Cara Mengirim File dari Laptop/Komputer ke Handphone/Smartphone via Bluetooth

Posted by Rifal on

Cara Mengirim File dari Laptop/Komputer ke Handphone/Smartphone via Bluetooth - Bluetooth adalah sebuah koneksi tanpa kabel (Wireless) yang sering dan populer digunakan oleh banyak orang untuk dapat saling mengirim file. Fitur Bluetooth ini hampir semua merek handphone dan smartphone memilikinya. Sebelum adanya Bluetooth, orang orang saling mengirim file melalui koneksi Infra red (Infra Merah) dimana jangkauan antar perangkat yang harus sangat berdekatan. Sedangkan Bluetooth, jangkauannya bisa sekitaran 10 Meter.

Jika kita perdalami lagi fungsi dari bluetooth, anda akan mendapati hal hal yang menarik dan membuat anda terkejut. Sangat keren! bukan hanya untuk saling mengirim file saja, namun anda bisa saling 'dial up' atau mencuri file dengan cara masuk kedalam perangkat milik orang jika menggunakan bluetooth. Dimuali dari Nokia, Android dan Laptop/Komputer pun bisa melakukan kemampuan tersebut. Hanya bagaimana anda dapat melakukan langkah langkahnya dengan benar. Namun, untuk saat ini saya hanya akan memberikan arahan dasar tentang bagaimana cara kita untuk dapat mengirim file baik itu lagu, musik, video/film atau pun dokument melalui bluetooth. Caranya pun sangat mudah! Anda dapat mengikuti langkah langkahnya dibawah ini.

Hal yang pertama kali anda lakukan adalah dengan memastikan bahwa kedua perangkat anda, baik itu laptop/pc/komputer atau handphone/smartphone memiliki fitur bluetooth. Untuk hp, saya rasa semuanya memilikinya. Sedangkan untuk laptop dan sejenisnya, silahkan periksa dulu apakah ada. Pada laptop percobaan saya, yaitu ASUS X441S windows 8.1 pro dengan arsitektur 64-bit, support terhadap bluetooth. Bahkan menggunakan jenis bluetooth terbaru. Jika belum tersedia, silahkan install bluetooth di laptop anda. Jika sudah tersedia, silahkan aktifkan bluetooth di kedua perangkat anda tersebut.
Anda harus mengkoneksikan bluetoothnya dari laptop atau komputer! Setelah bluetooth hidup, silahkan cari nama bluetooth dari handphone atau smartphone yang ingin dikoneksikan dengan laptop. Jika sudah ditemukan, silahkan di 'Pair' atau dikoneksikan. Anda akan dimintai konfirmasi untuk menerima apakah kedua perangkat tersebut ingin dikoneksikan. Di Laptop klik Yes, sedangkan di handphone klik Terima. Status 'Ready to Pair' pada bluetooth yang ingin dikoneksi akan terganti dengan status 'Connected'. Selesai, kedua perangkat tersebut telah saling terhubung.

Sekarang beralih kedalam folder didalam komputer atau laptop. Silahkan cari file yang ingin dikirim. Silahkan klik kanan pada file yang ingin dikirim, lalu pilih Send to >> Bluetooth device, pilih nama bluetooth yang ingin dikirimkan lalu klik Next sehingga file akan dikirim ke handphone tujuan. Jika sukses, akan ada pemberitahuan 'File successfully transferred' di laptop, sedangkan di handphone pun akan ada pemberitahuan bahwa file telah diterima. Selesai!

Trik ini dapat berfungsi pada komputer, laptop, pc, netbook yang memiliki sistem windows XP, Vista, Windows 7, Windows 8/8.1 dan Windows 10. Dan pada percobaan tutorial ini, terbukti sukses! jadi tak ada yang salah dengan tutorial ini karena 100% work dan berhasil! Sekian pembahasan mengenai cara transfer file melalui bluetooth di komputer, semoga dapat bermanfaat bagi anda. Sekian...
Previous
« Prev Post

Related Posts

Januari 30, 2018

0 komentar:

Posting Komentar