Cara menghidupkan/menyalakan laptop tanpa tombol power

Posted by Rifal on

Cara menyalakan laptop tanpa menekan tombol power - Bagi anda, mungkin adalah hal yang sangat biasa ketika menekan tombol power on/off pada laptop anda sehingga laptop tersebut mati atau shutdown. Kemudian pula adalah hal biasa untuk menghidupkan laptop dengan menekan tombol power kembali. Nah, hal yang sangat luar biasa adalah bagaimana caranya agar kita menghidupkan laptop tanpa menekan tombol power. Wah, pasti sangat keren bukan? Orang orang yaitu teman anda akan merasa hebat. Kok mengapa laptop kita dapat menyala tanpa kita tekan tombol power.

Nah, sebenarnya untuk menyalakan laptop tanpa tombol power tersebut adalah hal yang sangat mudah! bahkan anda yang masih pemula dan belum mengerti dengan sistem dari komputer pun akan sangat mudah mengikuti langkah langkah yang saya berikan dibawah ini asalkan anda mengikuti langkah langkah yang saya berikan ini diengan sangat cermat dan detail. Disini kita akan memanfaatkan BIOS laptop anda untuk dapat melakukan pengaturan tersebut. Caranya pun sangatlah mudah! Bahkan tak kurang dari satu menit mengikuti cara ini, anda sudah dapat melakukan trik yang saya bagikan ini. Jika anda sudah penasaran, baiklah ikuti langkah langkah menghidupkan laptop tanpa tombol power.

Seperti yang saya katakan di paragraf sebelumnya, kita harus memanfaatkan pengaturan dari BIOS laptop anda. Untuk itu, hal yang pertama kali anda lakukan adalah dengan masuk ke BIOS laptop. Jangan bilang anda tidak tahu bagaimana cara masuk ke BIOS laptop karena hal itu sangatlah mudah! Jika anda tidak tahu bagaimana agar dapat masuk ke BIOS, saya sarankan anda untuk membaca artikel mengenai Cara Masuk BIOS yang telah saya berikan pada artikel sebelum sebelumnya. Pada umumnya, tombol masuk bios yang selalu dipakai adalah tombol F2. Hampir setiap laptop memiliki tombol shortcut bios berbeda beda.

Jika anda telah masuk ke BIOS laptop, anda pilih menu Power Management Setup. Untuk dapat memindah midahkan menu, silahkan pake tombol keyboard arah panah yang berada disebelah kanan sudut bawah laptop (terdapat tombol penunjuk Kiri, Kanan, Atas, Bawah). Pergunakan tombol tersebut untuk memindah mindahkan seleksi. Untuk dapat masuk ke menu Power Management Setup tersebut, pilih enter. Jika sudah masuk ke menu tersebut, di menu tersebut lihat tulisan PS2 Keyboard Power ON. Yang menjadi tujuan anda adalah meng-enable-kan perintah tersebut dari yang sebelumnya berketerangan Disable.

Langkah selanjutnya yang sangat penting adalah anda akan dimintai untuk mengisi Power On Password. Isi saja dengan password laptop sobat yang sudah anda buat. Silahkan ingat baik baik password tersebut agar tidak menjadi lupa. Kalau lupa, anda sendiri yang akan ribet. Jika sudah benar, maka silahkan anda Save. Kemudian keluar dari bios dengan menekan tombol esc. Silahkan anda shutdown-kan laptop milik anda kemudian hidupkan dengan menggunakan sembarang tombol pada keyboard anda. Lihat apa yang akan terjadi? Keren bukan... Nah demonstrasikan saja kepada teman teman anda.

Cara lain ini adalah cara terbaru yaitu dengan masuk ke Bios lalu pilih Power Management atau ACPI Management dengan menekan enter. Setelah itu masuk ke Wake on Keyboard atau Power on by Keyboard. Anda akan melihat keterangan disable pada pengaturan tersebut sehingga anda harus merubahnya ke keterangan Enable yaitu dengan menggunakan tombol + atau -. Jika sudah pada mode Enable, silahkan simpan pengaturan tersebut dengan menggunakan tombol F10 sehingga laptop atau komputer anda akan merestart. Silahkan tekan tombol power dan tahan selama lima detik hingga laptop anda mati. Nah, untuk menghidupkan kembali, silahkan klik tombol apa saja dan secara otomatis laptop anda akan hidup tanpa menekan tombol power.

Perhatian kepada anda bahwa setiap versi dari BIOS kadang tampilan dari BIOS berbeda. Itu hal yang biasa. Nama nama dari setiap menu pada BIOS juga kadang ada perbedaan yang sedikit. Silahkan sesuaikan saja. Cara menyalakan laptop tanpa tombol power ini dapat berfungsi pada windows XP, windows 7, 8/8.1 dan Windows 10. Sekian artikel singkat dari saya mengenai trik menghidupkan laptop tanpa pakai tombol power, semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat bagi anda. Jika masih ada kebingungan, silahkan anda bertanya langsung melalui komentar di blog ini. Sekian...
Previous
« Prev Post

Related Posts

Juni 09, 2018

0 komentar:

Posting Komentar