Apa itu CMD, Fungsi CMD dan Cara Membuka CMD atau Command Prompt di PC/Laptop dan Komputer Windows

Posted by Rifal on

Membuka CMD di Laptop - Seperti yang kita ketahui, bahwasanya cmd atau command prompt adalah sebuah software bawaan sejak komputer dan laptop anda dibeli pertama kali dari pabriknya. Command Prompt ini sangat powerfull dan memiliki banyak sekali kegunaan di beberapa bidang sekaligus baik itu jaringan, file/folder, hingga pada sistem. Namun sebelum kita melangkah terlebih dahulu kepada cara membuka cmd, kita harus mengenal apa itu cmd.

CMD atau Command Prompt adalah sebuah perintah DOS yang ada di windows dan dapat kita gunakan baik secara online (terkoneksi dengan internet) maupun offline (tidak terkoneksi dengan internet). CMD sekarang tersedia pada semua sistem yang berbasis Windows NT seperti Windows 2000, Windows 2003/2008/2012, Windows XP, Windows Vista, dan Windows 7/8/8.1/10. sedangkan pada windows 95 dan 98 baris perintahnya disebut dengan command.com.

CMD ini seperti yang saya katakan kepada anda diatas tadi memilik beragam fungsi yang powerfull. Seperti pada jaringan yaitu jaringan LAN di WiFi, kita dapat mempercepat kecepatan koneksi internet kita sekaligus memperlambat koneksi orang. Kita juga dapat menyerang sebuah website untuk di down servernya dengan CMD, atau bisa kita gunakan untuk melihat alamat IP kita dan hebatnya kita dapat mengakses ftp sebuah website melalui cmd ini.

Sedangkan cmd jika tidak terkoneksi dengan internet, dapat kita lakukan untuk melakukan banyak juga tugas, misalkan saja mengatur time/waktu si komputer untuk shutdown atau restart, melihat directori, rename file/folder, penggabungan file, hapus file yang tidak bisa di hapus, bahkan tugas berat seperti pengaturan pada aplikasi dan system. Namun saat ini, saya hanya memberikan anda cara mengakses cmdnya saja, kita belum melompat ke trik dan teknik yang saya sebutkan diatas. Dan beberapa sudah saya posting caranya dengan melihat pada postingan Trik CMD.

Lalu bagaimana untuk membuka cmd? Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan, misalkan saja di windows 7 yang biasanya di dekstop sudah terlihat command promptnya yang dapat kita buka. atau dapat kita cari di All Programs dan menggunakan fitur kotak search di windows 8/8.1 dan windows 10. dan cara yang paling umum adalah kita tinggal menekan tombol Windows (gambar jendela samping kiri spasi) dan R secara bersamaan sehingga muncul kota run disebelah kiri bawah layar monitor. silahkan ketik cmd lalu enter, maka command promptnya otomatis terbuka.





Dibeberapa windows, misalkan saja pada windows 8.1 pegangan saya, ada aplikasi/software yang memiliki fungsi dan tugas yang sama dengan cmd. Adapun software yang mirip cmd itu namanya adalah Windows PowerShell yang dapat kita akses langsung melalui All Programs atau Apps di monitor pc kita. Kalau dibuka, PowerShell ini pun mirip dengan CMD. bedanya hanyalah warna default bacgroundnya yang berwarna agak biru cerah. Dan menurut info yang saya baca, PowerShell ini lebih powerfull lagi dari cmd ini.

Jadi cukup sampai disini dulu pembahasan saya mengenai CMD dan cara membukanya ini, semoga artikel ini dapat membantu anda. Dan untuk trik trik mengenai cmd, anda dapat langsung mengunjungi artikel di Trik CMD. sekian....
Previous
« Prev Post

Related Posts

Oktober 11, 2017

0 komentar:

Posting Komentar