Cara Mudah Membuat File ISO Dari CD atau DVD ROM

Posted by Rifal on

Cara membuat sendiri file ISO di CD - Sebelum kita melangkah pada cara pembuatannya, ada baiknya anda saya ajak untuk mengetahui apa itu yang dimaksud dengan file ISO dan fungsinya terlebih dahulu. File ISO adalah sebuah file yang biasanya berekstensi .iso dan untuk membacanya perlu di burning dengan menggunakan CD atau DVD ROM. Fungsi dari ISO in adalah bisa digunakan untuk membackup data.

Sebenarnya anda juga bisa membuat file ISO dengan menggunakan berbagai software yang bertebaran di internet dan bisa didapatkan secara gratis dan berbayar. Beberapa software yang dapat anda gunakan adalah software PowerISO, UltraISO, Nero dan bahkan bisa menggunakan WinRAR. Namun pada kesempatan kali ini saya akan menggunakan sebuah CD dan sebuah software yang sangat powerfull yaitu UltraISO yang dapat anda download di internet. setelahnya anda install software tersebut agar dapat digunakan.



Untuk langkah pertama yang anda harus lakukan adalah dengan mendownload software UltraISO Premium 9.35 + Serial Key. Lalu anda install seperti biasa. Pada UltraISO yang telah di install tersebut, akan muncul pesan welcome lalu masukan Registration Code lalu buka file serial untuk bisa mengisinya. silahkan Anda buka UltraISOnya dan klik Tools agar dapat membuka pilihan menu.

Di menu tersebut akan ditampilkan beberapa pilihan menu yang dapat kita pilih salah satunya. untuk menu CD/DVD adalah drive yang akan diconvert menjadi file ISO, misalkan kita ambil sebagai contoh pilih F. Pada Read Option, anda checklist aja Enable ISO Volume Filter. Outpun FileName dapat anda ini dengan nama file ISO dari hasil convert. Sedangkan pada Output Format terdapat beberapa pilihan seperti Standar ISO (.ISO), BIN (.BIN/.CUE), Nero (.NRG), Compressed ISO (.ISZ), Alcohol (.MDF/.MD5) dan CloneCD (.IMG/.CCD/.SUB). anda dapat memilih salah satu, terserah. kalau saya akan memilih yang standarnya saja biar mudah dikenal yaitu .ISO.

Untuk langkah terakhir ialah anda silahkan pilih make CD atau DVD image. atau yang apling cepat anda tekan saja shortcut berupa tombol F8 dan klik button Make. Silahkan tunggu hingga prosesnya selesai. Gampang bukan? Dan cara ini dapat anda gunakan pada windows XP, Windows 7, Windows 8 dan 8.1, serta Windows 10 serta komputer atau pc/laptop yang bisa digunakan untuk membuat file .ISO

Bagaimana, mudah bukan membuat file .ISO yang saya sediakan ini? semoga artikel Trik Membuat File .iso dengan mudah ini dapat membantu anda yang sedang mengalami kendala terhadapnya. semoga bermanfaat bagi anda. sekian...
Previous
« Prev Post

Related Posts

Oktober 02, 2017

0 komentar:

Posting Komentar