menjadi 522kb. Dan kebanyakan file tersebut namanya akan bertambah awalan gxxx.exe, misalkan clickchartsetup.exe akan ada duplikasi gclickchartsetup.exe (virus). Tentunya ini sangat merugikan bagi kita. Aplikasi atau software penting kini telah menjadi virus dan dapat merusak sistem operasi milik kita. Diketahui bahwa virus Ground.exe ini dapat menyerang Proses Manager, RAM dan aplikasi! Pada windows 7, virus ini akan memunculkan dirinya dengan menampilkan tulisan "i am sorry" di dekstop kalian. Untuk windows 8/8.1 dan 10 tulisan tersebut tidak akan muncul. Namun dampak yang ditimbulkan akan cukup besar juga. Perangkat akan bekerja extra dan menjadi Lag.

Bagaimana cara membunuh virus Ground.exe ini? Saya menyediakan langkah langkah terstruktur yang dapat anda ikuti secara menyeluruh demi keberlangsungan laptop sobat. Anda harus mengikuti struktur dari langkah langkah ini agar nantinya virus ground.exe tidak akan hidup kembali dan menyerang aplikasi di laptop sobat, baik itu asus, acer, axio, lenovo, hp dan laptop lainnya. Pengguna windows XP, 7, 8/8.1 dan 10 dapat sekaligus mengikuti tutorial yang akan saya bagikan dibawah. Persiapan pertama adalah matikan seluruh koneksi internet di laptop sobat biar pengerjaan bekerja lebih maksimal.

Sekarang aktifkan antivirus agan yang dapat mendeteksi file file yang terinfeksi virus Ground.exe. Anda bisa menggunakan SMADAV atau Malwarebytes yang tersedia secara gratis. Pada kasus kali ini saya menggunakan smadav free kemudian segera melakukan scanning secara full untuk scanning seluruh partisi yang ada. Sambil menunggu anak anakkan virus terdeteksi, mari kita mencari induk dari virus ground.exe tersebut di data C. Buka Local Disk (C:) kalian lalu ke tab View > centang Hidden items sehingga seluruh file atau folder tersembunyi akan terlihat. Di data C: anda akan melihat file shortcut Ground yang berukuran kurang dari 1 kb (696 bytes). Hapus saja file shortcut tersebut.


Langkah kedua yaitu temukan file indukan asli (tadi adalah file shortcut). Masuk ke C: > User > Nama User > AppData > Roaming. Dikasus saya letaknya ada di C: > User > Win 8 > AppData > Roaming. Anda pun akan melihat file induk dari virus tersebut yang bernama Ground.exe yang berukuran 522kb. Hapus saja file tersebut seperti file sebelumnya. Clonning Ground.exe terdalam ada terletak pada folde C: > Windows > System32 > Config > SystemProfile > AppData > Roaming. Hapus juga Ground.exe tersebut. Untuk menghapus secara permanen agar tidak sengaja dibangkitkan kembali, silahkan masuk ke Recyle Bin lalu cari ketiga file tersebut dan hapus! Kini kita tinggal menunggu hasil scan menyeluruh dari antivirus smadav yang menelusuri file file .exe mana yang telah terinfeksi.

Saya segera menghapus semua file terdeteksi tersebut setelah berhasil di scan. Saya mendapati 279 file terdeteksi virus Ground.exe!! Setelah di clean (karantina), saya masuk ke Settings > Quarantine. Semua file karantina tadi terletak di folder C: > [Smad-Cage]. Hapus saja semua file yang terinfeksi tadi dengan Select All > Delete pada smadav tadi. otomatis di folder C: tadi terhapus! Ulangi lagi scan tadi untuk melakukan pembersihan secara menyeluruh! Untuk lebih menyeluruh lagi, silahkan masuk ke hasil scan tadi, klik kanan > Explore pada virus yang dideteksi. Cari file yang namanya berakhiran .ico dan berukuran 0 bytes dan hapus file tersebut karena itu bekas virus.

Jika anda belum punya smadav pro, silahkan pelajari Cara buat Smadav Free jadi Pro. Mengapa saya menggunakan SMADAV dibandingkan dengan antivirus lainnya? karena dengan smadav, selain melakukan penghapusan pada file infeksi, file yang di hidden (sembunyikan) 0leh Ground.exe akan ditampilkan. Sedangkan file infeksi (yang berukuran 522kb) akan dihapus dan meninggalkan bekas berupa file berekstensi .ico (contoh gclickchartsetup.ico). Sedangkan rata rata antivirus lain, hanya menghapus file infeksi tersebut tanpa menampilkan kembali file exe asli yang disembunyikan oleh virus. Biar lebih afdol, silahkan hidupkan SmartRT-Protection SMADAV kalian agar ketika anda browse di folder perangkat, semua file yang mencurigakan akan langsung terscan saat itu juga sehingga anda bisa langsung mengambil tindakan.

Bagaimana? ternyata tidak sulit untuk memusnahkan virus Ground.ece ini bukan? Jika anda masih mengalami kesulitan atau kebingungan terhadap langkah langkah atau tutorial yang saya berikan di artikel ini, silahkan bertanya langsung di kolom komentar cara delete virus ground.exe di laptop dengan mudah yang ada dibawah artikel ini. Untuk itu, semoga artikel yang saya bagikan ini dapat bermanfaat bagi anda. Sekian...
Tag : Virus
0 Komentar untuk "Cara Menghapus/Menghilangkan Virus GenAdware.Ground di Laptop"

Back To Top