Home » » Cara Menampilkan Control Panel yang Hilang/Tersembunyi di Laptop

Cara Menampilkan Control Panel yang Hilang/Tersembunyi di Laptop

Tips dan trik memunculkan control panel yang disembunyikan di pc atau komputer windows 8/8.1, 10, 7, XP - Anda pengguna laptop asus, acer, axio, lenovo, hp atau laptop dan komputer merek apapun dan pernah mengalami Control panel yang tiba tiba hilang? Tentu hal itu sangat membingungkan bagi kita. Apalagi jika saat itu kita sangat perlu melakukan pengaturan melalui control panel. Dengan control panel, kita dapat melakukan pengaturan dasar mengenai komponen yang ada di laptop kita. Control panel di laptop yang hilang mungkin saja tidak sengaja kita sembunyikan melalui Group Policy Editor di laptop. Atau anda tidak sengaja menghapus komponen control panel (program yang corrupt karena virus). Disini saya hanya bisa membantu anda untuk mengatasi Control Panel yang tersembunyi.

Cara menampilkan control panel yang disembunyi adalah sangat mudah. Anda tidak perlu melakukan pengaturan yang cukup membingungkan, cukup ikuti langkah langkah yang simpel yang akan saya berikan. Akan ada beberapa tips yang bisa saya berikan kepada anda diantaranya melalui Group Policy Editor atau melalui Registry Editor. Hati hati jika mengikuti langkah langkah ini agar anda tidak salah melakukan pengaturan yang berakibat fatal bagi laptop anda. Namun jika anda mengikuti cara yang saya berikan dengan benar, mudah mudahan tidak akan terjadi hal hal yang aneh. Untuk itu, jika anda sudah penasaran, silahkan baca artikel mengenai Cara menampilkan Control Panel yang hilang di perangkat laptop, pc atau komputer windows.

Cara pertama yaitu anda masuk ke Group Policy Editor perangkat sobat. Jika belum tau cara membukanya, silahkan pelajari artikel Cara Buka Group Policy Editor. Jika sudah masuk, silahkan pilih dan klik User Configuration lalu ke Administrative Templates (Administrative settings di win XP). Disana anda akan melihat komponen berupa item item yang dapat kita kelola. Karena disini kita ingin menampilkan Control Panel yang hilang, silahkan pilih Control Panel. Lihat kalau ada status yang Enable (selain Not Configured), apalagi pada tulisan Prohibit access to Control Panel and PC settings. Anda klik dua kali pada tulisan yang berstatus Enable lalu pindahkan bulatan menjadi Not configured > klik OK. Jika sudah, silahkan restart pc anda agar control panel kembali muncul.

Cara kedua cukup membutuhkan ketilitian yang cukup tinggi. Anda harus melakukannya di Registry Editor perangkat anda. Jika anda belum mengetahui bagaimana cara membuka Registry Editor, silahkan baca di artikel Cara membuka Registry Editor Laptop. Untuk pengguna windows 7, 8, 8.1 dan 10, anda masuk ke HKEY_CURRENT_USER > Software > Microsoft > Windows > CurrentVersion > Policies > Explorer. Jika anda menemukan name dengan type REG_DWORD yang mencurigakan, silahkan hapus saja dengan cara klik kanan > delete > yes. Silahkan lakukan restart kembali laptop anda agar control panel dapat kembali muncul. Ingat! anda harus berhati hati menghapus items, jangan sampai menghapus item yang sangat penting!

Jika anda pengguna windows XP, masuk ke Registry Editor > HKEY_CLASSES_ROOT > CLSID > {21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D} > InProcServer32. Lihat dibagian Data String [(Default)]. Jika anda menemukan shell32.dll- (perhatikan tanda minus setelah .dll), maka silahkan hapus tanda minus tersebut. Jika sudah, silahkan simpan lalu restart laptop windows XP anda tersebut dengan harapan control panel kembali muncul. Jika tetap tidak muncul, silahkan bertanya langsung di komentar blog ini atau cari saja artikel di blog lain yang dapat membantu permasalahan anda. Tapi biasanya hanya dengan melakukan pengaturan dari Group Policy Editor, control panel akan muncul kembali.

Bagaimana, sangat mudah bukan tips dan trik bagaimana cara memunculkan control panel yang disembunyikan seseorang. Jika anda masih mengalami kebingungan terhadap artikel ini, silahkan bertanya langsung di kolom komentar artikel Cara menampilkan control panel yang hilang. Untuk itu, sampai disini dulu pembahasan singkat saya mengenai langkah langkah memunculkan control panel yang tersembunyi, semoga artikel yang singkat ini dapat bermanfaat bagi anda. Sekian dan sampai berjumpa lagi di artikel yang akan terbit.

0 komentar:

Post a Comment