Home » , » Cara Memberi Waktu Agar Laptop/Komputer Mati atau Shutdown Sendiri Otomatis

Cara Memberi Waktu Agar Laptop/Komputer Mati atau Shutdown Sendiri Otomatis

Cara Memberi Waktu Agar Laptop/Komputer Mati atau Shutdown Sendiri Otomatis - Mengatur waktu pada komputer atau laptop agar shutdown secara otomatis adalah hal yang sangat mudah. Ditemukan beragam alasan orang orang mengapa mereka memberi jadwal otomatis agar laptop mati secara tiba tiba sesuai dengan lama waktu yang ditentukan, dan alasan mereka itu masuk akan dan menguntungkan bagi anda sendiri.

Alasan saya memberi waktu otomatis agar laptop mati secara terjadwal yaitu agar tidaka boros baterai. Maksudnya adalah ketika saya ingin tidur, saya memutar musik yang banyak di komputer atau dilaptop hingga saya jatuh tidur. Nah, agar laptop tidak menyala ketika saya sedang tidur, maka saya memberi waktu, kira kira sejam dimulai waktu berputarnya musik, laptop pun mati secara otomatis Keren bukan? Anda ingin mencobanya? Caranya sangatlah mudah!

Alasan lainnya mungkin adalah karena laptop anda tidak ingin dipakai lama lama oleh orang lain, tidak tela gitu. Nah, saya memberi waktu kepada mereka agar laptop tersebut dipakai hanya dalam jangka beberapa menit atau jam saja. Jadi dalam waktu yang telah saya tentukan, laptop yang mereka pinjam itu akan mati tanpa bisa dicegah mereka. Kecuali mereka dapat membatalkannya dengan suatu metode. Ketika laptop telah mati, berarti waktu yang dikasih buat pinjam laptop telah berakhir sehingga anda bisa mengambil laptop yang mereka pinjam tersebut. hahahaha... Hal ini bisa anda lakukan untuk melakukan pengaturan waktu bagi pengguna Warnet yang menyewa komputer untuk jangka waktu tertentu.

Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa langkah langkah agar laptop mati secara otomatis sesuai dengan waktu yang kita telah atur adalah sangat mudah! Anda hanya perlu menggunakan tool yang telah tersedia di laptop tersebut. Tool tersebut bernama Command Prompt, atau orang orang mengenalnya dengan sebutan CMD. Jika anda memperdalami perintah perintah pada CMD, maka anda akan menemukan hal hal yang menakjubkan atas kemampuan CMD tersebut. Berikut ini cara memberi waktu otomatis agar laptop shutdown.

Hal yang pertama kali adalah dengan membuka Tool Command Prompt atau CMD yang memang sudah ada di laptop maupun komputer anda sejak dibelinya perangkat tersebut. Untuk cara membukanya, saya telah post artikel mengenai Cara Buka CMD di laptop. Ketika anda telah berada pada tool CMD, maka silahkan ketikkan perintah shutdown /s /t 3600 lalu enter. 3600 itu adalah waktu dalam detik yang artinya selama sejam komputer atau laptop tersebut akan mati secara otomatis, anda bisa mengatur lamanya disitu. Bisa diganti dengan waktu detik sesuai keinginan. Akan ada pemberitahuan seperti pada gambar dibawah yang artinya anda telah sukses mengatur waktu.



Gambar diatas menyatakan bahwa Laptop windows anda akan di shutdown atau dimatikan secara otomatis pada 60 menit yang akan datang. Namun jika anda ingin melakukan pembatalan pada shutdown otomatis, anda cukup kembali membuka CMD tersebut kemudian ketikkan perintah shutdown -a lalu enter. Akan ada pemberitahuan bahwa log off dibatalkan, berarti pembatalan mati otomatis laptop berhasil! Cara ini bisa diterapkan bagi orang orang yang memakai shutdown otomatis kepada laptop yang sedang anda pinjam. Mudah bukan cara pembatalan log off otomatis?

Trik mengatur timer shutdown otomatis dan membatalkannya ini dapat berfungsi pada komputer atau laptop windows anda, baik itu windows NT, XP, Vista, Windows 7, Windows 8/8.1 dan Windows 10. Dan pada percobaan yang saya lakukan, berhasil pada Laptop ASUS X441S Windows 8.1 Pro, 64-bit. Jadi sekian langkah langkah mengatur jadwal non aktif laptop, semoga dapat membantu anda.

0 komentar:

Post a Comment