Cara Install (Menjalankan) Aplikasi/Game Android di Laptop

Posted by Rifal on

Cara mengistal aplikasi android apk di laptop - Seperti yang kita ketahui bersama bahwasanya smartphone rata rata bersistem operasi android (Linux) dimana file file aplikasi dan gamenya berekstensi .APK sedangkan rata rata laptop sekarang ini lebih memilih menggunakan sistem operasi windows dimana file aplikasi dan gamenya pun berekstensi .EXE sehingga baik kedua perangkat tersebut baik smartphone dan laptop memiliki perbedaan yang cukup jauh. Kita tidak bisa langsung mendownload aplikasi android di laptop kemudian langsung menjalankan aplikasi tersebut. Dijamin aplikasi atau game yang anda download tersebut tidak akan berjalan.

Pertanyaannya sekarang, apakah bisa kita menjalankan aplikasi atau game android di laptop kita? Pertanyaan yang cukup baik. kita tidak bisa menjalankan file android di laptop secara langsung seperti kita menjalankan file exe karena baik exe dan apk berbeda platform. Namun, kita bisa menjalankan file apk android tersebut di laptop dengan satu trik yang sekarang ini hampir dipakai oleh semua orang yang menjalankan apk di laptop mereka. Adapun triknya yaitu dengan menggunakan emulator. Apa sih yang dimaksud dengan emulator ini? bagaimana cara pakainya? Jika demikian, silahkan baca tutorial yang akan saya berikan dibawah ini mengenai Cara memasang aplikasi android di laptop.

Emulator merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk menjalankan aplikasi/game/program dari sistem operasi lain ke sistem operasi terpakai sehingga emulator terpakai pun harus mengikuti sistem operasi yang dipakai. Artinya jika kita menjalankan file apk dilaptop, maka emulator yang kita pakai adalah sejenis aplikasi pembantu yang berkekstensi .exe. Ada banyak sekali aplikasi emulator yang dibagikan secara gratis di internet. Semuanya memiliki kelebihan (keunggulan) dan kekurangan tersendiri. Penting untuk anda ketahui, bahwa aplikasi emulator ini cukup besar dan memakan daya RAM serta prosesor anda sehingga untuk laptop yang terbilang memiliki spesifikasi standar rendah akan berat menggunakan emulator ini. Telah saya publikasikan ragam aplikasi Emulator yang dapat anda pakai salah satunya pada artikel Emulator.

Sekarang kita akan masuk ke langkah langkah menginstall aplikasi android apk di laptop kita. Namun disini anda sudah harus memiliki satu aplikasi emulator, bisa bluestack atau koplayer. Saran saya gunakan saja koplayer biar lebih mudah. Saya telah menulis artikel tentang cara pemasangan koplayer pada laptop di artikel Koplayer. Penting untuk anda ingat agar laptop atau komputer dan pc yang sementara dipakai harus sudah terkoneksi dengan internet yang lancar. Gunakan WiFi yang memiliki jaringan yang cepat karena akan kita pakai buat menginstall aplikasi emulator serta aplikasi android yang ingin kita jalankan.
Disini saya menganggap anda sudah memiliki aplikasi emulator yang sudah terinstall dan dihidupkan yaitu dilogin menggunakan akun google sobat. Baca di artikel Koplayer tadi bagaimana langkah langkahnya. Dari emulator tersebut, buka playstore. Disana anda akan melihat semua aplikasi serta game android dengan suasana seperti memengang smartphone android. Jika anda sudah berselancar disana, anda akan mengira bahwa sistem operasi yang terpasang di laptop sobat adalah android, bukan lagi windows. Masih dengan koneksi internet, silahkan cari aplikasi yang ingin di download dan di install. Caranya pun tidak ada bedanya dengan kita memasang aplikasi dari playstore langsung di ponsel android sobat. Tinggal kita unduh dan install, maka aplikasi tersebut dapat kita jalankan sebagaimana di smartphone android.

Cara install aplikasi android di laptop ini dapat anda lakukan di berbagai laptop windows sobat baik itu di windows 7, 8/8.1 dan windows 10. Trik ini sudah berhasil saya jalankan di windows 8.1 64-bit milik saya dan juga berhasil digunakan oleh teman saya yang menggunakan sistem operasi windows 7 sehingga tidak ada alasan bahwa tirk memainkan game android di laptop ini tidak berfungsi. Untuk itu, sampai disini dulu artikel saya mengenai Langkah Langkah menjalankan aplikasi android di laptop windows, semoga dapat bermanfaat bagi anda. sekian.
Previous
« Prev Post

Related Posts

Juli 02, 2018

0 komentar:

Posting Komentar