Laptop konek (Terhubung/Tersambung) Internet WiFi tapi tidak bisa browsing

Posted by Rifal on

Mengatasi laptop terkoneksi tapi tidak bisa internet - Saya sangat menyukai mengkoneksikan laptop dengan jaringan wifi karena itu salah satu cara terbaik untuk dapat berinternet melalui laptop. Apalagi jika koneksi internet wifi tersebut cukup cepat sehingga banyak juga yang ikut ikutan untuk menyambungkan laptop atau smartphone android mereka di wifi tersebut. Jaringan wifi biasanya dipakai untuk mendownload beragam file yang besar seperti game, aplikasi atau film. Hal ini dikarenakan oleh kuota internet yang tidak terbatas sehingga sangat cocok untuk mendownload file besar. Kuoatanya tidak akan habis.

Namun dengan menggunakan jaringan wifi, seringkali anda menemukan permasalahan permasalahan yang memang sering terjadi kepada orang lain di perangkat mereka masing masing. Salah satu yang masalah yang sering kali melanda jaringan wifi anda adalah Laptop yang konek namun tidak bisa dipake berinternet. Nah, masalah ini sangat banyak muncul. Apalagi untuk wifi gratisan atau yang biasa anda sebut dengan free wifi. Nah, untuk itu, disini saya akan membantu anda mengatasi wifi konek namun tidak bisa berinternet. Akan saya berikan juga alasan atau penyebab dari masalah tersebut.

Penyebab laptop konek wifi tapi no internet access yang pertama adalah jumlah pemakai yang sudah overlimit yaitu pengguna sudah terlalu banyak yang mengakses dan menggunakan jaringan wifi tersebut sehingga pembagian bandwith atau kuota untuk setiap user menjadi sangat kecil dan mengakibatkan tidak mampunya wifi memberikan akses browsing ke laman internet yang dituju. Hal ini sangatlah lazim. Untuk mengatasinya adalah dengan menunggu hingga user lain pulang ke rumah sehingga jumlah user menjadi sedikit. Tak heran banyak orang yang rela menunggu hingga tengah malam untuk dapat menikmati koneksi wifi yang lancar. Atau cara yang lebih ekstrem adalah dengan memutuskan koneksi wifi dari user lain. Cara tersebut dapat anda baca pada artikel Cara memutuskan sambungan wifi orang.

Penyebab wifi tidak bisa internet walau sudah terkonek yang kedua adalah jaringan induk yang sedang bermasalah. Misalkan anda memiliki wifi yang berasal dari provider telkomsel. Ketika jaringan telkomsel sedang mengalami masalah, maka hal itu juga berdampak pada jaringan wifi yang bermasalah juga. Banyak kasus yang terjadi didaerah saya dimana ketika jaringan seluler data internet di ponsel saya lemot atau tidak berjalan, maka dapat dipastikan juga jaringan wifinya tidak ikut berjalan sehingga jalan satu satunya adalah dengan menunggu koneksi dari provider tersebut kembali normal.

Penyebab laptop sudah konek wifi namun tidak bisa di pake berinternet yang ketiga adalah masa langganan dari wifi tersebut yang sudah habis masa tenggangnya. Misalkan suatu wifi berlangganan pada tanggal 20 Maret, namun setelah pada tanggal 20 April pemilik wifi tersebut tidak melakukan pembayaran perpanjangan (langganan), maka koneksi wifi tersebut dapat diputuskan oleh pihak provider secara otomatis (Persis seperti langganan jaringan telpon rumah). Walaupun ada tertera internet access di sambungan wifi tersebut, namun wifinya tidak dapat digunakan untuk mengakses internet. Jalan satu satunya adalah menunggu pihak pemilik wifi untuk memperpanjang langganan wifi mereka.

Jadi bagaimana? Anda sudah paham mengenai penyebab mengapa wifi tidak dapat dipake walau tertera 'internet access' bukan? Jika sudah, berarti juga anda sudah paham mengenai cara mengatasi hal tersebut yaitu kesimpulannya anda cukup memaklumi dan menunggunya saja hingga kembali berjalan dengan normal. Untuk itu, sampai disini dulu pembahasan singkat saya mengenai Tips mengatasi laptop konek namun tidak bisa dipake internet wifi, semoga dapat bermanfaat bagi anda. Sekian...
Previous
« Prev Post

Related Posts

Juni 07, 2018

0 komentar:

Posting Komentar