Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop dan Komputer Windows

Posted by Rifal on

Tips Mengatur Kecerahan tampilan layar PC - Kita ketahui bahwasanya setiap hal yang ada dalam laptop maupun komputer anda mempunyai cara pengaturannya tersendiri. Misalkan pengaturan suara atau volume yang bisa kita kontrol langsug di kontrol panel atau langsung pada pengaturan volumenya saja. Nah, begitupun dengan layar dan kecerahannya. Kita bisa menggelapkan atau meredupkan pencahayaan atau Menerangkan lebih pencahayaan layarnya.

Lebih banyak orang melakukan pengaturan pencahayaan ke gelap. mengapa hal ini terjadi? karena alasan pertama mereka adalah ingin menghemat daya baterai pc mereka. Layar yang mempunyai tingkat pencahayaan yang terang sangat mudah dan cepat untuk lowbat karena dapat menguras Daya baterai laptop kita. Jadi jangan tanya mengapa, jika laptop anda cahaya layarnya sangat terang, maka laptopnya pun akan cepat lowbat dibandingkan dengan laptop orang lain yang mempunyai pencahayaan redup.

Alasan kedua yaitu untuk mengurangi intensitas cahaya yang masuk ke mata kita. Hal in biasa terjadi di malam hari ketika anda ingin membuka laptop di tempat yang gelap tanpa atau minim cahaya. Jika cahaya laptop kita sangat terang ketika suasana yang gelap, maka mata kita akan terasa perih dan akan berair. Maka dari itu orang mengatakan kalau cahaya laptop yang masuk ke mata sangat besar maka akan menyebabkan sakit mata. Dan hal ini pun sudah terbukti kepada saya dan mungkin pun kepada anda.

Lalu bagaimana cara untuk mengatur pencahayaan laptop agar bisa redup atau terang? sangat mudah! sudah ada langkah langkah pengaturan yang saya buatkan untuk anda dengan pembahasan yang cukup simpel. Cara ini saya bagi menjadi dua macam yang pertama untuk Windows 7 dan yang kedua adalah Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10. Mengapa berbeda? karena setiap generasi Windows mempunyai tata letak pengaturan sebuah fitur yang berbeda. Silahkan simak langkah langkah yang saya bagikan kepada anda.



1. Cara Mengatur Kecerahan Layar pada Windows 7 dan Windows XP

Langkah yang pertama anda lakukan adalah dengan halaman pencarian di komputer atau pc anda. Disana silahkan ketikan adjust screen brightness dikolom pencariannya lalu tekan enter. Nah akan muncul tampilan kontrol panel sehingga memudahkan anda untuk melakukan pengaturan dan penyesuaian kecerahan layar. Anda hanya tinggal geser ke kanan untuk redup dan geser ke kiri untuk cerah layar monitor. Tanpa perlu anda save, pengaturan kecerahannya akan tersimpan secara otomatis.

2. Cara Mengatur Kecerahan Layar pada Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10

Nah, pada jenis Windows ini mempunyai cara yang sangat mudah dibandingkan dengan windows Pendahulunya. hal yang pertama kali anda lakukan adalah dengan menekan tombol Windows + C  secara bersamaan di keyboard laptop anda sehingga disamping kanan layar akan mencul menu. Pilih aja menu yang paling bawah yaitu Settings dan disana akan terlihat pengaturan mengenai Brightness ditampilan bawah. Nah muncul pengaturan kecerahannya, anda tinggal geser ke atas untuk menambah kecerahan (terang) atau geser ke bawah untuk mengurangi kecerahan (redup). dan seperti biasa, tanpa disimpan kecerahannya sudah akan otomatis berjalan.

Ada juga langkah alternatif yaitu dilayar awal dekstop, silahkan klik kanan lalu pilih Personalize. Lihat pada halaman bawah sudut sebelah kanan, klik Screen Saver sehingga akan muncul kotak Screen Saver Settings. Klik lagi Change Power Settings sehingga muncul lagi tampilan baru Power Option. lihat pada halaman bawah bagian tengah, ada tulisan Screen Brightness. Silahkan geser ke kanan untuk mencerahkan dan geser ke kiri untuk meredupkan pencahayaan laptop atau pc anda. Tanpa perlu disimpan, pengaturan telah berjalan. silahkan exit aja semua program atau jendela yang terbuka tadi.

Nah, bagaimana? Anda paham bukan dengan penjelasan saya ini? Jadi sampai disini pembahasan singkat saya mengenai Cara Menggelapkan dan Menerangkan Cahaya Layar Laptop, semoga bermanfaat bagi anda. Sekian dan berjumpa lagi pada pembahsan yang lainnya yang akan saya terbitkan.
Previous
« Prev Post

Related Posts

September 21, 2017

0 komentar:

Posting Komentar