Cara Mengatasi The Hosted Network Couldn't be Started pada Jaringan Adhoc

Posted by Mr Dunggio on

How to Solve the Hosted Network couldn't be started on Adhoc network -- The Error has occured. The Hosted Network Couldn't be Started. The Group or Resource is not in the correct state to perform the requested operation - Tips dan Trik Memperbaiki adhoc network - Jaringan Adhoc sengaja dibuat disebuah pc atau komputer yang dapat digunakan untuk saling bertukar informasi berupa file. Juga adhoc ini dapat berfungsi sebagai pendukung router sehingga diperlukan routing protokol yang harus kita tanamkan pada jaringan adhoc tersebut. Secara garis besar, jaringan adhoc adalah salah satu jenis jaringan WLAN atau Wireless Local Area Network yang didalamnya terdapat sekumpulan node node yang dapat saling berkomunikasi antara satu sama lain.

Sebelumnya, saya telah memberikan penjelasan dan langkah langkah membuat sebuah jaringan adhoc di blog ini. Silahkan anda baca di artikel Cara Buat Jaringan Adhoc. Jika anda telah sukses membuat jaringan, maka selamat. Namun dibeberapa kasus banyak saya temui mendapat salah satu masalah yang cukup penting yaitu adanya pemberitahuan bahwa "The Error has occured. The Hosted Network Couldn't be Started. The Group or Resource is not in the correct state to perform the requested operation" saat kita ingin start jaringan adhoc tersebut dengan perintah "netsh wlan start hostednetwork". Masalah ini sebenarnya cukup sepele, namun bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara mengatasinya akan sedikit kebingungan.

Jika anda menemukan pemberitahuan atau peringatan "The Hosted Network Couldn't be Started", kemungkinan besar ada dua penyebabnya yaitu Drivernya belum terinstall atau tidak dinyalakannya (sedang dimatikan) Microsoft Hosted Network Virtual Adapter. Nah, disini saya akan membantu anda untuk memperbaiki dan mengatasi pemberitahuan tersebut. Anda dapat mengikuti langkah langkah yang saya berikan walaupun anda menggunakan sistem operasi windows XP, 7, 8/8.1 atau Windows 10. Langkah langkahnya sama, namun besar kemungkinan terletak pada perbedaan menu atau tampilang. Silahkah dicoba.

Cara yang pertama adalah menghidupkan Microsoft hosted Virtual adapternya yaitu dengan cara masuk ke kotak Run (tekan tombol Windows + R secara bersamaan). Dikotak yang muncul itu, ketikkan devmgmt.msc dan enter yang nantinya akan mask ke device manager. Setelah anda berhasil masuk ke Device Manager, klik tab View dan klik Show Hidden Devices. Langkah terakhir yaitu silahkan anda Expand Network Adapters. Silahkan cari Microsoft Hosted Virtual Adapter lalu klik kanan dan pilih Enable. Sampai disini anda telah berhasil menghidupkan adapter tersebut.

Cara yang kedua adalah dengan cara masuk ke Device Managernya yaitu Windows + R dan ketikkan devmgmt.msc dan enter. Silahkan Show Hidden devices juga lalu cari Driver Wireless anda di Network Adapter (langkah langkah dicara kedua sama dengan cara pertama). Misalkan contoh wireless di laptop anda adalah Realtek RTL8723BE Wireless Lan 802.11n PCI-E NIC lalu klik kanan pilih Properties. Akan muncul kotak baru, masuk ke tab Power Management dan centang kotak Allow the computer to turn off this device to save power. lalu klik OK. Silahkan tutup semua tab yang terbuka.

Anda harus melakukan kedua cara ini jika salah satu cara tidak dapat memperbaiki masalah yang ada. Silahkan anda coba kembali untuk menjalankan (start) adhoc melalui cmd dengan perintah yang sama yaitu netsh wlan start hostednetwork. Jika berhasil, maka akan ada pemberitahuan bahwa the hosted network started yang artinya hosted network anda telah berhasil. Selamat! kini jaringan adhoc anda telah hidup dan dapat difungsikan. Untuk itu, sampai disini pembahasan ringan saya mengenai langkah langkah Mengatasi The Hosted Network Couldn't be Started pada Jaringan Adhoc, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. Jika masih mengalami kebingungan, silahkan bertanya langsung dikolom komentar yang dibuka di blog ini. Sekian...
Previous
« Prev Post

Related Posts

Monday, November 12, 2018

0 komentar:

Post a Comment