Cara Menghentikan Program/Aplikasi/Game yang Not Responding di Laptop

Posted by Rifal on

Cara Menutup aplikasi yang not responding atau crash di komputer windows - Seperti yang kita ketahui bersama, bahwasanya ada beberapa hal yang nantinya akan kita dapatkan permasalahan pada sebuah laptop maupun komputer anda. Paling sering yang terjadi adalah not responding, atau sebuah program di perangkat anda tidak merespon, bahkan terjadi crash atau error. Namun sebelum anda terjun untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi komputer yang not responding itu, ada baiknya anda saya ajak untuk mengetahui sampai kenapa atau alasan mengapa terjadi not responding tersebut.

Salah satu penyebab sebuah program atau aplikasi yang not responding di perangkat pc anda adalah karena banyaknya program, software atau aplikasi yang terbuka secara bersamaan. Bahkan ada beberapa program yang berjalan secara otomatis sejak perangkat anda di aktifkan. Untuk melihat program program tersebut, anda dapat membaca artikel saya yang berjudul Melihat Aplikasi Yang berjalan secara otomatis, di link sana sudah ada pembahasannya.

Kemudian juga, biasanya program yang not responding tersebut diakibatkan karena anda ketika pertama kali menghidupkan komputernya, tidak melakukan refresh halaman dulu. Maka saran saya, lakukan refresh halaman dulu dengan cara klik kanan, lalu pilih refresh. Penyebab lainnya yaitu program tersebut telah berjalan terlalu lama, jadi saran saya lagi kepada anda silahkan anda restart kembali aplikasi anda, bisa dengan cara menutup aplikasinya, lalu membukanya kembali.

Biasanya juga seperti aplikasi atau game yang anda mainkan di pause lama, kemudian ditinggakan sehingga layar perangkat anda mati, sleep atau off secara otomatis, dan ketika dihidupkan kembali, maka aplikasi tersebut akan loading dan not responding. bahkan ketika membuka folder atau file saja akan sangat loading walaupun telah di refresh. Untuk mengatasinya, silahkan matikan/shutdown pc anda secara benar dan sesuai prosedur. setelah dipastikan sudah mati sepenuhnya, silahkan anda hidupkan kembali lalu refresh.


Not Responding di Laptop
Jadi secara keseluruhan, ketika program yang anda jalankan terjadi not responding, maka yang anda lakukan menutup aplikasinya, refresh lalu menghidupkan kembali aplikasinya. Atau langkah yang paling manjur adalah dengan merestart kembali komputer anda. Namun bagaimana jika crash atau not responding yang terjadi di pc saya sangat parah hingga cursor saja tidak bisa mengerjakan perintah kliknya? Yang anda lakukan adalah menunggu program tersebut mati sendiri, karena biasanya secara otomatis koomputer atau laptop anda akan mematikannya sendiri untuk anda.

Yang anda lakukan kemudian adalah membuka task manager yaitu dengan cara menekan tombol ctrl + alt + del secara bersamaan lalu pilih task manager. Atau langsung menekan tombol ctrl + shift + esc. Lihat aplikasi yang not responding disana lalu matikan dengan klik kanan pilih end task. secara otomatis aplikasi tersebut akan menutup dengan sendirinya.

Dan untuk sekedar info buat anda, cara ini berhasil dilakukan pada beragam jenis sistem windows seperi windows 7, windows 8/8.1, windows 10 dan lainnya. Dan sebagai contoh kasus, saya menguji cobanya pada laptop asus x441s saya dengan sistem windows 8.1 pro. Jadi cukup sampai disini dulu pembahasan saya mengenai cara menghentikan program/aplikasi yang not responding di laptop, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.
Previous
« Prev Post

Related Posts

November 26, 2017

0 komentar:

Posting Komentar