Cara Membuat Jaringan WiFi Adhoc di Windows 7, 8/8.1 dan 10

Posted by Mr Dunggio on

Bagaimana cara mudah dan cepat membuat jaringan adhoc di laptop, pc atau komputer kita? - Jawabannya sangatlah gampang. Akan dibahas di blog ini mengenai langkah langkah membuat jaringan adhoc bisa melalui CMD (Command Prompt) di laptop apa saja, misalkan asus, acer, lenovo, hp, dan pc bersistem operasi windows lainnya. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa wifi adhoc ini dapat kita ciptakan langsung melalui perangkat yang ada pada kita. Nantinya adhoc tersebut akan sangat banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari sana. Jaringan Wireless Ad Hoc ini dapat berfungsi sebagai penghubung antara dua perangkat atau lebih sehingga setiap perangkat yang terhubung di satu jaringan adhoc dapat saling bertukar data dan informasi. Artinya, dengan menggunakan jaringan adhoc kita dapat saling transfer data antara perangkat satu dengan yang lain tanpa harus menggunakan kabel sebagai transmisinya.

Saat ini, masih banyak yang belum mengetahui fitur jaringan adhoc ini sehingga mereka tidak tau fungsi dan kegunaan serta cara menggunakan jaringan adhoc. Banyak sekali fungsi dan keunggulannya, misalkan lebih praktis dalam segi jaringan, anda tidak lagi membutuhkan biaya yang besar, mudah dalam konfigurasi dan pengaturan, serta mudah digunakan. Namun perlu anda ketahui bahwa jumlah perangkat yang dapat saling terhubung dalam satu jaringan adhoc sangatlah terbatas dan juga kecepatan transfer file yang sedikit lebih lambat. Namun jika anda hanya ingin saling transfer file yang berukuran kecil, sangatlah tepat menggunakan adhoc. Untuk itu, silahkan baca tips dan trik cepat membuat jaringan adhoc di pc windows kita.

1. Windows 7
Untuk generasi windows 7 hingga kebawah (NT, XP, dll), juga support untuk membuat jaringan adhoc melalui CMD (bisa ikuti langkahnya pada windows 8). Ada langkah langkah lain berupa fitur yang harus anda buka. Yang pertama kali adalah anda klik Start lalu masuk ke Control Panel dan pilih Network And Internet lalu masuk ke Network Anda Sharing Center. Ditampilang layar itu, anda klik saja Set up a new connection or network lalu pilih Manually Connect to a wireless network. Dilangkah selanjutnya, anda tinggal mengatur konfigurasi adhoc tersebut misalkan pada Adhoc name isi dengan nama adhoc anda (nantinya akan menjadi SSID anda). Kemudian pada Security type pilih saja No authentication (tanpa password) atau WPA2-Personal (dilindungi dengan password). Kolom Security key dapat anda isi dengan password. Silahkan klik tombol Next. Sampai disini anda akan mendapatkan pemberitahuan bahwa Adhoc siap digunakan. Silahkan anda connect untuk mengaktifkan jaringan.

2. Windows 8/8.1, 10 dan generasi penerusnya.
Untuk windows 8 keatas, anda sudah dapat dengan mudah membuat jaringan adhoc dengan bantuan dari CMD sehingga lebih praktis dan sangat mudah dan cepat. Hal yang pertama kali anda lakukan adalah dengan masuk ke CMD dengan mode Administrator (Run as Administrator). Silahkan ketikkan perintah ini di cmd kalian : netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=Nama-Jaringan-Anda key=Password-Anda . Misalkan netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=Mrdunggio key=123456789 lalu enter. Silahkan anda aktifkan (start) jaringan adhoc tersebut dengan mengetikkan perintah di CMD berupa : netsh wlan start hostednetwork sehingga akan muncul pemberitahuan The hosted network started yang artinya hosted network anda telah aktif. Silahkan anda koneksikan.

Jika anda menemukan pemberitahuan gagal seperti The hosted Network couldn't be started, silahkan pelajari artikel mengenai hal tersebut di link : The wireless local area network interface is powered down and doesn't support the requested operation atau juga di artikel The Error has occured. The Hosted Network Couldn't be Started. The Group or Resource is not in the correct state to perform the requested operation. Untuk itu, sampai disini saja pembahasan saya mengenai cara menghidupkan jaringan adhoc di laptop kita, semoga artikel yang singkat ini dapat bermanfaat bagi anda. sekian...
Previous
« Prev Post

Related Posts

Monday, November 12, 2018

0 komentar:

Post a Comment