Cara Membuka, Mengirim, Membaca dan Menghapus Email di Komputer atau Laptop

Posted by Rifal on

Cara Membuka, Mengirim, Membaca dan Menghapus Email di Komputer atau Laptop - Email atau Elektronik Mail adalah salah satu layanan yang menggunakan koneksi internet agar dapat menggunakannya. Email atau Surat Elektronik ini tidak berbeda jauh dengan pesan yang biasa kita kirimkan melalui SMS atau MMS, Bahkan lebih komplit lagi dimana kita bukan hanya dapat mengirim teks saja, namun kita dapat mengirimkan beragam jenis file seperti foto, video, musik, document dan file apapun melalui email pada fitur lampiran. Format teksnya pun dapat anda atur sesuka hati.

Email dapat kita gunakan tanpa menggunakan pulsa, hanya membutuhkan koneksi internet dan sebuah browser misalkan saja Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, Internet Explorer, Opera dan lain sebagainya. Dan tentu saja, anda harus sudah mempunyai akun email bisa berupa google mail (gmail), misalkan mrdunggio@gmail.com atau yahoo mail misalkan mrad@yahoo.co.id. Yang penting anda punya koneksi internet yang lancar dan juga sebuah browser. Cara mengelola email dari komputer dapat anda pelajari dibawah ini. Setelah dipastikan komputer atau laptop anda terkoneksi dengan internet, maka silahkan buka salah satu browser yang ada. Saran saya gunakan browser Google Chrome karena lebih user friendly.

1. Langkah langkah Membuka email gmail di Komputer
Silahkan ketikkan alama gmail.com pada google chrome di address bar, enter. Pertama kalinya anda akan dimintai untuk login dengan memasukan username email dan password. Username email misalkan email anda adalah Mrdunggio@gmail.com, maka usernamenya yaitu Mrdunggio tersebut. Serta gunakan password yang sesuai dengan email yang anda buat tersebut. Jika belum ada email, silahkan buat saja. Jika berhasil masuk, maka anda akan langsung dialihkan ke halaman Utama email, yaitu halaman inbox atau pesan masuk. Anda akan melihat judul/subyek beberapa email masuk dari orang orang. Untuk membuka dan membaca email tersebut, silahkan buka dengan mengklik subyek atau judul dari email tersebut.

Jika ingin menghapus emailnya, klik saja Delete pada tombol yang ada di atas pesan email tersebut. Dan jika anda ingin mengirim email ke orang lain, maka pastikan anda mempunyai alamat email orang yang akan dituju. Kembali buka gmail.com kemudian klik tulisan Compose Mail yang biasanya berada pada sebelah kiri layar browser. Anda akan bertemu dengan beberapa kotak isian, misalkan To diisi dengan alamat email penerima pesan kita. CC dan Bcc tidak usah diisi, sedangkan Subyek diisi dengan Judul pesan kita. kemudian kotak yang lebih besar yaitu Body merupakan isi dari pesan yang kita akan kirim. Jika telah selesai, maka klik Send dan otomatis pesan akan terkirim dalam beberapa detik kepada penerima.

2. Cara Membuka Email Yahoo di Komputer atau Laptop
Pada Address bar, silahkan ketik alamat mail.yahoo.com, enter. Pada halaman awal, silahkan login dengan menggunakan username email dan password yang benar sesuai dengan akun yang anda buat di web yahoo.com. Jika belum ada, silahkan buat dulu akun yahoo.com milik anda. Untuk membuka, mengirim, membaca dan membuat pesan email pada yahoo mail tidak berbeda dengan yang ada pada Gmail. Langkah langkahnya pun sama, baik itu mengisi alamat, judul dan isi email hingga mengirimkannya kepada si penerima.

Anda mungkin bertanya, apakah bisa mengirim email dari gmail ke yahoo? Jawabannya Sangat Bisa! misalkan email gmail yaitu mrdunggio@gmail.com ingin mengirim ke mrad@yahoo.com, si saja alamat email penerima yaitu mrad@yahoo.com dan otomatis email akan terkirim dan diterima. Begitupun sebaliknya, bahkan bisa mengirim email ke semua layanan email, asalkan emailnya aktif dan alamatnya tidak salah.

Trik ini dapat berfungsi pada komputer maupun laptop windows, baik itu windows XP, Vista, NT, Windows 7, 8/8.1 atau pun windows 10, bahkan linux maupun debian! Jadi cukup sampai disini artikel mengenai langkah langkah mengirim email melalui komputer, semoga dapat bermanfaat bagi anda. Sekian...
Previous
« Prev Post

Related Posts

Januari 30, 2018

0 komentar:

Posting Komentar