Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop yang Sering Mati Tiba Tiba

Posted by Rifal on

Sebab dan Cara mengatasi laptop yang sering mati mendadak - Telah kita ketahui bahwasanya tidak ada ciptaan apapun itu yang sempurna, atau minimal mempertahankan keunggulannya secara permanent. Apalagi terhadap benda mati seperti pada barang elektronik. bisa saja salah satu keunggulannya rusak atau tiba tiba error. Misalkan saja pada barang Laptop yang terdiri dari berbagai tipe baik itu ASUS, ACER, APPLE, XIAOMI dan lain sebagainya.

Pernah ada satu kejadian yang menimpa teman terhadap laptopnya. permasalahan yang terjadi adalah ketika laptopnya dinyalakan. Saat di hidupkan dan sampai pada proses booting, layar monitor dan juga laptop tiba tiba mati saat belum masuk pada tampilan deskstop. Juga kejadian lainnya adalah teman saya yang sedang memainkan game di laptopnya tiba tiba laptopnya mati secara mendadak tanpa diapa apakan. Kan mereka bingung jadinya. lho kok, ini bisa mati ya?

Perlu anda ketahui, sebagian kecil dari masalah itu terjadi kerusakan pada aplikasinya, namun lebih banyak terjadi kesalahan dan kerusakan pada komponen yang ada dalam laptopnya sehingga biar bagaimana anda mengatur hal hal yang ada didalamnya, maka tetap laptopnya akan mati secara mendadak. Nah cara yang saya bagikan ini adalah tips untuk memperbaiki komponen komponen dalamnya yang mudah mudah aja. Untuk itu, silahkan simak penjelasan singkat saya dibawah ini :

Beberapa Penyebab Matinya Laptop secara Mendadak dan Cara Mengatasinya

1. Suhu Laptop yang Terlalu Panas

Benar! jika anda memainkan sebuah game atau apapun itu secara terus menerus dalam satu waktu, hal itu akan memaksakan daya bekerja lebih keras. Apalagi jika laptopnya dalam keadaan di cas (Charger), tentu akan cepat panas. Hal itu tidak baik untuk Laptop kita. maka untuk mengatasinya adalah Diamkan dan diingikan laptopnya dari segala aktivitas. Jika di cas, maka biarkanlah hingga penuh. Pokoknya hentikan dari segala aktivitas hingga laptopnya kembali bersuhu normal dan dingin.

Tips agar laptop tidak cepat panas ketika dinyalakan adalah jangan meletakan laptop diatas yang berbentuk dari gumpalan kain, apalagi bantal. hal ini menyebabkan sirkulasi udara pada laptop terhambat dan si laptop pun akan cepat panas. letakan aja laptop diatas benda yang keras misalkan saja meja. atau jika mampu, silahkan beli pendingin laptop agar si laptop selalu awet dingin dan tidak panas.

2. RAM yang Kotor dan Berdebu



Penyebab Laptop Mati mendadak lainnya adalah RAM yang kotor. yeah, RAM yang kotor juga dapat menyebabkan laptop mati mendadak loh... Juga biasanya hal ini membuat laptop tidak mampu dipakai secara maksimal dan membuat laptop juga cepat panas. Oleh karena itu anda sebaiknya membersihkan RAM laptop secara rutin agar tidak kotor dari debu. Atau juga anda dapat meningkatkan kapasitas RAM dari yang tadinya hanya 2 GB, bisa kita tingkatkan menjadi 4 GB. Ini bertujuan agar laptop yang berkekuatan 2 GB dipaksa melakukan pekerjaan yang berat sehingga cepat loading, panas dan rusak.

3. Pasta yang berada pada Prosesor Kering

Lho? masakan didalam Laptop punya pasta? iya! benar. Di laptop punya pasta, mirip dengan pasta gigi yang biasa anda gunakan namun terdiri dari bahan yang berbeda dari pasta gigi ya... Pasta pada prosesor disebut dengan Thermal Paste yang berfungsi agar prosesor laptop selalu dingin dan terhindar dari overheat. Jika sudah kering, silahkan anda tambahkan Pastanya. untuk mendapatkan pastanya, silahkan beli pada toko elektronik/digital (kalau ada). harganya hanya berkisar 20 ribu hingga 100 ribu rupiah. Murah kok. bahkan ada yang mengakalinya menggunakan pasta gigi asli.

4. Mainboard yang bermasalah

Mainboard yang bermasalah terjadi ketika anda menjalankan sebuah game atau alikasi yang sangat berat yang tidak cocok untuk spesifikasi RAM laptop anda. Itu sama saja dengan pemaksaan terhadap mainboard. maka dari itu pada tips kedua sebelumnya saya menyarankan anda untuk menambah kapasitas RAM. Jika mainboard anda bermasalah, silahkan anda beli dan ganti dengan mainboard yang masih baru dan anda dapat menghapus atau uninstall game dan aplikasi yang berat itu dari laptop anda.

Jika anda sudah melakukan tips saya diatas, maka besar kemungkinan laptop anda akan kembali pulih dengan semestinya. tips ini bisa dilakukan terhadap semua jenis windows baik itu Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10, Windows XP dan jenis laptop selain windows, salah satunya laptop Mac. dan untuk itu, saya akhiri sampai disini tips singkat saya mengenai Tips memperbaiki Laptop yang sering Mati secara Mendadak, semoga bermanfaat bagi anda. sekian..
Previous
« Prev Post

Related Posts

September 20, 2017

0 komentar:

Posting Komentar