Cara cepat mematikan/Shutdown Laptop melalui Keyboard di Windows 8/8.1, 10 dan 7

Posted by Mr Dunggio on

Trik shutdown laptop menggunakan keyboard di laptop - Pada umumnya, ketika kita menekan tombol on/off atau tombol power laptop, maka yang terjadi adalah laptop tersebut akan mati. Namun mati disini bukanlah shutdown melainkan mode tidur atau yang biasa disebut dengan sleep mode. Artinya laptop tersebut masih hidup walaupun layarnya mati. Hal ini ditandai dengan lampu on/off yang masih berkedip kedip setiap beberapa detik sekali. Jika anda menakan salah satu tombol apapun pada keyboard, maka laptop tersebut akan segera menyala. Jika laptop sobat menggunakan password, maka anda akan dimintai password untuk dapat masuk ke layar dekstop.

Hal ini kadang menguntungkan, kadang tidak. Jika kita menutup terburu buru laptop kita kemudian ingin menshutdown laptop secara cepat, maka itu membutuhkan waktu beberapa detik lagi. Klik sana, klik sini sehingga memboros waktu. Apalagi pada windows 8 dan windows 8.1 dimana harus masuk ke bagian Start lalu klik simbol Power options dan pilih shutdown. Atau dengan meletakan kursor ke sebelah/samping kanan layar sehingga muncul beberapa menu. Pilih Settings, lalu Power dan klik pada shutdown sehingga laptop anda akan memproses perintah shutdown tersebut. Hal ini cukup memakan waktu walau hanya beberapa detik.

Nah, disini saya punya trik mematikan laptop dengan sangat mudah hanya menggunakan keyboard pada laptop. Adapun tombol keyboard yang dimaksud adalah tombol Powernya tersebut. Ketika kita menekan tombol Power, maka yang terjadi adalah laptop anda akan segera mengshutdown atau mati secara otomatis dan bukan lagi hanya masuk ke mode sleep. Cara ini adalah dapat dikatakan memanfaatkan kembali tombol Power ke fungsinya semula yaitu untuk mematikan dan menghidupkan perangkat. Berikut ini saya berikan kepada anda Cara agar laptop shutdown/mati ketika menekan tombol Power. Ini dia caranya.

Hal yang petama anda lakukan adalah merefresh dulu laptop anda agar tidak loading dengan memanfaatkan tombol F5. Jika dirasa sudah cukup, silahkan klik icon atau simbol Baterai yang berada pada sudut kanan bawah layar laptop anda sehingga akan muncul tampilan kotak baru. Nah, pada menu tersebut pilih More Power Options. Atau cara yang lebih ribet lagi adalah masuk ke Control Panel>> pilih Hardware and Sound>> pilih Power Options>> dan masuk pada System Settings. Sekarang anda telah berada pada bagian system settings. Perhatikan baik baik tulisan apa apa saja yang ada disana. Jika anda paham bahasa inggris, walaupun hanya sedikit sedikit, maka anda sudah paham bagaimana cara mengaturnya. Namun jika belum, mari saya ajarkan.

Pada bagian tulisan 'Power and sleep buttons and lid settings' terdapat tiga simbol yang masing masing untuk pengaturan tombol Power, Sleep dan LID. Karena disini kita akan mengatur tombol power, maka lihat tulisan 'When I press the power button' yang maknanya apa yang akan terjadi jika kita menakan tombol power. Pada jalur On battery dan Plugged in masih dalam pilihan Sleep. Yang artinya ketika kita menekan tombol power disaan laptop sedang di cas atau pun tidak, maka yang terjadi adalah laptop tersebut akan masuk ke mode Sleep. Untuk mengatur ke Shutdown, silahkan klik saja pada jalur kotak On battery dan pilih Shut down. Begitupun pada jalur kotak Plugged in. Jika sudah, lihat tombol Save changes dan klik tombol tersebut dengan kursor sehingga pengaturan tersebut akan tersimpan.

Untuk dapat membuktikan bahwa tombol power bisa untuk shutdown laptop, dapat anda praktekan secara langsung. Tekan sekali saja tombol power tersebut sehingga dalam hitungan satu atau dua detik laptop akan masuk ke proses shut down. Selamat! Untuk itu, sampai disini dulu pembahasan saya mengenai cara untuk shutdown laptop di tombol shutdown keyboard, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu bagi anda. Jika masih kebingungan, silahkan bertanya dengan rincin di kolom komentar blog ini. Sekian...
Previous
« Prev Post

Related Posts

Saturday, June 09, 2018

0 komentar:

Post a Comment