Cara Merubah Warna Huruf (Font Color) dan Warna Latar (Bacground Color) CMD/Command Prompt

Posted by Rifal on

Cara Mengganti Warna Warna Font dan Bacground CMD - Sebelumnya saya telah memberikan kepada anda sebuah artikel dengan judul Pengertian dan Fungsi CMD. Dan kali ini, kita akan membahas tetap mengenai tema CMD yaitu bagaimana sih mengganti warna CMD baik itu warna huruf dan warna latar. Dan pada artikel ini akan saya bahas dengan secara ringkas namun rinci agar anda dapat memahami langkah langkah yang saya berikan ini. Juga anda ikuti langkah yang saya berikan demi keberhasilan. Dan cara ini bisa diterapkan pada windows 7, windows 8/8.1, windows 10, dan windows XP.

Hal yang pertama anda lakukan adalah dengan membuka CMD. Pasti pertama kali anda membukanya adalah warna Tulisan atau Font Color yang berwarna default yaitu Putih dan warna Background/latar yaitu hitam. Untuk dapat mengganti dengan warna yang kita inginkan adalah dengan mengarahkan cursor ke nama jendela pada tulisan biasanya C:\Windows\system32\cmd.exe. Atau sedikit mirip dengan nama (lokasi) cmd itu. pokoknya dibagian atas aplikasi CMD.

Setelahnya, anda dapat mengklik kanan sehingga akan muncul beberapa pilihan menu seperti Move, Size, Minimize, dan lain sebagainya. Lihat pada menu bagian bawah yaitu Properties. Anda klik menu properties tersebut sehingga akan muncul "C:\Windows\system32\cmd.exe" Properties dimana disana terdapat pilihan beberapa menu berupa Options, Font, Layout dan Colors. Disini karena kita ingin mengganti warna, maka sudah jelas menu yang kita pilih adalah menu Colors.

Pada bagian menu Colors, ada beberapa option yang dapat kita atur yaitu Screen Text, Screen Bacground, Popup Text dan Popup Bacground. Pertama kita ingin mengganti warna dari tulisan yang tampil pada CMD, maka kita memilih option Screen Text lalu pilih warna yang ada tersedia di bagian atas Select Screen Colors. Contoh pada saya adalah Screen Text berwarna Green atau Hijau. maka Previewnya akan muncul dibagian bawahnya.

Kemudian tujuan kita selanjutnya adalah mengganti warna bacground dari tampilan CMD kita. maka option yang kita pilih adalah Screen Bacground. Silahkan pilih saja lagi warna yang anda inginkan pada warna latar. kalau saya mengambil warna latar yaitu Biru tua. Tampilan Previewnya pun akan muncul dibawah. Jika sudah merasa pas, maka silahkan klik tombol OK dan selamat.... tampilan warna dari CMD anda telah berubah!



Bagaimana dengan Popup Text dan Popup Bacground? Tidak terlalu berpengaruh dalam trik ini. Namun ada baiknya anda menyeting warna Popup Text sama dengan warna dari Screen Text sedangkan Popup Bacground sama dengan warna pada Screen Bacground dan silahkan klik OK. Dan bagaimanakah jika kita menutup kemudian membuka CMD tersebut? jawabannya adalah pengaturannya tetap berjalan. Bagaimana, mudah bukan cara mengganti colour dari CMD tersebut? Jika demikian, sampai disini dulu artikel yang saya bagikan ini, semoga bermanfaat bagi anda.
Previous
« Prev Post

Related Posts

Oktober 17, 2017

0 komentar:

Posting Komentar