Cara agar tidak bisa Ubah/Edit Icon dan Refresh di Layar Desktop Pc Windows

Tips dan trik mengunci dekstop agar pengguna tidak bisa klik kanan di layar dekstop laptop dan komputer windows | Trik mengunci layar dekstop agar tidak bisa diedit | Mengatasi dekstop tidak bisa klik kanan - Di dekstop, yaitu layar awal perangkat anda memperlihatkan icon icon dari aplikasi yang telah terpasang dan terinstall di perangkat anda tersebut. Juga anda dapat melakukan refresh di laptop anda dengan cara klik kanan pada dekstop lalu pilih Refresh (lanjutkan dengan menekan tombol F5). Atau anda pun dapat melakukan pengaturan posisi icon di dekstop tersebut sesuai keinginan. Anda dapat membaca artikel Cara atur posisi icon di Dekstop dengan mengklik tautan artikel tersebut. Di dekstop tersebut anda bisa melakukan rename atau perubahan nama dari icon icon aplikasi atau software tersebut dengan cara klik kanan pada icon yang diinginkan lalu pilih Rename. Anda juga dapat melakukan penghapusan (Delete), Copy, Paste dan mengakses properties dari icon tersebut.

Di layar dekstop tersebut anda bisa melakukan beberapa hal yang bisa mengubah dekstop anda. Untuk mencegah agar orang lain tidak melakukan perubahan di desktop, anda perlu mengunci fungsi klik kanan pada dekstop. Dengan melakukan penguncian klik kanan dekstop, maka anda tidak bisa Refresh dekstop, Rename icon, delete icon, copy dan paste icon, melihat properties dari icon aplikasi, tidak bisa memilih Open file location dan masih banyak lagi. Mengunci fungsi klik kanan pada dekstop tersebut sangatlah mudah dan dapat dilakukan oleh anda anda seorang pemula pengguna pc sekaligus. Anda bisa melakukan trik kunci dekstop ini diberbagai perangkat seperti laptop merek asus, acer, axio, lenovo, hp dan perangkat pc atau komputer lainnya yang bersistem operasi Windows 10, 8/8.1, 7, XP hingga windows Vista. Untuk praktek saya sendiri, saya menggunakan sistem operasi windows 8.1 64-bit dengan merek asus x441s. Jadi saya rasa anda pun dapat melakukan trik penguncian dekstop ini. Berikut ini langkah langkah yang dapat saya berikan.

Untuk dapat melakukan penguncian di dekstop, Anda harus melakukan pengaturan dari Group policy Editor sehingganya hal yang pertama kali anda lakukan adalah dengan membuka Group Policy Editor. Jika anda belum tau cara membukanya, saya telah mempublikasikan artikel Cara Buka Group Policy Editor yang dapat diakses dengan mengklik tautan artikel tersebut. Oke, disini saya sudah menganggap anda telah membuka Group Policy Editor tersebut. Silahkan anda pilih dan klik User Configuration, Masuk ke Adminstrative Templates (untuk windows 7, XP dan Vista mungkin adalah Administrative Settings). Arahkan dan klik Windows Component. Anda akan melihat banyak sekali sub-folder, masuk saja ke File Explorer (untuk windows 7, XP dan Vista mungkin adalah Windows Explorer). Disana anda akan kembali melihat banyak sekali file item dan tiga sub-folder teratas.

Karena disini anda ingin mematikan fungsi klik kanan di laptop, silahkan cari saja item tulisan Remove File Explorer's default context menu. Terlihat dibagian statusnya yang masih Not Configured. Silahkan klik kanan ditulisan tersebut lalu pilih edit, atau mengklik dua kali secara cepat ditulisan tersebut sehingga akan muncul kotak baru. Pindahkan saja bulatan hitam yang tadinya Not Configured ke bulatan Enable. Jika sudah dipindahkan, silahkan klik tombol OK dan kotak tadi akan tertutup secara otomatis. Kini status yang tadinya Not Configured telah berubah menjadi Enable. Silahkan anda tutup (close) saja Local Group Policy Editor yang saat ini terbuka. Anda kini dapat membuka dekstop perangkat sobat dan silahkan coba klik kanan, lihat apa yang terjadi? Anda sudah tidak bisa klik kanan untuk refresh atau kegiatan lainnya bukan?

Untuk mengatasi (mengembalikan) Dekstop yang tidak bisa klik kanan; tidak bisa rename, delete, copy paste icon; tidak bisa melihat properties icon, maka anda harus kembali membuka Group Policy Editor -  User Configuration - Administrative Templates - Windows Component - File Explorer. Pada tulisan Remove File Explorer's default context menu, lihat apakah statusnya Enable. jika statusnya Enable, maka anda harus mengubahnya menjadi Not Configured dengan cara klik dua kali secara cepat ditulisan tersebut. Pindahkan bulatan Enable ke Not Configured lalu OK. Tutup kembali Group Policy Editor lalu silahkan kalian coba coba kembali mengklik kanan dekstop. Sudah bisa bukan? Jika tidak bisa, maka anda perlu mencari artikel tips dan trik lain karena permasalahannya mungkin sudah berbeda.

Dengan melakukan trik ini, saya harap anda bisa melakukan penguncian desktop agar tidak bisa di edit dan bagaimana cara mengatasi (mengembalikan seperti sedia kala) dekstop yang tidak bisa klik kanan. Bagaimana, mudah bukan artikel mengenai tips dan trik agar laptop tidak bisa klik kanan pada dekstop dan cara mengatasinya yang saya bagikan ini? Jika anda masih mengalami kebingungan dan masalah dari artikel Cara agar icon tidak bisa di edit (rename dan delete), silahkan bertanya langsung di kolom komentar yang telah saya sediakan dibawah artikel ini. Untuk itu, sampai disini dulu pembahasan singkat saya mengenai Tips dan trik laptop tidak bisa klik kanan pada dekstop, semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat bagi anda.  Sekian....
Tag : GPEDIT, Icons
0 Komentar untuk "Cara agar tidak bisa Ubah/Edit Icon dan Refresh di Layar Desktop Pc Windows"

Back To Top