Cara Cepat Melihat Semua Folder di Dalam Laptop dengan CMD

Posted by Rifal on

Melihat direktori laptop atau komputer kita via CMD - Pernahkan anda mencari cari sebuah folder yang berisi file file yang sangat penting dari beratus folder di laptop atau komputer kita? wah,,, pasti ribet bukan? kita harus mengecek folder satu satu dan kembali pun satu satu. Tentunya hal ini sangat ribet dan membutuhkan waktu yang sangat lama sehingga menunda nunda pekerjaan anda dan membuang waktu yang sangat banyak.

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mencari folder dengan cepat. Namun tidak terlalu rinci alur folder yang diberikannya. Sehingga saya sarankan anda untuk menggunakan cmd atau biasa yang anda lihat dengan nama Command Prompt yang memang sudah tersedia di laptop maupun komputer anda, baik itu windows 7, windows 8/8.1 hingga windows 10. Dan cara yang saya berikan ini dapat diterapkan disemua jenis komputer atau laptop kita yang berbasis windows.

Langkah pertama yang anda lakukan tentunya harus membuka aplikasi Command Prompt yang ada di laptop kita. Atau cara cepatnya adalah dengan menekan tombol Windows dan R secara bersamaan sehingga akan muncul kotak isian run dan anda harus mengetikan kata cmd di kotak tersebut lalu enter sehingga akan muncul aplikasi yang umumnya berwarna latar hitam dengan tulisan putih. Itulah yang dinamakan dengan CMD atau Command Prompt.

Misalkan folder yang anda cari ada di partisi C atau Local Disk, maka yang pertama anda ketik adalah cd c:\ lalu enter. kemudian ketik lagi tree sehingga pada akan muncul ratusan folder didalam partisi Local Disk itu. tentunya anda akan bilang "Woaaaaahhh....." ketika melihat banyak dan panjangnya jumlah folder di C: itu.

Atau misalkan anda mencari sebuah folder di Data Umum atau D:, maka yang anda harus ketikan adalah d: lalu tekan enter sehingga anda akan dibawa ke direktori D: tersebut. kemudian anda ketik tree lalu tekan enter sehingga semua folder di Data Umum akan terlihat beserta Alurnya yang dapat anda ikuti.

Atau misalkan pula anda mencari sebuah folder dalam partisi Data Khusus atau E:, maka yang anda harus ketikan lagi hanya e: lalu enter sehingga lagi akan dibawa ke partisi E: itu. silahkan ketikan lagi perintah tree lalu enter sehingga akan muncul lagi dan pada akhirnya anda akan diperlihatkan semua folder pada partisi E itu.



Kelemahan dari cara ini adalah ketika seluruh daftar folder sudah sangat banya, betul akan diperlihatkan, namun saat pengindeksan telah berhenti, list tersebut akan putus. tidak memperlihatkan semua folder yang diperlihatkan terdahulu. Bagaimana? mudah bukan cara mencari sebuah folder dengan cepat yang saya berikan dibawah ini? dengan demikian sekian sampai disini dulu pembahasan yang saya berikan kepada anda. semoga bermanfaat. sekian.
Previous
« Prev Post

Related Posts

Oktober 09, 2017

0 komentar:

Posting Komentar