Cara Buat Bootable Flashdisk Installer Ubuntu di Laptop Windows

Posted by Rifal on

Cara Buat Bootable Flashdisk Installer Ubuntu di Laptop Windows - Ubuntu merupakan sistem operasi yang berasal dari linux yang opensource. Opensource disini adalah sistem operasinya dibagikan secara gratis kepada orang orang yang ingin menggunakan sistem operasinya. Berbeda dengan windows yang menggunakan lisensi berbayar. Jika anda ingin mengistall ubuntu linux di komputer atau laptop anda, caranya pun sangat mudah. Anda hanya perlu mendownload sistem operasinya langsung di website resmi ubuntu yaitu ubuntu.com dan memilih versi yang anda inginkan. Untuk penginstallannya pun sangat mudah, tidak lebih sulit dari menginstall windows. Nantinya file format yang akan anda download tersebut adalah berbentuk ISO yang artinya masih anda harus burn terlebih dahulu ke DVD atau dibuat installernya pada USB Flash disk yang anda punya.

Ketika membuat installernya di usb flashdisk, anda harus mempersiapkan beberapa software kecil. Pada kesempatan ini kita akan membuat bootable installer di flashdisk dengan menggunakan tool yang bernama Rufus. Menginstall ubuntu sangatlah mudah, tinggal anda ikuti saja wizardnya yang sangat mudah dimengerti. Akan ada pilihan jika anda mau mencoba terlebih dahulu tanpa menginstallnya atau langsung menginstall ke harddisk. Juga pada ubuntu yang nantinya akan anda install sudah ada aplikasi standar seperti office, browser, utility, file manager dan sebagainya. Untuk aplikasi lainnya, dapat anda install pada menu Ubuntu Software. Dibawah ini tahap tahap membuat installer ubuntu pada USB Flashdisk.

Hal yang pertama anda persiapkan adalah USBnya tentu saja dengan ukuran minimal 2GB, cukup kecil karena nantinya kita akan mendowload ubuntunya dengan ukuran diatas 1GB. Tempat download ubuntu langsung ke situs resminya yaitu ubuntu.com. Jika sudah, persiapkan lagi software Rufusnya yang dapat langsung di download dari situs https://rufus.akeo.ie. Ukuran softwarenya dibawah 1MB dan saran saya download Rufus yang portable karena sudah tidak perlu install lagi. Pada saat menulis artikel ini, versi terbaru dari rufus yaitu Rufus 2.18 yang berukuran 945KB yang diperbaharui pada tanggal 07 November 2017. Gunakan yang berbahasa Indonesia.

Silahkan anda Aktifkan koneksi internet, colokan flashdisk dilaptop atau komputer sobat lalu jalankan rufusnya. Pada aturan dari rufus, kita pilih perangkat lalu 'Skema partisi dan tipe target sistem' : MBR skema partisi untuk BIOS atau UEFI; 'Sistem File' : FAT32 Standar; 'Ukuran Cluster' : 8192 bit (Standar); Masukan 'label baru volume'; ceklist pada 'Format Cepat', 'Buat bootable disk dengan menggunakan' : ISO Image dan cari lokasi file ISO Ubuntu yang sebelumnya sudah di download. Beri centang juga pada 'Membuat icon dan memperpanjang label'. Jika dirasa sudah lengkap, silahkan klik tombol Star untuk memulai proses. Silahkan tunggu sampai selesai. Ingat, untuk menggunakan flashdisk intaller, boot order yang ada di BIOS Laptop atau komputernya harus di set, USB Flashdisk prioritynya (Prioritas USB Flashdisk) paling atas atau pertama.

Untuk membuat Intaller di Ubuntu dengan menggunakan Flashdisk ini dapat anda coba diberbagai jenis laptop dan komputer anda. Sekian Cara mudah membuat Bootable Flashdisk Installer Ubuntu di Laptop Windows, semoga dapat bermanfaat bagi anda.
Previous
« Prev Post

Related Posts

Mei 22, 2018

1 komentar:

Edi Sucipto mengatakan...

Hirens 2018 New Generation Support HDD GPT!
cobain open source project rancangan ane mas bro >

IT Tools Pack Solution 2018 Rescue

(Tersedia Acronis 2018 + Norton Ghost + Minitool Partition Wizard Technician 9.1 + DLL)

#SalamSatuTeknologi

Posting Komentar