Cara Screenshoot Layar Laptop/Pc dan Komputer di Windows menggunakan Paint

Posted by Rifal on

Cara Screen Shot Layar PC - Biasanya screenshoot digunakan untuk menunjukan bukti atau langkah langkah yang harus kita tempuh. Kalau saya seorang blogger yang membahas komputer dan laptop pun menggunakan screeshoot untuk pendukung dari cara dan langkah langkah untuk sebuah artikel yang saya bagikan ini kepada anda. Daun untuk merekam tampilan layar atau ss layar sangatlah mudah. bahkan anda sudah tidak perlu lagi mendownload dan menginstall aplikasi lainnya.

Untuk dapat meng-ss tampilan laptop atau komputer anda, caranya sangat gampang! Aplikasi yang anda harus persiapkan adalah Paint. Aplikasi ini digunakan untuk pengeditan ringan sebuah foto dan memiliki tampilan yang simpel dan menu yang sedikit. Paint ini adalah aplikasi yang memang biasanya sudah ada pertama kali terinstall saat laptop atau komputer anda dibeli dari tokonya. Seperti pada kasus saya yang telah memiliki aplikasinya sejak laptop ASUS X441S pertama ini dibeli.

Lalu bagaimana cara anda untuk merekam dan mengambil gambar sebuah tampilan di laptop? Sepeti yang saya bilang tadi, sangat mudah. Langkah yang pertama anda lakukan adalah Menutup atau meng-hide atau meminimize aplikasi yang tidak digunakan lalu menampilkan atau memaximize tampilan yang anda ingin ambil ssnya. Kita ambil disini contohnya adalah aplikasi notepad yang saya ingin ss.

Lihat biasanya ada tombol prt sc sysrq dibaris tombol f1-f9, lihat saja di jajaran tombol keyboard atas situ. Kalau di laptop milik saya, tombolnya terletak di antara tombol Pause Break dan Delete. Ada?? Nah silahkan anda menekan tombol tersebut satu kali aja. Tidak usah banyak banyak. Dengan otomatis, notepad tersebut telah di ss.

Langkah selanjutnya adalah anda mencari aplikasi Paint yang telah ada di laptop anda itu. Lihat di all programs, Apps (jika di windows 8/8.1) atau memakai fitur pencarian saja dengan mengetikan nama aplikasinya. Jika sudah ditemukan, silahkan klik dan buka aplikasi itu sehingga anda menemukan halaman kertas yang masih kosong. Maka yang anda harus lakukan selanjutnya adalah dengan menempelkan gambar yang telah anda ss tadi di halaman kosong paint itu.

Cara untuk menempelkannya adalah seperti biasa, yaitu dengan menekan tombol CTRL + V (paste). Maka otomatis, tampilan yang anda screshot itu telah muncul dan ditempelkan disana. Yang perlu anda ketahui adalah saat mempaste gambar ss itu, semua tampilan layar laptop atau full dekstop itu akan terekam. Nah, silahkan anda gunakan fitur crop dibagian menu Home. silahkan anda atur saja ukuran cropnya. Jika sudah pas, silahkan anda klik kanan mouse lalu pilih crop sehingga gambar yang di crop itu muncul.



Untuk menyimpan gambarnya, silahkan anda tekan saja tombol CTRL dan S (save) lalu pilih letak folder untuk menyimpan gambarnya. Save.... maka gambar tersebut sudah ada tersimpan dan anda berhasil menangkap tampilan screenshot layar laptop sobat... Dan perlu saya katakan kepada anda, baik pada windows 7, Windows 8/8.1 dan Windows 10 bahkan XP, support terhadap cara ini.

Bagaimana? sesuai dengan apa yang saya katakan kepada anda bukan? cara untuk mengambil gambar tampilan laptop sangat mudah dan simpel bukan? Jika demikian, sampai disini dulu pembahasan saya mengenai tips dan trik untuk mengambil gambar ss layar laptop, semoga bermanfaat bagi anda. sekian...
Previous
« Prev Post

Related Posts

Oktober 16, 2017

0 komentar:

Posting Komentar