Home » » Cara Membuka Group Policy Editor di Windows 8/8.1 dan 10

Cara Membuka Group Policy Editor di Windows 8/8.1 dan 10

Letak dan Posisi Group Policy Editor atau Local Computer Policy di pc, laptop, komputer di windows XP, 7, 8/8.1 dan 10 - Masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara kita untuk membuka pengaturan Group Policy Editor di perangkat mereka. Padahal kita ketahui bersama bahwa Group Policy Editor sangatlah penting peranannya disemua laptop seperti asus, acer, axio, lenovo, hp dan lainnya. Kita dapat melakukan pengaturan yang sangat besar terhadap komponen yang ada pada laptop kita. Kita dapat melakukan pengaturan terhadap Computer Configuration atau User Configuration dimana didalamnya ada Software Settings, Windows Settings dan Administrative Templates (Administrative settings bagi Win XP dan 7). Kita dapat melakukan pengaturan sama hal hal yang sangat vital dari Group Policy Editor tersebut.

Ada banyak hal yang dapat kita lakukan jika kita telah masuk ke Group Policy Editor misalkan Mengunci Control Panel, Mematikan port atau Colokkan USB, mengatur waktu agar dapat force reboot dan masih banyak lagi! Ada banyak kuasa yang dapat kita lakukan disana, namun anda belum dapat mempraktekannya karena masih bingung mencari dimana letak Group Policy Editor tersebut. Sebenarnya, untuk dapat menemukan fitur Group Policy Editor di windows XP, 7, 8/8.1 atau windows 10 sangatlah mudah. Anda tidak perlu melakukan langkah yang aneh aneh hingga menginstall program yang aneh aneh. Anda hanya perlu melakukan langkah langkah yang saya berikan ini dengan cermat. Berikut ini saya sediakan cara mengakses Group Policy Editor di laptop.

Jika anda menggunakan windows XP atau windows  7, anda dapat langsung ke Start > Ketik msc > enter. Anda akan menemukan tulisan Group Policy Editor, maka silahkan masuk ke fitur tersebut. Namun jika anda pengguna windows 8, windows 8.1 atau windows 10 dan generasi kedepannya, anda dapat melakukannya dengan beberapa cara. Cara yang pertama yaitu dengan menggunakan CMD atau command prompt dan yang kedua adalah menggunakan kotak run. Sebenarnya anda juga dapat mengikuti dua cara ini dengan menggunakan windows 7 dan XP, tidak masalah. Namun karena disini saya akan lebih memfokuskan ke windows 8 dan 10, maka bagi kalian pengguna windows versi tersebut, silahkan ikuti dua metode singkat saya.
Cara pertama yaitu dengan menggunakan CMD. Banyak sekali kegunaan dari CMD tersebut, anda dapat mempelajari cmd tersebut. Untuk dapat mencari Group Policy Editor, silahkan buka tool cmd yang telah tersedia di laptop sobat. Jika belum tau apa itu cmd, silahkan baca artikel Apa itu CMD dan Cara Buka CMD. Jika cmd anda telah terbuka dengan benar, silahkan ketikkan perintah gpedit.msc disana lalu tekan enter. Klik OK (jika ada pemberitahuan UAC), jika tidak ada, maka Group Policy Editor akan terbuka yaitu berupa kotak yang bernama Local Group Policy Editor. Silahkan anda lanjutkan trik yang anda ikuti setelah masuk ke Group Policy Editor.

Atau cara yang kedua ini merupakan cara yang paling cepat. Anda hanya perlu untuk membuka kotak run di layar anda. Silahkan tekan tombol Win + R secara bersamaan di keyboard laptop sehingga akan muncul kotak kecil yang terletak disebelah kiri-sudut-bawah layar. Nah, anda cukup mengetik perintah gpedit.msc lalu tekan tombol enter di keyboard laptop sobat. Otomatis task Group Policy Editor yang bernama Local Group Policy Editor akan muncul. Hanya anda perlu hati hati dalam mengotak atik komponen apa saja melalui Group Policy Editor karena itu menyangkut dengan keberfungsian komponen software dan hardware di perangkat sobat.

Bagaimana, mudah bukan artikel mengenai Cara membuka Group Policy Editor di windows 8/8.1 dan windows 10 yang saya bagikan ini? Saya harap mudah untuk diikuti. Jika anda masih mengalami kebingungan terhadap artikel cara membuka Group Policy Editor di windows, silahkan bertanya langsung di kolom komentar yang berada dibawah artikel cara buka Group Policy Editor ini. Untuk itu, sampai disini dulu pembahasan saya mengenai cara akses Group Policy Editor di laptop, pc, dan komputer, semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat bagi anda. Selamat mempraktekan....

0 komentar:

Post a Comment