Home » » 2 Cara membuka Registry Editor di Laptop win 10, 8/8.1, 7 dan XP

2 Cara membuka Registry Editor di Laptop win 10, 8/8.1, 7 dan XP

Tips dan trik mudah masuk dan mengakses ke Registry Editor pc atau komputer menggunakan CMD atau Run - Registry Editor sangat penting peranannya bagi keutuhan sebuah sistem. Banyak sekali hal hal yang dapat kita lakukan jika telah masuk ke Registry Editor sebuah perangkat baik itu laptop, pc, atau komputer yang bersistem operasi windows (8/8.1, 10, 7, dan XP). Namun anda jangan bermain main melakukan pengaturan melalui Registry Editor tersebut, bisa bisa fitur penting yang ada di laptop sobat menjadi malfunction atau tidak dapat berfungsi lagi. Saya pun hampir setiap saat menggunakan Registry Editor untuk melakukan beberapa pengaturan penting yang ada dalam sistem operasi laptop saya. Bahkan saat ini pun saya sedang bermain main dengan Registry Editor untuk mematikan sebuah fitur yang ada pada laptop saya agar tidak disalah gunakan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab.

Pada dasarnya, Registry Editor hampir sama dengan Group Policy Editor. Anda dapat mempelajari Cara Buka Group Policy Editor yang telah saya publikasikan dan dapat diakses melalui tautan tersebut. Beda Registry Editor dengan Group Policy Editor adalah Registry Editor cara pengaturannya dengan mengubah ubah Nilai data atau Value data suatu fitur. Biasanya menggunakan  nilai 0 (false) atau 1 (true). Atau anda bisa menambahkan item seperti String Value, Binary Value, DWORD (32-bit) Value, QWORD (64-bit) value, Multi-String Value hingga Expandable String Value. Sedangkan jika anda melakukan pengaturan dari Group Policy Editor, anda hanya perlu mengganti keterangan status Not Configured, Enable atau Disable. Semudah itu, namun dampak yang akan terjadi di sistem operasi anda akan sangat terasa. Jadi perlu kehati hatian dan ingatan yang baik agar kita dapat mengembalikan suatu pengaturan ke pengaturan sebelumnya.

Disini ada dua cara cepat mengakses Registry Editor di laptop sobat. Seperti pada sub-judul, saya memberikan cara pertama yaitu menggunakan CMD atau yang biasa kalian ketahui dengan Command Prompt dan kedua adalah dengan menggunakan Run box. Saya jamin bahwa cara masuk ke Registry Editor di pc ini sangatlah mudah untuk kedua cara yang akan saya berikan! Anda tidak akan mengalami kebingungan menggunakan trik ini. Anda juga tidak perlu melakukan trik atau langkah langkah yang aneh, hingga menginstall program program tertentu di perangkat laptop, pc atau komputer sobat. Jika anda sudah penasaran, silahkan baca dua cara mudah dan cepat membuka Registry Editor di laptop.

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan CMD. Jika anda belum mengetahui apa itu CMD dan bagaimana cara membuka cmd, ada baiknya anda pelajari terlebih dahulu artikel mengenai Apa itu CMD dan Cara Buka CMD melalui tautan tersebut. Klik aja. Jika anda sudah familiar menggunakan cmd, silahkan lewati saja artikel tersebut. Jika cmd anda telah terbuka, silahkan ketikkan perintah regedit lalu tekan tombol enter di keyboard laptop sobat sehingga akan muncul fitur Registry Editor yang tampilannya seperti folder folder. Folder folder tersebut terletak disebelah kiri layar, sedangkan file filenya akan nampak disebelah kanan layar. Terbuka bukan? silahkan anda lakukan pengaturan secara hati hati di Registry Editor tersebut.

Cara yang kedua adalah lebih mudah dari cara yang pertama! Anda dapat membuka Registry Editor tersebut hanya dengan beberapa langkah cepat dengan memanfaatkan kotak Run. Adapun caranya yaitu anda tekan secara bersamaan di keyboard pada tombol Windows dan R sehingga akan muncul kotak kecil disebelah kiri sudut bawah layar dekstop laptop anda. Dikotak tersebut silahkan anda ketik perintah regedit dan tekan tombol enter sehingga Registry Editor muncul di laptop sobat. Anda akan melihat folder folder yang sama seperti yang saya katakan pada cara pertama diatas tadi. Silahkan lakukan pengaturan disana secara hati hati dan ingat langkah langkahnya.

Saat terbuka Registry Editor, ada folder folder utama seperti HKEY_CLASSES_ROOT, HKEY_CURRENT_USER, HKEY_LOCAL_MACHINE, HKEY_USERS, HKEY_CURRENT_CONFIG yang beberapa diantaranya punya ribuan sub-sub folder! Anda harus teliti. Untuk itu, sampai disini dulu pembahasan singkat saya mengenai Cara cepat buka Registry Editor di laptop dengan mudah. Jika anda masih mengalami kebingungan terhadap artikel cara buka Registry Editor, silahkan bertanya langsung di kolom komentar yang telah tersedia dibawah artikel ini. Semoga artikel singkat mengenai tips dan trik buka Registry Editor di windows dapat bermanfaat dan membantu anda. Sekian dan sampai berjumpa diartikel yang akan datang.

0 komentar:

Post a Comment