Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan

Posted by Rifal on

Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan - Laptop merupakan perangkat elektronik yang saat ini banyak dipegang dan dimiliki oleh orang orang tak mengenal usia, pekerjaan dan jenis kelamin dimulai dari anak anak hingga dewasa, pekerja kantoran atau non-kantoran bahkan pengangguran dan pelajar. Laptop ini sudah menjadi barang elektronik yang sangat dibutuhkan keberadaannya oleh siapa saja. Laptop juga kadang digunakan untuk sebagai alat hiburan atau alat pembantu pekerjaan. Untuk saya sendiri, saya memfungsikan laptop saya sebagai alat hiburan dikala stress, alat untuk membantu pekerjaan baik untuk keuangan maupun pendidikan dalam hal ini perkuliahan.

Selayaknya perangkat elektronik lainnya, laptop juga memiliki banyak sekali masalah yang akan muncul baik itu masalah dari dalam komponennya hingga luar komponen laptop itu sendiri. Untuk itu kita harus selalu menjaga laptop kita dari segala gangguan yang dapat menyebabkan kerusakan. Anda harus selalu siap sedia terhadap segala kemungkinan yang akan terjadi untuk kerusakan laptop anda. Salah satu kerusakan yang sering terjadi pada laptop anda adalah Laptop yang ngehang. Anda harus selalu sedia dapat mengetahui cara mengatasi laptop hang. Untuk itu, pada artikel ini saya akan menyediakan sebuah tutorial mengenai cara memperbaiki laptop hang. Silahkan anda baca seksama artikel dibawah ini.

Sebelum kita berlajut pada inti cara mengatasi laptop ngehang, ada baiknya anda mengetahui apa saja penyebab laptop anda yang hang tersebut. Salah satu penyebab yang sering terjadi adalah laptop anda yang sudah overheat atau yang sudah terlalu kepanasan. Hal ini bisa saja terjadi ketika anda menggunakan laptop tersebut dalam jangka yang lama dan mengaktifkan banyak task besar secara bersamaan. Atau dapat dikatakan bahwa banyak program besar yang berjalan secara bersamaan dalam satu waktu. Juga kadang kala laptop tersebut panas ketika anda meletakannya ditempat yang cukup panas serta sedang di charger. Hal ini cukup bisa membuat laptop anda tiba tiba hang. Nah jika anda sudah mengetahui penyebab yang sering terjadi, maka silahkan anda baca cara mengatasi laptop yang sering hang

cara perbaiki laptop hang yang pertama adalah dengan mematikan paksa laptop anda. Silahkan anda shutdown laptop tersebut secara paksa. Jika tidak berfungsi, silahkan anda cabut baterai laptop tersebut. Jika di charger (cas), silahkan cabut colokan. Apapun port yang sedang terkoneksi di laptop agan, silahkan dicabut dulu. Tujuan kita mengatasi laptop hang kali ini adalah mendinginkan laptop anda. Jika anda sentuh laptop sobat, kemungkinan akan terasa sangat panas. Hal ini dikarenakan oleh overheat dan kelebihan pemakaian yang sudah diluar batas kemampuan laptop sobat. Silahkan anda angin anginkan dulu laptop tersebut ditempat yang teduh, bisa diletakan di kipas angin. Jika sudah, baru silahkan anda hidupkan kembali.


cara menghidupkan laptop yang hang yang kedua ini cukup keras, yaitu dengan menekan tombol power selama beberapa detik. Adapun caranya adalah ketika laptop dalam keadaan hidup dan ngehang, silahkan tekan tombol power dan tahan selama minimal 20 detik. Jika laptop dalam keadaan mati, hidupkan sementara lalu lakukan cara tadi. Akan ada bunyi kecil yang keluar dari laptop, tunggu sekitaran 30 detik lagi. Jika dirasa sudah cukup, silahkan hidupkan dan lihat bagaimana perkembangannya. Cara ini walaupun cukup ekstrim namun pada beberapa kasus yang sering terjadi dilaptop saya cukup berhasil. Jadi silahkan anda coba.

cara memperbaiki laptop yang hang yang terakhir ini adalah dengan melakukan system restore. System restore ini dapat anda lakukan melalui bios yaitu dengan cara ketika melakukan boot silahkan tekan tombol f12. Setiap laptop memiliki cara yang berbeda untuk dapat masuk ke bios mereka. Silahkan anda cara bagaimana cara masuk bios untuk setiap laptop anda. Setelah masuk ke halaman bios, tekan f6 - f7 secara berulang ulang hingga muncul tampilan safe mode, repair dan lainnya. Anda pilih menu Repair > System Restore lalu ikuti langkah langkah yang diarahkan mereka. Atau jika anda tidak paham, silahkan anda bawa laptop tersebut ke service terdekat.

memperbaiki laptop hang ini dapat berfungsi pada windows 7, windows 8/8.1 hingga windows 10 laptop anda baik 32 bit hingga 64 bit. Untuk itu, cukup sampai disini dulu pembahasan saya mengenai cara menangani laptop hang, semoga artikel yang saya bagikan ini dapat bermanfaat bagi anda. Sekian dan berjumpa pada artikel lainnya.
Previous
« Prev Post

Related Posts

Mei 14, 2018

1 komentar:

Edi Sucipto mengatakan...

Hirens 2018 New Generation Support HDD GPT!
cobain open source project rancangan ane mas bro >

IT Tools Pack Solution 2018 Rescue

(Tersedia Acronis 2018 + Norton Ghost + Minitool Partition Wizard Technician 9.1 + DLL)

#SalamSatuTeknologi

Posting Komentar