Cara Memperbesar atau Memperkecil Halaman Web di Browser

Posted by Rifal on



Mungkin anda pernah mengalami, ketika anda membuka sebuah website melalui browser anda baik itu Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Internet Explorer maupun Safari. Saya pun  pernah mengalami hal semacam ini saat membuka web facebook. Tampilan huruf dan lainnya yang sangat besar dari ukuran aslinya membuat saya tidak nyaman untuk membuka web. padahal pada halaman web selain facebook tampilannya normal normal saja.

Mengapa hal ini dapat terjadi? hal ini bisa saja terjadi saat anda sedang membuka sebuah halaman, katakanlah facebook dan mencoba coba menekan tombol tombol tertentu di keyboard dan parahnya anda tidak hingat lagi. Ini juga adalah pengalaman saya. Lalu bagaimana ini bisa diatasi? sangat gampang! bahkan hanya perlu menekan tombol shortcut yang akan saya bagikan kepada anda.

1. Untuk Windows

Jika anda pengguna windows, baik itu Windows XP, Windows 7, Windows 8 atau 8.1 maupun Windows 10 dan browser apa aja yang anda pakai, anda cukup perlu menekan aja tombol ctrl dan + bersamaan jika ingin memperbesar halaman. Sedangkan untuk memperkecil, anda cukup tekan kebalikannya yaitu ctrl dan -. Adapun untuk mengembalikan ke tampilan aslinya atau original, anda cukup tekan tombol ctrl dan 0. sangat mudah bukan? Atau anda dapat memakai fitur zoom in dan zoom out yang biasanya di fiturnya disediakan di beberapa browser.

2. Untuk Macs/Komputer Mac

Cara yang dipakai pada komputer Mac sama saja dengan komputer windows. Hanya saja tombolnya berbeda. jika pada windows itu tombolnya ctrl, maka pada komputer mac itu diganti dengan Apple. Misalkan untuk memperbesar halaman, tombol yang ditekan adalah Apple dan +, sedangkan untuk memperkecil halaman adalah tombol Apple dan -. sama saja dengan tampilan normal atau original yaitu Apple dan 0.

#. Untuk Browser Opera

Berbeda dengan browser Mozilla atau chrome, opera mempunyai shortcut tersendiri. tapi tidak terlalu beda beda amat. Shift dan + untuk memperbesar tampilan, Shift dan - Untuk memperkecil tampilan, sedangkan untuk mengembalikan ke tampilan awal atau original dapat anda gunakan CTRL dan 0 untuk windows atau Apple dan 0 untuk Komputer Mac.

Penting saya ingatkan bahwasanya pada beberapa jenis laptop mungkin cara ini tidak berfungsi dengan baik. jadi anda harus langsung kearah pengaturan yang ada di browser tersebut dan silahkan cari pengaturan tampilannya. atau seperti yang saya katakan sebelumnya, di beberapa browser sudah ada tersedia fitur zoom in/outnya.

Sekian pembahasan yang saya berikan kepada anda. semoga dapat memberikan kemudahan dalam kendala yang anda dapatkan. berjumpa lagi kita pada artikel selanjutnya yang akan saya terbitkan. jadi pantengin terus blog ini setiap harinya. Sekian...
Previous
« Prev Post

Related Posts

September 12, 2017

0 komentar:

Posting Komentar