Cara Mematikan Aplikasi yang Terbuka Berjalan Otomatis saat Laptop Dihidupkan

Posted by Rifal on

Cara Mematikan Aplikasi yang Terbuka Berjalan Otomatis saat Laptop Dihidupkan - Kadangkala atau seringkali, setiap kali kita membuka lalu menghidupkan laptop atau komputer kita, muncul sebuah aplikasi yang terbuka dan berjalan secara otomatis tanpa kita hidupkan secara manual. Hal ini sedikit berpengaruh pada saat proses tampilan awal layar laptop anda, misalkan laptop sedikit lebih loading.

Contoh software atau aplikasi yang hidup sendiri saat laptop pertama kali menyala adalah Antivirus SMADAV, Internet Download Manager (IDM), WebcamRecorder, Chromium dan Lain sebainya. Kenapa bisa demikian? Karena aplikasi ini sudah mempunyai program atau diprogram untuk dapat melakukan Startup secara otomatis sejak pc pertama kali dinyalakan. Hal ini berlaku pada Windows 8.1 Milik saya yang saat ini dipakai.

Lalu, bagaimana cara untuk menonaktifkan program tersebut? sangat gampang! Bahkan anda sudah tidak usah lagi download software yang aneh aneh. Cara ini support sama Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10 dan kemungkinan support sama Windows XP (karena saya belum pernah mencobanya pada jenis wondows tersebut). Untuk langkah langkahnya, dapat anda baca selengkapnya dibawah ini:

Hal yang pertama kali anda lakukan adalah dengan merefresh dulu laptop anda beberapa kali. setelah dirasa cukup, silahkan anda tekan tombol shortcut berupa tombol windows dan R secara bersamaan sehingga akan muncul kotak run disebelah kiri bawah layar monitor anda. Nah, di kotak itu silahkan ketik msconfig lalu enter sehingga lagi akan muncul tab system configuration. Akan ada beberapa pilihan menu seperti General, Boot, Services, Startup, dan Tools. Silahkan anda pilih saja Startup lalu klik Open Task Manager.

Akan muncul tab Task Manager dan langsung diarahkan ke menu Startup. Akan terlihat disana dibagian Status program atau aplikasi dan software yang akan hidup secara otomatis  dengan status Enable. misalkan dibagian Chromium, saya klik kanan pada status Enablenya dan memilih Disable. Hal yang sama pun berlaku pada aplikasi seperti Webcame Recorder, Chromium dan Aplikasi antivirus Smadav. Dengan demikian aplikasi dan program tadi akan mati dan tidak akan berjalan otomatis ketika pertama kalinya kita menghidupkan laptop dan komputer kita.



Cara lain pun hampir sama. kita hanya perlu menekan tombol Ctrl + Shift + Esc secara bersamaan sehingga akan muncul tab Task Manager juga. Silahkan anda pilih pada bagian menu Startup dan langkah selanjutnya sama dengan cara pertama yang saya berikan kepada anda diatas tadi. Dan untuk mengetes apa programnya sudah tidak berjalan lagi adalah dengan merestart atau menghidupkan kembali komputer dan laptop anda.

Kadang kala ada ada satu aplikasi yang walaupun sudah kita atur seperti langkah yang saya berikan, tetap akan berjalan. Misalkan saja aplikasi Smadav. Saya telah mencobanya. dan untuk mematikannya, berarti anda harus menghentikan atau menonaktifkan antivirus tersebut. tapi saran saya tidak usah dimatikan agar komputer dan laptop anda tetap aman dari berbagai program jahat yang akan menyerang perangkat anda.

Sekian pembahasan saya mengenai cara menghentikan aplikasi yang berjalan otomatis ketika pertama kali laptop di hidupkan, semoga artikel yang saya bagikan ini dapat mengatasi permasalahan anda. sekian...
Previous
« Prev Post

Related Posts

Oktober 09, 2017

0 komentar:

Posting Komentar