cara memperbaiki lcd laptop bergaris warna warni yang rusak

Posted by Rifal on

cara memperbaiki lcd laptop yang rusak - Banyak sekali permasalahan yang sering kita jumpai pada perangkat kita baik itu laptop, pc atau komputer. Apalagi permasalahan seperti kerusakan pada lcd perangkat laptop. Hal ini dapat membuat kita frustasi apalagi lcd ini sangat berguna dan memiliki peranan yang cukup penting bagi penggunaan sebuah perangkat. Jika LCD sudah rusak, maka kita sudah tidak dapat lagi melihat dengan baik apa yang ditampilkan oleh monitor laptop sobat sehingganya kita harus pandai pandai merawat lcd laptop. Bukan hanya lcdnya saja melainkan segala komponen yang ada pada laptop atau komputer anda tersebut.

Permasalahan kerusakan yang sering terjadi pada laptop anda biasanya adalah lcd yang bergaris garis dan berwarna warni. Hal ini tentunya sangat menjengkelkan bagi kita apalagi laptop tersebut dipakai untuk hal hal yang sangat penting. Nah, disini saya akan membantu anda dengan memberikan artikel mengenai cara memperbaiki lcd laptop bergaris warna warni. Saya akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi laptop berwarna warni lcdnya tersebut sehingga anda dapat mencoba satu per satu tips dan saran yang saya berikan ini agar hasil yang didapatkan bisa maksimal. Untuk itu, silahkan anda baca artikel mengenai Cara mengatasi layar lcd laptop berwarna warni dibawah ini dengan seksama.

1. Pixel Repairer
Penyebab yang sering terjadi dan membuat lcd laptop berwarna warni seperti bergaris lurus dengan warna hitam atau putih dan tidak bergerak kadang kala disebabkan oleh adanya Dead Pixel yang disebabkan oleh kerusakan bawaan pada panel screen ketika laptop tersebut dibeli. Atau juga biasa diakibatkan oleh ketidaksengajaan laptop tertekan dengan sangat keras. Nah, Pixel Repairer ini merupakan software untuk sistem operasi windows dimana digunakan untuk mendeteksi kerusakan Dead Pixel tersebut dan juga melakukan perbaikan terhadap masalah dead pixel.

Adapun cara untuk mengatasi lcd laptop bergaris yang kena Dead Pixel adalah dengan mencari tahu apakah lcd anda kena Dead Pixel yaitu dengan menginstall terlebih dahulu Pixel Repairer di laptop sobat. Jika sudah di install, silahkan buka software tersebut hingga muncul kotak Pixel Repairer, pilih menu Ratern dan setujui warna yang diinginkan dengan klik Enable. Perhatikan dengan seksama pada monitor apakah terdapat patern hitam atau seluruh layar laptop berwarna hitam maka laptop anda dalam keadaan baik baik saja. Namun jika kami melihat adanya titik selain warna hitam maka sudah dipastikan lcd laptop kamu terkena Dead Pixel.

Nah, untuk mengatasi dead pixel yang telah terdeteksi tersebut adalah dengan menggunakan kembali Pixel Repairer tadi. Silahkan jalankan kembali software tadi kemudian klik ikon Repair. Untuk langkah selanjutnya, anda klik Add untuk menambahkan dan mengatur wilayah perbaikan yang terkena Dead Pixel. Drag kotak repair ke wilayah yang terkena tersebut. Silahkan anda gunakan salah satu mode konfigurasi repair. Pada bagian Size atau ukuran, silahkan pilih ukuran yang mencakup wilayah dead pixel tersebut berada. Sedangkan untuk bagian frekuensi, secara default akan berisi 60Hz jika anda tidak mengubahnya. Software akan menjalankan perbaikan terhadap dead pixel tersebut secara otomatis sehingga anda tinggal menunggu perbaikan tersebut.

2. Kabel Fleksibel
Hal yang menjadi akibat dari layar laptop bergaris garis warna biasanya ditandai dengan kabel fleksibel yang tidak terpasang dengan baik. Untuk mengatasi kabel fleksibel tersebut, silahkan periksa kabelnya apakah sudah terpasang dengan benar atau belum. Jika tidak, silahkan pasang dengan baik dan kencangkan agar tidak sampai longgar. Kabel fleksibel tersebut adalah kabel penghubung antara layar laptop dan Motherboard sehingga sangat penting untuk diperhatikan juga. Namun jika tetap terjadi kerusakan bergaris pada layar laptop, silahkan bawah ke service atau ikuti cara lain.

3. Driver VGA
Hal yang biasa dapat menyebabkan layar lcd laptop bergaris garis adalah biasanya terjadi ketidaksesuaian antara driver VGA yang lama dengan program yang baru sehingga untuk mengatasi hal demikian, anda haruslah mengupdate atau memperbaharui Driver VGA tersebut yang sudah disediakan oleh vendor resmi VGA laptop anda. Anda dapat mendownload VGA versi terupdate tersebut ke laptop atau komputer sobat kemudian menginstallnya kembali ke laptop tersebut. Hal ini berfungsi untuk menyesuaikan vga lama yang tidak singkron tersebut menjadi singkron dengan program yang ada dilaptop.

4. VGA, RAM dan Harddisk
Untuk langkah terakhir mengenai cara memperbaiki lcd laptop bergaris adalah dengan memeriksa satu persatu komponen yang penting di laptop sobat dimulai dari RAM. Bersihkan secara hati hati RAM laptop sobat dengan membersihkan pin pin menggunakan penghapus kemudian pasangkan kembali dengan benar. Apabila RAM anda memiliki dua slot, coba pindahkan ke slot satunya. Namun jika tetap tidak berefek, silahkan gunakan RAM baru atau gunakan RAM lain. Jika RAM lain tersebut dapat mengatasi layar bergaris garis itu, berarti dapat dipastikan bahwa kerusakan tersebut diakibatkan oleh faktor RAM yang telah rusak. Belilah RAM yang baru kemudian pasangkan ke laptop anda itu.

Apabila garis garis tetap muncul setelah menggunakan RAM lain, silahkan anda periksa pada bagian VGA atau kartu grafisnya. Lepas sejenak VGA laptop anda kemudian bersihkan komponen tersebut dari debu dan lainnya dengan bersih kemudian pasangkan kembali seperti semula. Namun perlu anda ketahui bahwa VGA yang onboard tidak dapat dilakukan pemeriksaan sehingga silahkan anda periksa komponen yang lain. Silahkan coba periksa komponen Harddisk dengan membersihkannya kemudian mengganti kabel harddisk atau mencoba memasangkan dengan harddisk lain untuk menguji coba apakah kesalahannya ada pada harddisk.

Jika ke empat cara memperbaiki lcd laptop tersebut tidak berfungsi, silahkan anda bawa laptop anda ke service resmi terdekat agar lebih aman. Perlu anda ketahui bahwa keempat trik ini dapat digunakan pada hampir semua sistem operasi seperti Windows (Windows XP, Windows 7, 8/8.1 dan Windows 10), Linux, MAC dan lain sebagainya. Kecuali pada trik yang ada pada nomor satu. Untuk itu, sampai disini dulu pembahasan saya mengenai tips memperbaiki laptop yang lcdnya bergaris warna warni, semoga dapat membantu bagi anda. Sekian...
Previous
« Prev Post

Related Posts

Juni 09, 2018

0 komentar:

Posting Komentar