Cara Menonaktifkan/Mematikan Antivirus SMADAV Free/Gratis

Posted by Mr Dunggio on

Cara Menonaktifkan/Mematikan Antivirus SMADAV Free/Gratis - Disable atau mematikan sebuah antivirus sebenarnya bertujuan untuk mengijinkan program tertentu berjalan, atau karena ada alasan lain. Tapi orang orang lebih sering melakukannya karena untuk mendownload sebuah aplikasi atau software yang mengharuskan untuk mematikan antivirus di komputer atau laptop kita. Hal ini dikarenakan aplikasi yang akan di download dan di install itu dianggap sebuah virus, malware atau trojan oleh antivirus smadav tersebut, sehinggal jalan satu satunya agar dapat menggunakan aplikasi tersebut yaitu dengan mematikan antivirus.

Secara umum, untuk mematikan sebuah antivirus, cara yang paling umum yaitu adalah dengan membuka langsung aplikasinya. Jika sudah terbuka, silahkan pergi ke menu pengaturan antivirus tersebut lalu mematikan antivirus melalui menu pengaturan itu. Untuk SMADAV, caranya pun sangat gampang! Kita hanya perlu membuka aplikasi antivirus smadav itu, kemudian beralih pada menu Protect (Perlindungan). Lihat status proteksi smadav tersebut yang aktif dengan ciri tulisan 'Protection is Active + USB Anti-Exe'. Dan untuk mematikan aplikasi tersebut yaitu cukup dengan mengklik button 'Disable' dibawahnya sehingga otomatis smadav itu akan mati dan tidak akan berkerja proteksinya.

Namun permasalahannya, cara diatas adalah cara yang khusus SMADAV PRO atau smadav premium (berbayar), dan cara tersebut tidak berfungsi untuk smadav free (gratis). Jika smadav gratis, ketika kita membuka menu Protection, akan muncul pemberitahuan bahwa Anda menggunakan smadav versi gratis dimana sebagian fitur, termasuk disable Proteksi SMADAV tidak bisa di akses. Dan saat di klik OK, anda akan dialihkan ke menu Pro dimana merupakan perbandingan akses dari kedua versi smadav itu (Pro vs Free). Pemberitahuan itu seperti pada gambar dibawah ini :

Nah, cara untuk dapat mendisable proteksi antifirus smadav itu adalah dengan mengupgrade antivirus smadav free menjadi pro. Saya telah membuat postingan mengenai hal tersebut pada artikel Menjadikan SMADAV Free menjadi SMADAV Pro, silahkan dipelajari. Namun, ada satu cara lagi yang dapat kita lakukan untuk dapat disable smadav walau menggunakan smadav gratisan. Dan cara ini sangat mudah untuk dilakukan! Tak perlu membuka aplikasi smadavnya, atau tanpa berpindah smadav pro. Silahkan ikuti langkah langkah dibawah ini.

Silahkan anda bawa cursor ke samping kanan bawah monitor laptop, arahkan cursor ke 'Show Hidden Icons', klik. Cari icon antivirus smadav lalu klik kanan di iconnya itu dan pilih 'Exit' sehingga akan muncul pemberitahuan konfirmasi kalau anda ingin menonaktif proteksi smadav. Jika Iya, maka anda klik OK sehingga ketika anda membuka kembali 'Show hidden icons', icon smadav sudah tidak ada lagi. Itu artinya, smadav telah berhasil di nonaktifkan. Namun perlu anda ingat, bahwa nonaktif smadav ini hanya untuk sementara waktu, ketika anda menghidupkan kembali laptop/pc dari keadaan shutdown (mati), maka antivirus tersebut akan aktif kembali secara otomatis.

Trik mematikan antivirus smadav free ini dapat dilakukan pada komputer atau laptop windows anda baik itu windows NT, Vista, Windows 7, Windows 8/8.1 dan Windows 10. Dan pada percobaan ini, saya menggunakan Windows 8.1 Pro arsitektur 64-bit dan telah teruji sukses atau work! Untuk itu, cukup sampai disini dulu pembahasan saya mengenai trik nonaktif smadav free, semoga dapat bermanfaat bagi anda. Sekian....
Previous
« Prev Post

Related Posts

Tuesday, January 30, 2018

0 komentar:

Post a Comment