Cara agar Port/Colokkan USB dapat membaca USB Flashdisk

Tips dan trik agar port USB bisa membaca usb flash drive - Setelah kemarin saya memberikan tutorial mengenai Cara mengunci Port USB, dan artikel ini merupakan kelajutan dari artikel tersebut yaitu bagaimana cara membuka akses port usb yang dikunci. Hal yang pertama kali anda lakukan adalah dengan memastikan bahwa port tersebut benar benar dikunci oleh seseorang secara sengaja atau tidak sengaja adalah dengan cara mencoba terlebih dahulu flashdisk tersebut ke port usb laptop lain. Jika usb tersebut terbaca di port usb laptop lain, sedangkan di port usb laptop sendiri tidak terbaca, maka dapat dipastikan bahwa usb tidak terbaca tersebut bukan dikarenakan usb anda yang rusak, tapi port usbnya yang sengaja dikunci. Jika ternyata usb tersebut tidak terbaca juga di laptop lain, maka dapat dipastikan bahwa usb lah yang mengalami kerusakan, atau paling tidak di kunci oleh seseorang agar tidak dapat di edit lagi.

Jika flash disk tidak di port laptop anda karena dikunci oleh seseorang fungsi portnya, maka anda dapat mengikuti tutorial yang akan saya bagikan ini. Namun jika kerusakan bukan diakibatkan dari penguncian port, misalkan usb yang dikuci atau port usbnya yang rusak, maka anda tidak bisa mengikuti tutorial ini karena anda butuh tips penyelesaian lain. Nah, disini anda sudah dapat memastikan bahwa port usb yang sengaja di kunci oleh seseorang. Untuk dapat membuka port yang di disable tersebut sangatlah mudah! Anda bahkan dapat melakukan trik ini diberbagai laptop seperti asus, axio, hp, lenovo, acer dan perangkat lainnya seperti pc atau komputer. Yang penting perangkat anda tersebut bersistem operasi windows seperti Windows 10, 8/8.1, 7, hingga windows XP dan Vista. Jika bukan sistem operasi windows, seperti mac dan linux, saya belum menyediakan tutorialnya. Disini akan saya berikan dua tips dan trik mengenai cara buka port usb yang dikunci. Jika anda sudah penasaran terhadap tekniknya, silahkan pelajari tips yang akan saya bagikan.

Cara membuka port usb yang terkunci agar dapat membaca USB Flashdrive yang pertama adalah dengan melakukan pengaturan dari Group Policy Editor. Disini Anda pertama kali harus membuka Group Policy Editor. Jika belum mengetahui cara membuka Group Policy Editor tersebut, anda dapat mempelajari dan mempraktekannya langsung artikel Cara Buka Group Policy Editor. Jika Group Policy Editor tersebut telah terbuka, kini anda sudah dapat melanjutkan cara membuka port usb yang terkunci. Silahkan masuk ke bagian Computer Configuration - pilih dan klik Administative Templates (atau juga Administrative settings) - masuk ke System - lalu Removable Storage Access. Oke, anda akan melihat banyak nama item yang merupakan  fitur fitur yang dapat anda atur. Karena disini anda ingin membuka port yang terkunci, silahkan perhatikan tiga item yang bernama Removable Disk : Deny execute access, Removable Disk : Deny read access, serta Removable Disk : Deny write access. Jika salah satu dari ketiga item tersebut berstatus Enable, maka anda harus menggantinya menjadi Not Configured dengan cara mengklik dua kali di item yang enable tadi lalu pindahkan bulatan ke Not Configured lalu klik tombol OK.  Silahkan keluar saja dari Group Policy editor lalu masukan usb ke colokkan.

Cara membuka colokkan usb yang tidak bisa membaca usb flasdisk yang kedua ini dilakukan jika dicara pertama anda tidak menemukan status Enable di ketiga item yang disebutkan tadi. Kemungkinan besar penguncian tersebut dilakukan dari Registry Editor. Untuk itu, silahkan buka terlebih dahulu Registry editor laptop kalian. Jika belum mengetahui caranya, silahkan baca di Cara Buka Registry Editor di tautan tersebut. Jika anda sudah berhasil membuka registry editor itu, silahkan masuk ke folder HKEY_LOCAL_MACHINE - System - CurrentControlSet - Services - USBSTOR. Anda akan melihat banyak sekali item disebelah kanan layar pc anda. Karena anda ingin membuka port yang terkunci, silahkan pilih item yang bernama Start. Anda harus merubah nilai atau value dari Start tersebut menjadi 3 (yang tadinya 4) dengan cara klik dua kali pada item tersebut lalu ubah nilai dan klik tombol OK. Tutup saja registry editor tersebut dan coba masukkan usb ke colokkan usb. Moga moga port tersebut dapat kembali membaca usb anda.

Jika misalkan anda telah melakukan trik cara membuka port usb yang dikunci agar dapat membaca usb yang dimasukkan melalui Group Policy Editor dan Registry Editor, maka dapat dipastikan bahwa terjadi kerusakan pada usb atau port usb laptop anda, bukan dikunci oleh seseorang portnya. Untuk itu, sampai disini dulu pembahasan saya mengenai Cara membuka port usb yang dikunci agar terbaca usbnya, jika anda masih mengalami kebingungan terhadap artikel Cara agar Port/Colokkan USB dapat membaca USB Flashdisk ini, silahkan bertanya langsung di kolom komentar yang berada dibawah artikel ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Anda pun dapat mempelajari artikel Cara Menyembunyikan Control Panel ditautan tersebut. Sekian artikel yang singkat ini, selamat berjumpa di artikel yang akan datang. Sekian....
Tag : Trik
0 Komentar untuk "Cara agar Port/Colokkan USB dapat membaca USB Flashdisk"

Back To Top