Cara Mengembalikan File yang dihapus Windows Defender win 10/8/8.1/7/XP

Posted by Mr Dunggio on

Tips dan Trik Restore (Izinkan) file aplikasi/software atau Program yang terhapus oleh Antivirus Windows Defender adalah artikel yang akan saya bagikan kepada anda. Seperti yang kita ketahui bahwasanya Windows Defender merupakan salah satu antivirus yang sangat powerfull untuk komputer atau laptop bersistem operasi windows dikarenakan keahliannya untuk mendeteksi file atau program yang berbahaya yang dapat merusak perangkat yang sementara kita gunakan.

Ketika kita memasukan USB Flashdisk ke port USB perangkat, atau mendownload file program dari Internet yang dicurigai berbahaya, maka secara otomatis Windows Defender akan meng-scan file program tersebut. Jika terbukti cukup berbaya, maka file tersebut akan secara otomatis dihapus. Biasanya terjadi juga ketika program yang di compress lalu kita extrack dimana terdapat program yang dikira terinveksi virus atau program berbahaya sehingga secara otomatis windows defender akan kembali menghapusnya. Hal ini pernah terjadi kepada saya ketika mendownload aplikasi keygen.

Tentu hal yang sangat menyebalkan ketika sudah susah susah kita mendownload program lalu tiba tiba terhapus, padahal program tersebut sangat kita butuhkan. Atau ketika kita ingin menginstall sebuah aplikasi, namun aplikasi tersebut tidak berjalan dengan baik dan ada beberapa fitur yang error yang disebabkan beberapa program aplikasi tersebut telah terhapus oleh Windows Defender. Tentu hal yang cukup mengesalkan bukan? Nah, pada artikel sebelumnya telah saya bahas mengenai Cara Mematikan SMADAV dan juga artikel Cara Disable Windows Defender yang dapat anda pelajari baik menggunakan laptop ASUS, Acer, HP, Lenovo atau laptop apapun yang bersistem operasi windows.

Hal yang pertama kali anda lakukan adalah dengan membuka terlebih dahulu windows Defender tersebut sehingga anda akan berada pada tampilan Home aplikasi. Silahkan pindah ke tab menu History lalu pindahkan bulatan ke All detected items yang artinya anda akan melihat segala program yang terdeteksi yang kiranya ingin anda izinkan berjalan diperangkat anda. Kemudian klik kotak View details sehingga anda akan akan diperlihatkan semua program yang dideteksi tersebut. Kini tinggal anda pilih pilih saja program yang anda ingin izinkan kembali. Pada program program tersebut akan terlihat Level berbahaya, Tanggal dideteksi, tindakan yang dilakukan serta metode deteksi. Anda perhatikan saja tanggal program yang bersamaan dengan program dihapus, itulah program anda.

Disini anda harus berhati hati saat membangkitkan program. Jangan sampai salah membangkitkan karena bisa saja program virus yang anda bangkitkan tersebut, bukan program yang anda inginkan. Pada kasus saya ini, tak ada program yang dapat saya contohkan melalui screenshot, namun alurnya sudah sesuai. Untuk mengizinkan program yang anda maksud, silahkan pilih program tersebut lalu tekan tombol Allow item seperti pada gambar yang saya berikan dibawah ini. Anda perhatikan angka dan tandah panah serta kotak (box) yang telah saya tandai.


Nah, jika file program sudah di izinkan, silahkan anda coba untuk kembali menginstall ulang aplikasi atau program yang didownload tadi. Jika berhasil, selamat! Namun jika tetap tidak bisa, maka kemungkinan besar anda salah membangkitkan program atau memang aplikasi tersebut tidak dapat disupport oleh laptop anda. Jika file terhapus saat berada didalam USB Flashdisk anda, jangan langsung dicopot. Lakukan langkah langkah diatas tersebut sambil tetap usb tercolok. Jika anda lepas, maka program atau file yang didalam flashdisk tersebut akan hilang dan tidak dapat dibangkitkan kembali.

Bagaimana, mudah bukan cara untuk mengembalikan kembali program yang terhapus oleh antivirus windows defender anda bukan? Saya rasa sampai disini dulu pembahasan saya mengenai cara restore atau izinkan program yang dihapus oleh windows defender. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. Namun jika anda masih mengalami kebingungan, silahkan bertanya langsung melalui kolom komentar pada artikel restore progra yang di delete oleh windows defender ini. Sekian...
Previous
« Prev Post

Related Posts

Monday, August 20, 2018

0 komentar:

Post a Comment