Cara Agar Laptop Tetap Hidup (Tidak Mati) Saat Ditutup Layar LID

Posted by Rifal on

Cara Agar Laptop Tetap Hidup (Tidak Mati) Saat Ditutup Layar LID - Pada umumnya, ketika kita menutup layar laptop kita, hal yang akan terjadi selanjutnya adalah laptop tersebut akan mati sejenak atau Sleep (Tidur). Dalam keadaan sleep, apapun proses yang sementara sedang berlangsung akan mati. Misalkan anda sedang memutar musik mp3, lalu laptop tersebut ditutup secara sengaja atau pun tidak sengaja, otomatis musik tersebut akan terhenti. Juga hal ini terjadi pada bluetooth yang sedang terkoneksi dengan speaker (salon) atau headphone wireless. Koneksi bluetooth tersebut akan putus secara otomatis sehingga musik pun akan terhenti.

Secara umum, semua cara supaya laptop tetap menyala saat ditutup tersebut sama caranya dengan merek beberapa laptop dan sistem operasi windows. Cara agar laptop tidak mati saat ditutup ini dapat anda lakukan pada laptop windows 7, 8/8.1 dan windows 10. Yang perlu anda lakukan adalah dengan mengatur dan mengubah setingan awal laptop tersebut. Yang tadinya saat laptop ditutup akan ter-sleep, akan anda ubah menjadi tidak terjadi apa apa. Pada percobaan ini telah berhasil saya lakukan di windows 8.1 Enterprise di laptop ASUS X441S. Untuk itu, dapat dikatakan bahwa trik supaya laptop tetap hidup walaupun ditutup layar ini adalah keberhasilannya 100%. Silahkan baca dan ikuti langkah langkah agar laptop tetap hidup saat layar ditutup.

Silahkan hidupkan laptop anda tersebut. Pada halaman awal, refresh terlebih dahulu agar tidak terjadi proses yang loading. Setelah itu, arahkan kursor kebagian simbol atau ikon Baterai. Klik kanan pada ikon tersebut lalu pilih "more power option" atau hanya "power option". Anda akan dibawa ke halaman baru, silahkan cari menu "Choose what closing the lid does". Menu tersebut pada umumnya terletak pada urutan keempat di samping kiri layar. Akan muncul kembali halaman baru, lihat pada bagian ketiga yaitu "When i close the lid", silahkan pilih option Do Nothing pada on battery. Maksudnya adalah saat laptop tidak di cas (charger atau mode isi baterai), kemudian anda menutup lidnya, yang terjadi adalah tidak terjadi apa apa. Namun berbeda untuk mode pengisian (charger), saat ditutup, laptop juga akan ikutan sleep. Untuk itu, pada bagian Plugged in, silahkan pilih option Do Nothing juga.


Sampai disini telah selesai, hal yang terakhir anda lakukan adalah dengan menekan button Save changes sehingga anda akan dikembalikan pada halaman sebelumnya. Dengan demikian, pengaturan yang anda lakukan telah berhasil. Silahkan anda putar musik baik itu di cas maupun tidak lalu lid laptopnya ditutup. Yang terjadi adalah musik tersebut tetap terputar walaupun telah ditutup, tidak seperti sebelumnya. Jika demikian, maka pengaturan agar laptop tetap menyala saat lid ditutup telah berhasil. Sekian pembahasan saya mengenai artikel yang sangat singkat ini, semoga dapat bermanfaat bagi anda. sekian.
Previous
« Prev Post

Related Posts

April 19, 2018

1 komentar:

Serizawa mengatakan...

Kami temukan satu blog yang menyalin seluruh konten Anda berikut linknya: https://www.ngeeneet.com/cara-semoga-laptop-tetap-hidup-tidak-mati-ketika-ditutup-layar-lid/

Sayangnya, bukan cuma Anda yang kena copas tapi beberapa blog lain termasuk punya saya (droidindo.com) juga kena copas oleh pemilik situs Ngeeneet.com, yang saya ketahui dan simpan data dari WhoIs pemiliknya berasal dari Nganjuk

Posting Komentar