Cara Menyembunyikan dan Mengunci File dan Folder di Notepad dan CMD

Posted by Rifal on

Cara Mudah Sembunyi File tanpa Software - Kadang anda mempunyai beberapa file yang sangat penting yang anda tidak ingin di perlihatkan kepada orang lain. Hanya untuk konsumsi peribadi saja. Misalkan jenis file yang anda tidak inginkan diperlihatkan adalah gambar, musik ataupun video maupun file file seperti documen MS Word atau Excel.

Sebenarnya untuk menyimpan dan menyembunyikan sebuah file adalah sangat mudah caranya! bahkan anda tidak perlu untuk menginstall apalagi membeli aplikasi yang harganya cukup mahal. Dengan trik ini, anda hanya perlu untuk mencopy atau menyalin sederentetan kode atau script yang saya sediakan dibawah ini. Silahkan di copy dengan cara block seperti biasanya.

cls@ECHO OFF
title Simple Folder Locker by MyRepairSolution
if EXIST "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" goto UNLOCK
if NOT EXIST Locker goto MDLOCKER
:CONFIRM
echo Anda yakin ingin mengunci dan menyembunyikan folder "LOCKER" ? (Ya / Tidak)
set/p "cho=>"
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==Ya goto LOCK
if %cho%==ya goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==tidak goto END
if %cho%==Tidak goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto LOCK
echo Invalid choice.
goto CONFIRM
:LOCK
ren Locker "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
attrib +h +s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
echo Folder locked
goto End
:UNLOCK
echo Masukkan password untuk membuka folder "LOCKER" ( case sensitive )
set/p "pass=>"
if NOT %pass%== MASUKAN PASSWORD ANDA DISINI goto FAIL
attrib -h -s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
ren "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" Locker
echo Folder Unlocked successfully
goto End
:FAIL
echo Invalid password
goto end
:MDLOCKER
md Locker
echo Locker created successfully
goto End
:End

Setelah anda salin script tersebut, silahkan anda buka aplikasi notepad yang sudah berada di pc atau komputer anda. Cari di All Programs atau langsung tekan tombol Win dan R secara bersamaan sehingga akan muncul kotak run dibawah sebelah kiri laman laptop anda. ketika tulisan Notepad lalu enter maka akan muncul teks editor notepad tersebut. Silahkan pastekan kode yang tadi anda copy di teks itu.

Setelah selesai di paste, silahkan edit kode itu dengan hanya mengganti tulisan MASUKAN PASSWORD ANDA DISINI dengan  Password yang anda inginkan. usahakan pasword yang mudah di ingat ya? setelahnya anda simpan dengan tekan ctrl dan S dan simpan dengan nama serta ekstensi .bat. misalkan Nama filenya adalah scripthiden dan ekstensi .bat maka secara keseluruhan namanya menjadi scripthiden.bat.

Setelah anda menyimpannya, maka lihat file tersebut di lokasi yang anda letakan tadi. akan muncul file dengan simbol gerigi dengan ukuran sekitar 2 kb. Klik aja file tersebut sehingga secara cepat akan terbuka dan tertutup kembali secara cepat juga. Namun akan muncul sebuah folder dengan nama Locker. Masukan File atau folder yang ingin anda sembunyikan di Folder Locker itu.

Jika sudah selesai, buka kembali file scripthiden anda tadi.  akan muncul kotak CMD yang meminta untuk diisikan. ketik ya lalu enter untuk menyembunyikan Folder Locker tadi. dan secara otomatis, scripthiden akan tertutup dan folder Locker langsung tersembunyi. Selamat!!!



Bagaimana untuk memunculkan kembali folder Locker yang tersembunyi tadi? sangat mudah! Anda hanya perlu untuk mengklik kembali file scripthiden tadi lalu masukan Password yang anda buat sebelumnya pada script sebelum disimpan kedalam CMD tyang muncul. klik enter, jika password benar, maka scripthiden akan tertutup dan folder Locker pun otomatis terlihat. jika salah, folder Locker tidak akan muncul.

Bagaimana jika kita lupa passwordnya? sangat gampang! di file scripthiden itu kita soroti lalu klik kanan dan edit. cari baris if NOT %pass%== BLABLABLA goto FAIL. lihat BLABLABLA adalah password yang anda lupakan itu. sangat mudah bukan? Nah, letak kelemahan aplikasinya ini disini. orang lain bisa mengakses password tersebut.

Bagaimana mengatasinya? silahkan salin kembali keseluruhan script di file scripthiden lalu pastekan ke Microsof Office dan simpan baik baik kodenya. sedangkan file scripthiden dapat kita hapus. mudah bukan?? ataupun bisa kita simpan di notepad tapi simpan menggunakan ekstensi .txt, bukan .bat.

Untuk memunculkan kembali ya buat kembali scripthiden (bisa dengan nama yang lain misalkan Scriptaku) dengan mencopy scriptnya dari MS Word yang anda simpan. file scripthiden tadi simpan di lokasi folder yang sama sebelum scripthiden yang asli di hapus. cara memunculkannya pun tetap sama.

Cara ini berhasil diberbagai jenis Windows. Yang saya praktekan ini dari Windows 8.1. dan menurut sumber Windows XP, Windows 7, Windows 8 dan Windows 10 support atau work dengan menggunakan program script sembunyi file ini. Dan mungkin untuk linux ada yang bilang tidak work, jadi sory. Namun anda dapat mencari infonya di blog lain.

Bagaimana? penjelasan yang saya berikan sudah cukup bukan? sekian pembahasan cara menyembunyikan file dan folder secara mudah, semoga artikel yang saya buat ini dapat bermanfaat bagi anda kedepannya dalam menjaga kerahasiaan suatu folder. salam hangat dari saya.
Previous
« Prev Post

Related Posts

September 14, 2017

0 komentar:

Posting Komentar