Home » » Cara Menambah/Membagi Partisi Hardisk Komputer dan Laptop Windows

Cara Menambah/Membagi Partisi Hardisk Komputer dan Laptop Windows

Cara mudah menambah partisi hardisk pc - Saat anda membeli komputer atau pc/laptop, biasanya dari pihak tokonya menyetel partisi perangkat yang akan anda beli itu sebanyak dua partisi. Juga biasanya saat anda membeli perangkat tersebut, anda tidak melihat dulu spesifikasi partisinya. Menurut saya, pembagian partisi sangat penting dalam beberapa fungsi dan tugas. Juga kadang memudahkan dan membuat saya merasa nyaman menggunakan laptop sendiri.

Tujuan untuk membagi partisi pada laptop saya adalah bukan untuk tujuan gaya gayaan, selebih tujuannya seperti yang telah saya tulis diatas. Juga kita juga dapat membagi bagi data sesuai dengan keinginan kita. Anda yang membaca artikel ini juga memiliki pemikiran dengan saya. Kita dapat membagi partisi yang tadinya hanya dua, bisa kita ubah menjadi empat atau lebih. Caranya pun sangat mudah, bahkan pemula pun dapat melakukannya dengan mengikuti langkah langkah yang akan saya tulisakan dibawah ini.

Sebelumnya, saya hanya memberitahukan kepada anda bahwa cara ini dapat dilakukan di berbagai jenis windows baik itu windows xp, windows 7, windows 8/8.1 maupun windows 10. Mungkin anda hanya akan mendapatkan beberapa perbedaan seperti tata letak fitur yang memang sudah tersedia. Tapi selebihnya, cara yang saya bagikan ini dapat anda terapkan di berbagai jenis windows yang telah saya sebutkan diatas.

Langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan pergi ke my computer dan sorot lalu klik kanan. Atau jika anda menggunakan windows 8/8.1 ketika mengetikan my computer pada kolom pencarian, akan muncul This PC. Klik kanan pada This Pc lalu pilih Manage sehingga beberapa detik kemudian akan muncul tampilan Computer Management. Dibagian sebelah kiri,lihat menu Storage dan klik Disk Management dibawahnya.

Pada langkah selanjutnya, anda tinggal pilih partisi mana yang ingin dibagi. Misalkan partisi D:, klik kanan lalu pilih Shrink Volume dan silahkan anda atur kapasitas yang ingin anda bagi lalu Shrink jika sudah cocok maka partisi akan dibagi. Silahkan tunggu hingga prosesnya selesai. jika anda mendapatkan permintaan, maka anda tinggal klik next next aja terus hingga bertemu dengan pemberitahuan finish yang artinya partisi telah terbagi! selamat! Anda dapat mengecek berapa jumlah partisinya langsung.



Demikianlah cara mudah yang saya berikan kepada anda. Cara membagi partisi ini tanpa menggunakan software/aplikasi sehingga sangat mudah dan aman untuk anda praktekan. Sekian pembahasan saya mengenai trik dan tips membagi partisi dengan cepat, semoga bermanfaat bagi anda. sekiaan.

0 komentar:

Post a Comment