Cara Melihat dan Mengetahui Program/Aplikasi yang Berjalan otomatis di Laptop dan Komputer Windows

Posted by Rifal on

Melihat Program yang berjalan otomatis Di Laptop - Seperti yang kita ketahui, bahwasanya program aplikasi menurut saya terdiri atas dua tipe , yang pertama adalah program yang berjalan secara otomatis sejak perangkat kita dihidupkan kemudian program yang secara manual kita hidupkan. Dalam sistem operasi kita pernah mendengar istilah kernel. Mungkin bagi anak informatika (prodi Sistem Operasi) sudah khatam dengan istilah kernel tersebut. Kernel ini adalah perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sistem operasi dan bertugas melayani berbagai program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer secara aman.

Nah, pada program yang berjalan secara otomatis ini ada yang membantu komputer atau laptop anda, ada pula yang menghambat kinerja komputer kita. Misalkan saja membuat komputer kita menjadi loading. Biasanya yang membuat loading itu adalah program program dari sebuah aplikasi atau game yang kita tambahkan dan install di komputer kita dan bukan yang berada langsung di komputer kita karena program yang ada di komputer kita adalah program program penting. hanya program tambahan itu yang tidak penting.

Bagaimana cara mengetahui suatu program yang berjalan otomatis pada windows? sangat gampang! bahkan tidak perlu repot repot lagi mengutak ngatik komputer anda. cukup lakukan langkah langkah yang saya berikan kepada anda. Kira kira ada dua cara mudah yang saya berikan dan tentunya dapat anda terapkan di windows 7, windows 8/8.1 maupun windows 10 di berbagai jenis komputer sobat. Kalau yang saat ini saya gunakan adalah laptop ASUS X441S dengan sistem windows 8.1. Selamat mencoba cara dibawah ini :

Cara pertama yang anda lakukan adalah dengan menarik kursor anda ke samping kanan sudut bawah layar laptop atau komputer anda. lihat di bagian show hidden icons. Anda akan melihat beberapa program yang berjalan di laptop anda. Kalau pada laptop saya, yang terlihat adalah adalah aplikasi seperti antivirus dan Action center. tergantung jenis aplikasi yang saya buka. kadang kalau kita buka aplikasi IDM, maka iconnya akan muncul. atau pun bluestack, walaupun aplikasi bluestack di tutup, namun programnya masih berjalan. inilah yang membuat loading perangkat anda.



Atau cara kedua adalah dengan menekan tombo ctrl + shift + esc secara bersamaan di keyboard laptop anda. akan muncul program Task Manager dan menu Processes yang memperlihatkan beberapa aplikasi dan program yang berjalan saat ini beserta penggunaan CPU, Memory, Disk dan Network (jika menggunakan jaringan) yang digunakan aplikasi tersebut pada waktu itu. Lihat khususnya pada penggunaan CPU dan Memory yang setiap detiknya berubah ubah besar pemakaiannya setiap detik.

Atau ketika kita buka pada menu Details, maka lebih rumit lagi. disana kita akan melihat sekumpulan program berupa nama program, PIDnya, status, username, CPU, memory dan descriptionnya. khususnya pada bagian statusnya yang memperlihatkan Running pada semua nama program yang artinya sebanyak itulah program yang saat itu berjalan di komputer anda. anda bisa menghentikannya dengan mengklik kanan pada statusnya itu lalu pilih end task. Namun hati hati salah mematikan program yang penting loh..

Serta pada menu Services paling terakhir akan memperlihatkan juga beberapa program yang statusnya sedang berjalan dan juga berhenti. Di laptop saya memperlihatkan program Wsearch sedang berjalan dan WMPNetwork Svc dan wmi ApSrv sedang berhenti. seperti yang saya katakan di awal, anda jangan ceroboh menghentikan program yang saat itu berjalan ya? mungkin saja itu program penting yang menopang kehidupan laptop dan komputer anda. bisa bisa komputer anda tinggal jenazahnya saja. heheheh



Jadi bagaimana? mudah bukan cara mengetahui program yang berjalan secara otomatis di laptop anda? Jadi semoga anda bisa mengikuti cara cara yang saya berikan ini. Sekian artikel saya pada saat ini, semoga dapat bermanfaat bagi anda. selamat mencoba dan semoga berhasil. terimakasih telah membaca artikel saya kali ini.......
Previous
« Prev Post

Related Posts

Oktober 30, 2017

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Sudah sy coba dan berhasil..Terimakasih

Mr Dunggio mengatakan...

sama sama

Posting Komentar