Cara Mempercepat Kinerja PC/Laptop dan Komputer yang Lemot/Loading

Posted by Rifal on

Mempercepat Laptop yang loading - Kadangkala kita merasa terganggu jika disaat kita menggunakan laptop maupun komputer kita tiba tiba terjadi loading pada laptop tersebut. bahkan yang paling parah adalah crash dan not responding, ini sangat menjengkelkan dan memperlambat kinerja anda juga. Nah, demikanlah anda harus bisa mengatasi laptop atau perangkat itu menjadi cepat dan tidak mengganggu kinerja anda.

Ada banyak alasan yang dapat menyebabkan proses pada perangkat anda loading, misalkan saja pertama kali anda menghidupkan laptop lalu tanpa di refresh anda langsung menggunakan laptop tersebut sehingga kadang program yang berjalan jadi tersendat sendat karena not responding. Maka saran saya adalah sebelum menggunakan laptop maupun komputer, silahkan di refresh dulu biar ga loading.



Atau pun salah satu alasan lainnya yaitu banyaknya sebuah program baik itu software maupun aplikasi yang terbuka dan berjalan dalam satu waktu. Mengapa bisa menjadi loading? karena sumber daya dalam laptop atau perangkat itu terbagi bagi kedalam banyak program sehingga program program yang beralan tersebut hanya mendapatkan sumber daya yang sedikit. Maka ada baiknya anda mematikan atau menutup aplikasi yang berjalan dan sudah tidak digunakan lagi.

Kemudian, diperangkat anda baik itu laptop dan komputer sudah terjangkiti virus, worm, malware juga spyware. beberapa virus dapat membuat kinerja perangkat anda menjadi lambat sehingga diperlukan untuk menghapus virus atau program jahat tersebut. sedangkan saat ini untuk menghapus berbagai virus tersebut sudah dibantu dengan banyaknya software antivirus yang beredar di internet dan ampuh untuk membasmi program jahat di laptopmu dalam sekali klik. bahkan ada yang otomatis.

Dengan memaksimalkan kinerja hardisk juga sangat penting untuk anda lakukan. Caranya adalah dengan menguninstall dan menghapus aplikasi atau file/folder yang tidak penting dan tidak digunakan lagi. Ataupun anda bisa menguprgrade RAM perangkat anda. Juga hal ini menghindari agar laptop anda tidak mudah rusak. atau pada Bad sector, maka anda harus mengecek bad sector didalam hardisk anda jika ada yang error. anda hanya tinggal mengatasinya dengan tool error checking utility dengan begitu perangkat anda tidak akan loading lagi.

Atau kadang juga anda bisa mematikan sejenak antivirus yang ada di perangkat anda. Perlu anda ketahui bahwasanya antivirus itu berjalan secara realtime yang artinya tanpa anda buka, antivirus tetap akan menscan dan mencari deteksi file yang terinfeksi. Jadi jika anda ingin, maka anda bisa mematikan sementara waktu hanya sampai restart. antivirus yang mendukung fitur ini salah satunya adalah SMADAV.

Ataupun anda dapat mengecek windows update (jika pakai sistem windows) di laptop atau komputer anda. Ada beberapa program atau fitur yang kadang disarankan secara otomatis oleh Windows untuk di update agar tidak terjadi hal hal yang tidak di inginkan. Anda tinggal mengkoneksikan perangkat anda dengan internet dan silahkan unduh apa yang di sarankan tersebut.

Dengan melakukan beberapa tips yang saya sebutkan diatas, semoga pc atau laptop anda tidak akan crash dan loading loading lagi dan dapat mempercepat kinerjanya. Sekian artikel singkat saya mengenai Tips Mempercepat Kerja Komputer, semoga bermanfaat. sekian.
Previous
« Prev Post

Related Posts

Oktober 05, 2017

0 komentar:

Posting Komentar