Cara berbagi/kirim/transfer file lewat Jaringan Wifi Adhoc di Laptop win 7/8/8.1/10

Posted by Mr Dunggio on

Tips dan trik saling kirim file di pc dan komputer windows tanpa kabel dan USB - Pada umumnya, orang orang masih saling berbagi file, baik itu gambar, dokument, musik atau video dan lainnya dengan menggunakan kabel atau USB Flashdrive. Namun dengan semakin berkembangnya zaman, semakin pesat pula teknologi. Kita sudah tidak perlu lagi membutuhkan usb atau kabel karena dengan memanfaatkan teknologi seperti Wireless WiFi, kita sudah dapat saling bertukar file dengan mudah dan cepat tanpa harus susah susah copy paste dengan pindah colokkan USB. Hal ini sangatlah memudahkan bagi kita. Dan berbagi file menggunakan satu jaringan wifi adalah hal yang cukup keren untuk terlihat oleh teman teman anda yang belum mengetahui trik ini.

Berbagi file atau saling transfer data menggunakan berbagai jenis jaringan wifi. Anda bisa saja menggunakan mikrotik atau WPA. Disini saya akan memandu anda untuk menguasai bagaimana cara berbagi file dengan jaringan wifi yang kita ciptakan sendiri melalui PC atau laptop. Wifi ini kita kenal dengan AdHoc. Saya telah mempublikasikan mengenai Cara buat Jaringan WiFi Adhoc di blog ini. Silahkan anda pelajari terlebih dahulu di artikel tersebut melalui link atau tautan yang saya berikan tersebut. Keunggulan dari AdHoc ini adalah kita dapat membuatnya sendiri dengan sangat mudah, begitupun konfigurasi yang sangat mudah. Disini saya telah menganggap anda mengetahui bagaimana cara membuat jaringan wifi adhoc dan sudah dipastikan bahwa jaringan wifi adhoc yang anda buat sudah aktif.

Untuk langkah langkah baik itu di windows 7, windows 8/8.1 dan 10 saya rasa sama. Hanya saja sedikit berbeda di tampilan menunya. Jadi anda pengguna sistem operasi windows dapat mengikuti langkah langkah umum ini. Yang anda harus lakukan terlebih dahulu adalah mematikan windows firewall dikedua laptop atau perangkat anda. Jika anda belum mengetahui cara mematikan windows firewall, silahkan pelajari juga di artikel Cara Mematikan Windows Firewall. Tujuan dari langkah ini adalah agar tidak ada cegatan apa apa yang nantinya akan mengganggu proses transfer yang akan kita jalankan. Dan hal selanjutnya adalah silahkan koneksikan kedua laptop tersebut ke jaringan adhoc yang sudah anda buat tersebut.

Langkah selanjutnya adalah anda masuk ke Control Panel → Network and Internet → Network and Sharing Center → Change Advanced Sharing Settings yang biasa terletak disebelah kiri atas. Kemudian, silahkan anda masuk ke bagian All Networks (expand pilihan tersebut). Langkah berikutnya silahkan pindahkan bulatan hitam ke Turn off password protected sharing di Password protected sharing. Silahkan klik tombol Save changes. Saran saya, lakukan pengaturan ini dikedua laptop atau perangkat yang ingin disaling koneksikan.
Langkah yang paling penting terletak disini. Di perangkat atau pc yang akan anda transfer filenya, silahkan masuk ke folder/file yang ingin anda share. Klik kanan di folder → Share with → spesific people. Silahkan dikotak sharing, pilih Guest → tekan tombol Add lalu klik tombol Share. Anda akan diberitahukan bahwa folder sudah dishare dengan teks 'Your folder is shared'. Kini file dan folder yang ingin anda share sudah dapat dilihat oleh orang orang yang terhubung ke satu jaringan yang sama dengan anda. Silahkan buka di PC lain yang juga telah diatur untuk dapat saling sharing. Dari PC lain, kita buka Windows Explorer (logo folder) kemudian masuk ke Network. Disana anda akan melihat Nama perangkat PC yang mengijinkan folder sharing. Anda masuk saja ke nama PC yang anda sharing foldernya dan silahkan copy ke perangkat anda file/folder yang telah di sharing.

Bagaimana? Mudah bukan cara berbagi file atau folder dengan menggunakan koneksi jaringan wifi adhoc? Jika anda menggunakan kabel LAN pun akan sangat mudah dalam berbagi file dan folder. Langkah langkahnya pun sangat sama. Jadi, jika dalam artikel ini anda masih sementara mengalami kebingungan, silahkan bertanya langsung melalui kolom komentar yang sudah tersedia di blog ini. Untuk itu, sampai disini dulu pembahasan saya mengenai Cara share folder menggunakan wifi, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. Sekian..
Previous
« Prev Post

Related Posts

Wednesday, November 14, 2018

0 komentar:

Post a Comment